-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Apa Itu Bumbu Spekuk / Spekoek dan Kegunaanya Untuk Apa ?

Apa Itu Bumbu Spekuk - Spekoek

MENCARI TAHU APA ITU BUMBU SPEKUK / SPEKOEK DAN APA SAJA KEGUNAANYA SERTA CARA MEMBUAT BUMBU SPEKUK SENDIRI UNTUK BIKIN KUE LAPIS LEGIT


Bagi Pecinta Kue Lapis Legit pasti sudah tidak asing lagi dengan Aroma Khas Bumbu Spekuk / Spekoek, namun mungkin anda masih terasa asing dengan sebutan nama Bumbu spekuk ini, apa sih sebenarnya Bumbu Spekoek atau biasa di eja spekuk ini ? dan terbuat dari bahan - bahan apa saja bumbu spekuk tersebut ? nanti kita akan bahas dengan jelas di artikel ini Sebelumnya yang perlu kita ketahui tentang asal mula Bumbu Spekoek / Spekuk ini, dari namanya saja kita sudah bisa menduga bahwa bumbu ini termasuk bumbu masak yang sepuh atau cukup tua keberaadaanya di indonesia, terlebih jika kita telusuri sejarah dari asal mula di temukannya bumbu spekoek tersebut, sudah jelas bumbu spekkoek ini bernuansa jaman kolonial Selain Kue Lapis Legit yang sering kita jumpai di toko - toko kue, ternyata di jaman tersebut Bumbu Spekuk ini juga di pergunakan untuk campuran citarasa berbagai macam kue khas jaman kolonial beberapa di antaranya adalah ontbijtkoek speculaas dan Roti Gambang yaitu Roti yang bentuknya mirip penganjal Rel kereta, pada jaman itu penggunaan Rempah - rempah khas nusantara seperti Cengkeh, Biji Pala, Kayu Manis dan Kapulaga sangatlah umum di campurkan ke dalam aneka macam kue, namun pada dasarnya masyarakat asli indonesia pada jaman itu tidak mengenal makanan yang namanya kue dan roti, makanan yang bernama kue dan roti itu adalah makanan orang - orang eropa yang di perkenalkan di indonesia pada jaman kolonial, sehingga seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan jaman, maka aneka jenis roti dan kue jaman kolonial kembali populer di jaman sekarang salah satunya adalah Kue Lapis Legit yang Mantap Rasanya.

PERBEDAAN RASA KUE LAPIS LEGIT JAMANAN DULU DENGAN JAMAN SEKARANG !

Kue Lapis Legit Jaman Dulu apalagi ketika jaman kolonial kenapa rasanya lebih mantap dan lebih legit, salah satu penyebabnya adalah kwalitas bahan yang di pergunakan, pada umumnya Kue – kue di jaman kolonial menggunkan mentega jenis butter sebagai bahan pelembut kue mereka. Sementara di masyarakat indonesia jaman sekarang lebih memilih margarin instant yang banyak di jual di warung, jika kita bandingkan tentu saja  citra rasa yang dihasilkan oleh Butter dan margarin pastinya juga akan sangat berbeda. Butter yang berbahan dasar susu pastinya akan memiliki rasa lebih gurih dan harum dibandingkan dengan margarin yang berasal dari minyak tumbuh-tumbuhan, selain itu butter juga mempunyai aroma lemak yang lebih kuat di bandingkan dengan margarin. ok cukup kita gak akan bahas tentang Butter dan Margarin di sini, ini hanya sekedar gambaran saja, selanjutnya kita akan bahas apa sih sebenarnya Bumbu Spekuk / Boembu Spekkoek itu ?

BUMBU SPEKUK / BOEMBO SPEKKOEK ADALAH

Bumbu Spekuk adalah campuran / racikan rempah - rempah kering yang di haluskan dan di campur menjadi satu, rempah - rempah tersebut meliputi, Kayu Manis bubuk, Cengkeh Bubuk, Biji Pala bubuk, dan Kapulaga bubuk yang di racik menjadi satu sehingga menjadi nama Bumbu Spekkoek, lalu bagaimana dengan takaran atau komposisi bahannya ? berapa perbandingan bahan - bahannya ? untuk menjawab pertanyaan tersebut kita akan coba uraikan komposisi bahan Bumbu Spekuk secara lebih terperinci sehingga kita semua bisa meraciknya sendiri di rumah jika nanti ingin membuat kue Lapis Legit.
.

Resep Bumbu Spekuk / Spekoek Lengkap

Resep Bumbu Spekuk / Spekoek Buatan Sendiri di Rumah

Bahan Rempah Yang Di perlukan Untuk Membuat Racikan Bumbu Spekoek / Spekuk

  •     10 Butir kapulaga Kering dan ambil isinya saja
  •     10 Butir cengkeh Kering
  •     10 batang kayu manis kira kira seukuran jari kelingking
  •     2 Butir Biji Pala Kering

Catatan : Untuk Bahan Kayu Manis, Sebelum di Giling Sebaiknya di pecah - pecahkan terlebih dahulu dan bersihkan kotoran yang ada di bagian tengahnya, jika terlalu kotor sebaiknya di cuci dengan air bersih dan di jemur kembali sampai kering baru bisa kita gunakan.



