-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Cara Bikin Bungeoppang 붕어빵 Kue Ikan Mas Khas Korea

Langkah - langkah Membuat Bungeoppang 붕어빵 Kue Ikan Mas Khas Korea

MEMPELAJARI CARA MEMBUAT KUE IKAN MAS KHAS ASLI KOREA BUNGEOPPANG 붕어빵

Pernah Lihat atau Mencicipi Kue Ikan Mas yang sering muncul di adegan film / drama korea ? Namanya asli kue ikan mas ini adalah Bungeoppang 붕어빵 - kue ini rasanya mirip dengan kue wafel atau Pancake namun kue Ikan Mas khas Korea ini memiliki rasa yang unik pada isiannya, isian kue Bungeoppang 붕어빵 yang asli / khas korea selatan umumnya adalah Pasta Kacang Merah atau istilah kerennya Sweetened Red Beans Paste. Proses pembuatan Kue Bungeo-ppang adalah dengan cara dipanggang menggunakan cetakan besi yang mirip dengan cetakan kue wafel nya orang bule, namun cetakannya bermotif Ikan Mas. Kalau di negera asalnya Korea Selatan, Kue Bungeo-ppang 붕어빵 ini umumnya di jual di gerobak kaki lima, karena ini adalah merupakan salah satu kue Tradisional Khas Korea selatan yang katanya berasal dari Negeri Sakura / Jepang nama jepangnya taiyaki ini ternyata sudah cukup merakyat sejak jaman dahulu kala yaitu sejak abad ke 19.

Pasta kacang merah untuk isian kue Bungeoppang 붕어빵 ini sebetulnya bisa kita buat sendiri dengan mudah, apalagi bahan dasar kacang merah di negara kita cukup mudah di dapatkan atau kalau kalian gak mau repot, maka bisa beli yang sudah jadi seperti contoh berikut ini :


Contoh Pasta kacang merah untuk isian kue Bungeoppang 붕어빵


Untuk Pasta Kacang Merah Asli Korea baik kwalitas, Harga serta Belinya di mana, bisa kita dapatkan informasinya dengan cara :

CARA BIKIN PASTA KACANG MERAH UNTUK ISIAN KUE IKAN MAS / BUNGEOPPANG 붕어빵


Pasta Kacang Merah dapat dengan mudah kita buat sendiri di rumah, kalau soal rasa sepertinya tidak ada bedanya dengan Pasta Kacang merah yang ada di korea, yang jelas proses pembuatan pasta kacang merah untuk isian kue Ikan Mas Bungeoppang 붕어빵  bisa kita kerjakan dengan Resep dan petunjuk berikut ini :

Bahan - Bahan Untuk Membuat Pasta Kacang Merah Isian Kue Ikan Mas Bungeoppang 붕어빵

  • 250 gram Kacang Merah ( rendam semalaman )
  • 1 Liter air Bersih
  • 330 gram gula putih
  •  50 ml Minyak Sayur
  •    2 sdm Tepung Ketan
  •    3 sdm air hangat
  •    1/4 sdt garam

Contoh Pasta Kacang Merah Buatan Sendiri Untuk Isian Kue Bungeo-ppang 붕어빵

Proses Membuat Pasta Kacang Merah Untuk Kue Ikan Mas Bungeo-ppang 붕어빵

  1. Bersihkan Kacang Merah dan kemudain Rendam dengan Air Bersih selama 12 Jam

  2. Kemudian Bilas dan masak kacang merah dengan 1 liter air hingga mendidih lalu kecilkan api kompornya, tutup dan masak selama 2 jam atau sampai kacang merahnya empuk

  3. Angkat kacang merah yang sudah empuk dan kemudian Blender hingga halus ( blendernya harus yang tahan panas ya atau kalian tunggu sampai kacang merahnya agak dingin sedikit )

  4. Berikutnya Saring kacang merah yang telah di blender untuk hasil lebih lembut

  5. Pindahkan kacang merah ke wajan teflon atau wajan anti lengket, dan selanjutnya campurkan gula
    putih, minyak, garam dan tepung ketan yang sudah dilarutkan dengan 3 sdm air hangat

  6. Masaklah adonan kacang merah tersebut dengan api sedang sambil diaduk hingga adonan menjadi pasta yang kalis dan agak kering – Kira – kira 45 – 60 Menit tergantung panas api kompornya.

