-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Cara Membuat Tepung Talas Yang Asli

cara bikin tepung talas yang mudah dan asli

MENCARI TAHU BAGAIMANA CARANYA BIKIN TEPUNG TALAS SENDIRI, MENGOLAH TALAS MENJADI TEPUNG UNTUK BIKIN KUE YANG LEZAT

Talas adalah umbi tumbuhan yang banyak tumbuh di Asia dan indonesia, potensi umbi talas di indonesia belum di manfaatkan secara maximal, mengingat iklim tropis di indonesia sangat cocok dengan tanaman yang bernma Talas ( Araceae ) - di indonesia tanaman ini tumbuh dengan subur dan menghasilkan umbi yang besar serta mengandung kandungan tepung, tumbuhan ini adalah tanaman semusim artinya bisa di panen sepanjang tahun, karena potensi kandungan gizi dan juga rasanya yang legit dan gurih, maka talas sangat cocok di olah menjadi makanan, salah satunya di buat tepung untuk bahan dasar kue atau bolu kukus talas yang lezat. Proses pembuatan tepung talas tergolong cukup mudah, tidak ada tehnik khusus layaknya membuat tepung sagu atau tepung tapioka. Jika anda ingin mencoba membuat tepung talas sendiri, maka berikut ini panduan yang bisa anda ikuti.

MENGAPA KUE DARI TEPUNG TALAS ITU ENAK

Tepung Talas memang sangat Lezat dan bergizi ketika di olah menjadi makanan atau kue moderen, seperti bolu talas yang cukup terkenal saat ini, karena umbi talas adalah salah satu tanaman yang mengandung banyak sekali karbohidrat seperti zat karbohidrat yang terkandung di dalam beras serta golongan umbi-umbian selain ubi kayu dan ubi jalar yang memiliki nutrisi yang cukup lengkap sebagai bahan pangan, di Indonesia umbi talas ini lebih banyak di olah menjadi keripik, kolak, talas goreng dan talas rebus untuk bahan tambahan pada sayur. Namun belakangan ini layaknya banyak orang yang sudah mulai mencontoh Negara - negara maju seperti di Jepang dan New Zealand dalam mengolah umbi  talas yaitu dengan memanfaatkan umbi talas tersebut sebagai sebagai bahan baku produk roti, kue-kue masa kini yang sangat lezat.


Bahan Tepung Talas yang umumnya di jual di pasaran untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa anda dapatkan informasinya dengan cara :

 

CARA MENGOLAH TALAS MENJADI TEPUNG TALAS YANG BERKWALITAS

Bahan Dasar Untuk Membuat Tepung Talas Sendiri :

  • Umbi Talas
  • Garam
  • Air

Alat Yang Di Pergunakan Untuk Mengolah Talas Menjadi Tepung :

  • Baskom
  • Lap
  • Saringan
  • Parutan




Bagaimana Proses Pembuatan tepung talas :
  1. Kupas umbi talas dari kulitnya.

  2. Bersihkan umbi talas dengan air bersih.

  3. Rendam umbi talas dengan air selama 10 menit

  4. Tambahkan Garam serta biarlah selama 15 menit

  5. Parut telas yang telah direndam sampai jadi bubur.


  6. Masukan hasil parutan kedalam baskom, lalu masukan air. Perbandingan bubur talas dengan air yaitu 1 : 2

  7. Saringlah bubur talas tadi, sampai diperoleh sari patinya.

  8. Selepas diperoleh ampasnya, lalu peras kembali ampasnya, supaya keluar sari patinya, tapi janganlah dibuang ampasnya karena masih dapat dipakai untuk makanan olahan

  9. Biarlah sari patinya mengendap selama 1 hari, Setelah di diamkan selama 1 hari maka cairan yang ada diatasnya di buang.

  10. Endapan dibawahnya tersebut di jemur hingga kering dan menjadi tepung.

Nah, kini Tepung sari pati talas yang telah kering. siap di proses menjadi beragam jenis makan olahan yang lezat seperti Bolu Talas Kukus Tabur keju Khas Bogor, Membuat Tepung Talas Asli sendiri serta untuk apa saja manfaatnya, semoga bisa lebih membuka wawasan anda tentang keberagaman cara untuk membuat Tepung Talasnya Sendiri di rumah, siapa tahu bisa jadi ide usaha baru !


---> SELANJUTNYA