-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

BELAJAR MASAK PAKAI GADGET

Lazada Kasih Kejutan Lagi !

Lazada Kasih Kejutan Lagi !
Promo Diskon Lazada Terbaru

Langkah - Langkah Cara Bikin Sendiri Minyak VCO - Virgin Coconut Oil

Cara Bikin Minyak VCO Virgin Coconut Oil

MEMPELAJARI CARA MEMBUAT SENDIRI MINYAK VCO / VIRGIN COCONUT OIL DAN APA BEDANYA DENGAN MINYAK KELAPA BIASA


Sebelum kita menjawab apa itu Minyak VCO ( Virgin Coconut Oil ) perlu kita pahami terlebih dahulu bagaimana perbedaan Coconut Oil ( Minyak Kelapa ) dengan Virgin Coconut Oil, Secara Alamiah Buah kelapa dapat menghasilkan Minyak Nabati yang cukup banyak melalui daging buah kelapa yang sudah cukup tua, dan kandungan minyak nabati yang ada di dalam daginng buah Kelapa dapat di proses atau di olah menjadi 2 Macam Minyak yaitu Coconut Cooking Oil ( Minyak Kelapa Buat Masak ) dengan Minyak VCO / Virgin Coconut Oil, kedua jenis minyak kelapa ini di bedakan dari cara prosesnya, Namun Baik Minyak Kelapa Untuk Memasak atau Coconut Coking Oil atau Minyak Kelapa Murni / Virgin Coconut Oil di Proses melalui Cara Pengekstraksian daging buah kelapa, bagaimana cara mengektraksi daging buah kelapa hingga menjadi minyak ? kita akan bahas lebih lanjut di bawah ini !

APA ITU MINYAK VCO

Minyak VCO adalah Minyak Kelapa Murni Yang di Ekstrak dari Daging Buah kelapa segar tanpa menggunakan Bahan kimia apa pun sehingga di sebut sebagai Virgin Coconut Oil, dimana proses Ekstasinya bisa menggunakan proses pemanasan yang terkendali ataupun tanpa pemanasan sama sekali, tetapi pada umumnya proses pembuatan VCO ( Virgin Coconut Oil ) adalah tanpa proses pemanasan sehingga kandungan Vitamin E dan Polyphenols Serta kandungan mineral lainnya di dalam minyak VCO tetap terjaga / tidak rusak karena proses pemanasan. Polyphenols atau biasa di sebut Polifenol merupakan senyawa alami yang terkandung di dalam tumbuhan dan memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia, dmana zat Polyphenols tersebut dapat berfungsi sebgai Antioksidan yang dapat menurunkan Resiko kita terserang berbagai macam penyakit. terlapas dari manfaatnya, yang katanya memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan, di dalam artikel ini kita tidak akan terlalu banyak membahas hal tersebut, tetapi kita akan lebih fokus ke bagaimana caranya mengekstraksi daging buah kelapa segar hingga menjadi Minyak kelapa murni / Virgin Coconut Oil ( VCO ).

Bagaimana Proses Pembuatan atau Proses Ekstraksi Daging Buah Kelapa Hingga Menjadi Minyak Kelapa Murni atau Virgin Coconut Oil ( VCO ) - silahkan simak salah satu Video Tutorial berikut ini :






CARA PRAKTIS MEMBUAT SENDIRI MINYAK KELAPA MURNI / VIRGIN COCONUT OIL

Bahan - Bahan yang di Butuhkan Untuk Membuat VCO ( Virgin Coconut Oil )


  • 2 Butir Kelapa Tua ( Ambil Dagingnya dan potong kecil - kecil agar mudah di blender )
  • 1 Liter Air Hangat

Alat - Alat Yang di butuhkan Untuk Proses pembuatan VCO ( Virgin Coconut Oil )

  • Blender
  • Saringan
  • Baskom bertutup / Wadah Plastik Bertutup
  • Kantong Plastik Bening ukuran 1 kg dan Tali pengikat
  • Corong
  • Kertas Tissue Non Farfume
  • Botol kaca

Alat Saringan / Penyaring Khusus Minyak Kelapa baik kwalitas,
Harga serta Belinya di mana, bisa kita dapatkan informasinya dengan cara    --------->



Proses dan cara Pembuatan Virgin Coconut Oil / VCO

  1. Langkah Pertama sudah pasti kita harus hancurkan daging kelapanya dengan cara potong - potong daging buah kelapa dan masukan ke dalam blender, kemudian tambahkan air hangat secukupnya dan giling hingga menjadi bubur.
    .
  2. Setelah Daging Kelapa Menjadi Bubur, Kemudian Kita Pisahkan sari / Santan Kelapa dengan ampasnya

  3. Masukan santan ke dalam kantong plastik, ikat dan gantung kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam, hingga terbentuk 2 lapisan, dimana bagian atas adalah lapisan santan kental dan bagian bawah adalah lapisan air.