  7. Setelah kacang merah tersebut menjadi pasta yang kalis dan agak kering, matikan kompor dan dinginkan sejenak sebelum di gunakan untuk isian  kue Bungeoppang 붕어빵 Kue Ikan Mas Khas Korea

  8. Tetapi kalau tidak mau dipakai langsung untuk bikin kue Bungeoppang 붕어빵 , maka kita bisa disimpan dulu di dalam lemari es, pasta kacang merah ini bisa awet sampai lebih dari 1 minggu jika di simpan di kulkas dan tertutup wadah rapat

CARA BIKIN KUE IKAN MAS KHAS KOREA SELATAN YANG SUKA MUNCUL DI ADEGAN DRAMA KOREA



Sering Liah adegan Romantis di dalam Drama Korea yang pemerannya lagi makan Kue Cara Bikin Bungeoppang 붕어빵 Kue Ikan Mas Khas Korea, salah satu Drakor itu adalah Replay 1988, kata ajuma di dalam adegan tersebut kue Ikan Mas ini sangat Lezat ! Mau Tahu kelezatannya seperti apa yuk bikin aja sendiri di rumah kue Ikan Mas tersebut, Adonan kue Ikan Mas Khas Korea ini adalah campuran dari tepung terigu, garam, soda kue, gula, dan air dengan komposisi yang seimbang, sehingga dapat membentuk adonan yang halus / lembut, karena sebelum dipergunakan adonan tersebut disaring terlibih dahulu. Proses pembuatannya juga cukup mudah, mari kita pelajari cara membuat kue Bungeoppang 붕어빵 ini dengan panduan resep berikut ini :

Bahan - Bahan Untuk Membuat Kue Bungeoppang 붕어빵 Asli Korea

  • 60 gram Mentega / Margarin
  • 50 grram gula pasir ( bisa ditambah jika ingin lebih Manis )
  • 2 butir telur
  • 270 gram Tepung Terigu Serba Guna
  • 70 Gram Tepung Ketan
  • 50 Gram Susu Bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
  • 350 ml Susu Cair Tawar
  • 200 Gram Pasta Kacang Merah Untuk Isiannya

* Catatan : Jika Kalian Tidak Suka kacang Merah atau malas bikin Pasta kacang Merah, maka isiannya bisa di ganti dengan Coklat atau selai buah - buahan kesukaan kalian, seperti selai nanas, selai blue berry dll, di isi Keju Mozarella juga boleh, suka - suka kalian aja deh, tapi intinya kalau mau dapat citarasa kue Bungeoppang 붕어빵 yang beneran asli rasanya ya harus di isi Pasta kacang merah ya.

Contoh Cetakan Untuk Memanggang Kue Ikan Mas Khas Korea Bungeoppang 붕어빵

Cetakan Untuk Kue Ikan Mas ini bisa di beli di toko alat - alat membuat kue atau beli di toko online, harganya gak mahal kok, mulai dari 50 ribuan sampai beberapa ratus ribuan, kalau yang mahal terbuat dari bahan Teflon ( Anti Lengket ) tapi kalau yang murah sih terbuat dari bahan alumunium seperti gambar berikut ini :


Jual Cetakan Bungeoppang 붕어빵 KueTaiyaki Kue Ikan Mas Khas Korea

Proses dan Cara Membuat Kue Bungeoppang 붕어빵 , KueTaiyaki,  Kue Ikan Mas Khas Korea


  1. Mixer bahan mentega atau margarin dengan gula putih hingga mengembang dan berwarna agak pucat

  2. Kemudian sambil di mixer low speed masukkan telur pertama, dan mixer dengan high speed sampai tercampur rata, baru masukkan telur yang kedua.

  3. Matikan Mixer dan kemudian masukkan tepung terigu, tepung ketan, garam, baking powder dan  susu bubuk perlahan – lahan sambil di  aduk dengan spatula sampai semua bahan tercampur merata

  4. Jika Bahan sudah tercampur merata dan basah, baru bisa di mixer dan bisa masukan  susu cair perlahan – lahan sampai adonan menjadi bubur kental yang lembut

  5. Seterlah adonan Bungeoppang 붕어빵  sudah siap, maka kita bisa langsung  panaskan cetakan di atas kompor, olesi dengan sedikit minyak agar gak lengket.

  6. Selanjutnya Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang panas sampai terisi separuh, dan kemudian masukan isian di bagian tengahnya, kemudian  tuang lagi adonannya sampai isianya tertutup, lalu tutup cetakannya dan Bolak balik cetakannya sampai Kue Ikan Mas Khas Korea buatan kalian matang dan kulit luarnya berwarna kuning kecoklatan.

Contoh Isian Kue Taiyaki Bungeoppang 붕어빵 Kue Ikan Mas Khas Korea
Can !!!

Yuk Kita Santap Selagi hangat, Hmmm Mas-Issneun  맛있는


--->  SELANJUTNYA ->