Bahan - bahan di atas untuk kwalitas, Harga serta Belinya di mana, sebagian besar bisa kita dapatkan informasinya dengan cara    --------->

Cara / Proses Membuat Bumbu Spekuk / Spekoek Sendiri Untuk Bikin Kue Lapis Legit

  1. Panggang Semua Bahan Rempah Selama 5  - 10 menit dengan suhu 150 celcius – Jangan sampai gosong

  2. Kemudian dinginkan dan segera di blender / digiling sampai halus

  3. Saring dengan saringan atau ayakan tepung yang halus

  4. Sisa bahan saringan yang masih kasar kemudian di giling lagi sampai halus dan di ayak, begitu seterusnya sampai habis.

  5. Simpan bubuk bumbu spekoek / spekuk di wadah atau toples yang kedap udara, jika di simpan dengan baik, bumbu spekuk tersebut bisa awet sampai beberapa bulan ke depan tergantung juga kwalitas bahan dan kadar kekeringan bahan - bahannya, jika lembab maka bumbu spekoek ini akan cepat rusak dan berjamur.




Contoh Kue - kue Yang Menggunakan Bumbu Spekoek / spekuk sebagai penguat citarasa

1. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit atau di jaman dulu di sebut Kue Spekkoek adalah kue Premium yang cukup mahal harganya, mengingat bahan - bahan dasar yang di pergunakan cukup mahal salah satunya kuning telur yang cukup banyak dan butter atau Rumbutter yang enak. selain bahannya yang mahal, tingkat kesulitan atau tingkat kerepotan proses membuat kue lapis legit ini yang ikut mendongkrak harga kue lapis legit ini, Namun jika kita bisa membuatnya sendiri kemungkinan masih cukup terjangkau dan sebanding dengan rasanya dan tentunya akan jadi lebih hemat.


Cara Bikin Kue Lapis Legit Aroma Asli Bumbu Spekuk


Bahan – Bahan Utama Untuk Membuat Kue Lapis Legit Spekkoek Spesial

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 1/2 sendok makan susu kental manis
  • 8 butir telur
  • 1 sendok makan emulsifier
  • 40 gram susu bubuk
  • 200 gram Butter
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh esens vanila
  • 1/2 sendok teh baking powder

Bahan – Bahan Untuk Taburan / Topping Kue Lapis Legit

  • 1 sendok makan bumbu spekuk
  • 1/2 sendok makan cokelat bubuk

Proses dan Cara Bikin Kue Lapis Legit Spekoek Asli

  1. Langkah pertama kali yang harus kita lakukan adalah menyiapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan

  2. Kemudian masukan Butter  yang sudah kita siapkan ke dalam wadah tersebut.

  3. Lalu Kocoklah butter sampai lembut.

  4. Setelah itu baru kita tambahkan susu kental manis ke dalamnya.

  5. Kemudian Kocok – kocok lagi sampai adonan semuanya merata

  6. sisihkan adonan terlebih dahulu, di sebuah wadah yang terpisah

  7. Selanjutnya kita bisa campurkan gula pasir, telur dan emulsifier.

  8. Kemudian kita kocok kembali campuran bahannya  sampai mengembang.

  9. Setelah mengembang baru kita tambahkan susu bubuk, baking powder dan tepung terigu sambil diayak ya lalu jangan lupa diaduk-aduk sampai rata.

  10. Selanjutnya, tambahkan esens vanila dan aduk kembali sampai rata.

  11. Terkahir Tuangkan adonan ini sedikit demi sedikit ke dalam kocokan mentega sambil anda aduk-aduk dengan perlahan sampai merata.

  12. Selanjutnya Siapkan loyang berukuran 20 x 20 x 7 cm

  13. Kemudian olesi loyang tersebut dengan menggunakan minyak atau margarin secukupnya.
     
  14. Jangan Lupa alasi loyang tersebut dengan menggunakan kertas roti.

  15. Langkah Berikutnya ambil adonan dan tuangkan sebanyak 75 gram ke dalam loyang, lalu ratakan.

  16. Dan langkah selanjutnya kemudian segera ambil bahan taburan yang sebelumnya sudah siapkan serta di campur rata.

  17. Kemudian ayak tipis bahan taburan tersebut di atas adonannya panggang dengan api atas selama kurang lebih 5 menit di atas api sedang.

  18. Setelah itu tuangkan kembali adonan sebanyak 75 gram. Lalu ayak tipis lagi bahan taburan di atasnya dan oven lagi selama 5 menit / sampai matang.