  4. Gantung plastiknya dan lubangi salah satu sisi sudut bawah plastik hingga lapisan air mengalir keluar dan sisakan lapisan santan kentalnya ( pelan - pelan jangan sampai terguncang dan santannya jadi tercampur lagi dengan air )

  5. Tuangkan Santan kentalnya kedalam wadah / Baskom Plastik dan tutup rapat, kemudian lakukan proses Fregmentasi dengan cara diamkan selama kurang lebih 18 - 24 jam

  6. Setelah Proses Fregmentasi terbentuk, maka selanjutnya muncul gelembung - gelembung pada permukaan santan, dan minyak kelapa, air dan ampas santan ( brodolan ) akan mulai terpisah, dalam hal ini akan terbentuk 3 lapisan Paling atas adalah Minyak kelapa murni dan lapisan di bawahnya adalah ampas santan, sedangkan pada lapisan paling bawah adalah air.

  7. Minyak Kelapa Murni yang terbentuk pada lapisan paling atas adalah berwarna jernih dan agak kental, langkah selanjutnya adalah kita siapkan botol kaca dan corong yang sudah di lapisi dengan kertas tissue

  8. Ambil Minyak Kelapa Murni tersebut dan tuangkan perlahan ke dalam corong, biarkan minyaknya menetes dengan perlahan ke dalam botol, lalukan sampai minyaknya habis ( yang sabar ya, karena proses ini akan memakan banyak waktu anda ) Jika ingin lebih mudah, proses ekstraksi atau pemisahan minyak dan ampas serta air bisa ikuti cara di dalam video tutorial yaitu dengan cara pendinginan / pembekuan minyak lalu kemudian bekuan minyak di cairkan kembali dengan suhu ruangan.
Demikian Proses Ekstraksi Daging Kelapa Hingga Menjadi Minyak Kelapa Murni melalui proses fregmentasi dan cool press, VCO atau Virgin Coconut Oil Buatan sendiri yang lebih terjamin kebersihannya siap di gunakan, untuk memasak atau pun untuk merawat kesehatan anda, dan jika di simpan dengan baik dalam wadah yang tertutup rapat pada kondisi suhu ruangan, Minyak kelapa Murni buatan anda ini bisa bertahan hingga 6 bulan.

APA BEDANYA COCONUT OIL ( MINYAK KELAPA TRADISIONAL ) DENGAN MINYAK KELAPA MURNI ( VIRGIN COCONUT OIL )

Di atas kita sudah membahas bagaimana proses Minyak Kelapa Murni ( VCO ) di buat, berikutnya kita bisa membedakannya dengan proses pembuatan minyak kelapa secara tradisional dengan cara memasak santan kelapa hingga menjadi minyak, prosesnya pembuatan minyak goreng tradisional bisa kita saksikan melalui video berikut ini :




Jika kita menyimak video di atas, maka kita kita akan tahu bagaimana perbedaan Coconut Oil ( Minyak Kelapa Biasa ) dengan Virgin Coconut Oil / VCO - Kalau VCO jelas tidak melalui proses Pemanasan dimana proses ekstraksi minyak kelapanya melalui proses fregmentasi sehingga kadungan mineral dan vitaminnya tetap terjaga dengan baik, berbeda halnya dengan Minyak Kelapa Tradisional yang di olah dengan cara memanaskan santan Hingga membentuk minyak, karena melalui proses pengorengan maka kelebihannya adalah aroma minyak kelapa tersebut jauh lebih harum di bandingkan Minyak Kelapa / Virgin Coconut Oil yang proses pembuatannya tanpa di masak !

APA BEDANYA REFINED / RBD COCONUT OIL DENGAN VCO VIRGIN COCONUT OIL

Mungkin anda pernah dengan yang namanya Produk RBD Coconut Oil Atau Refined Coconut Oil, apakah sama dengan Virgin Coconut Oil ? Jawabannya Serupa Tapi Tidak Sama - Serupa artinya sama - sama Minyak kelapa Yang di Murnikan, Namun yang Tidak Sama itu adalah Proses dan Kandungan Bahannya.



Apa Itu Refined Coconut Oil


RBD Coconut Oil adalah Minyak kelapa yang di produksi oleh pabrik - pabrik besar dengan menggunakan Kopra ( daging Kelapa Kering ) sebagai bahan baku utamanya, RBD Coconut Oil ini sering di sebut Refined Coconut Cooking Oil, jadi fungsi utamanya adalah sebagai penganti minyak nabati lainnya untuk keperluan memasak. Kopra di proses dengan mesin - mesin diekstrak melalui alat expeller pressed hingga menghasilkan Crude Coconut Oil, dan selanjutnya di lakukan proses Pemurnian /  Refined untuk menghilangkan kotoran melalui proses penyaringan dengan karbon / Bleached dan pemanasan serta penguapan  untuk membunuh kuman dan menghilangkan wangi kelapanya ( Deodorized ).


--->  SELANJUTNYA ->