  19. Lakukan langkah yang sama hingga adonan habis.

  20. Setelah adonan habis, panggang / oven kue lapis legit tersebut dengan api atas dan bawah selama kurang lebih 10 - 15 menit atau sampai kue benar-benar matang.

  21. Apabila sudah matang, kita bisa langsung mengeluarkannya dari oven panggangan.

  22. Tunggu beberapa saat sampai kue dingin, setelah itu kita bisa langsung memotong-motongnya.

  23. Ambil tempat atau piring saji, sajikan kue ini di atas tempat saji dan hidangkan kepada keluarga tercinta.

2. Roti Gambang Aroma Bumbu Spekuk / Spekoek 

Roti Gambang adalah roti yang cukup lama keberadaannya di indonesia, roti berwarna coklat dengan citarasa yang legit dan harum aroma rempah ini di bawa oleh pemerintahan kolonial dari negeri Belanda ( Holand ) dan beradaptasi dengan rempah - rempah lokal masyaratkan indonesia, di sebut roti gambang karena bentuknya yang mirip alat musik gambang bahkan di pada jamannya roti gambang ini lebih di kenal dengan nama kue bantalan rel kereta api, mungkin karena warna dan bentuknya yang mirip bantalan rel, terlepas dari namanya yang aneh - aneh, ternyata roti gambang ini masih tetap ada sampai hari ini bahkan di jual oleh toko roti - toko roti ternama di seluruh dunia khususnya di indonesia, gimana masih kangen dengan roti gambang yang jadul ini ? Yuk kita buat aja sendiri di rumah dengan panduan resep berikut ini


Cara Bikin Roti Gambang Jaman Dulu

Bahan – Bahan Utama Untuk Membuat Kue Roti Gambang Jaman Dulu Yang Enak

  • 200 gram tepung terigu cakra
  • 100 grm tepung terigu segitiga
  • 1 sdt bubuk spekoek/bisa ditambahkan lebih banyak ingin lebih terasa aroma rempahnya
  • 30 grm butter
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1 sdm susu bubuk
  • 150 grm gula merah (bisa pakai gula aren)
  • 160 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • beberapa tetes pewarna coklat ( boleh tidak di pakai )
  • Air masak
  • Wijen Secukupnya Untuk Topping

Cara Bikin Roti Gambang Aroma Bumbu Spekuk / Spekoek


  1. Langkah Pertaman  kita akan buat bahan Gila Cairnya terlebih dahulu, caranya kita masak air gula merah dan gula pasir sampai airnya mengental ( hingga tersisa150 ml ).

  2. Sisihkan gula cair yang sudah mengental dan biarkan dingin.

  3. setelah dingin tambahkah pewarna makanan berwarna coklat dan aduk rata ( Boleh Tidak Pakai Pewarna )

  4. Campur semua bahan dan aduk sambil masukkan bahan gula cairnya dan uleni sebentar sampai tercampur rata saja. ( sampai adonan terasa agak lengket ditangan.

  5. Tutup dengan plastik wrap dan masukan ke dalam kulkas selama 30 menit ( sampai adonannya tidak lengket lagi )

  6. Bagi adonannya menjadi 2 bagian atau sesuai selera beratnya kira – kira 50 gram dan kemudian bentuklah agak panjang dan lonjong. Kemudian bagian atas agak ditekan sedikit.

  7. Langkah selanjutnya taruh adonan tersebut di atas loyang yang sudah dialas kertas roti / kertas baking

  8. Kemudian oles bagian atasnya dengan air dan taburi dengan wijen.

  9. Panggang dalam oven dengan suhu 160'c selama 25 menit ( oven harus sudah dipanaskan terlebih dahulu )

  10. Keluarkan dari dalam Oven dan Bisa Langsung Sajikan Kepada Keluarga Tercinta

3. Kue Kering Jaman Kolonial Aroma Bumbu Spekuk / Spekoek

Masih Ingat dengan Aroma Khas Kue Kering Jaman Belanda, mungkin ada yang belum lahir waktu itu atau bahkan sudah lupa dengan citarasa bangsawan dari kue kering ini, bahkan di jaman sekarang pun sudah sangat jarang yang jual biskuit atau kue kering dengan citarasa Bumbu spekuk ini, rasanya legit dan harum rempah, bikin badan terasa hangat dan juga jadi lebih bersemangat setelah makan kue tersebut, gimana ? apakah kalian penasaran dengan citarasanya ? o ia kalau cetakan kuenya masih banyak loh yang jual di toko - toko perlengkapan membuat kue atau di toko - toko online. Yuk kita bikin kue nya sekarang dengan panduan resep di bawah ini :


Cara Bikin Biskuit Bumbu Spekkoek Jaman Belanda

Bahan – Bahan Untuk Membuat Kue Kering Jaman Kolonial Belanda Yang Lezat

  • 275 gram tepung terigu ( gunakan terigu protein rendah )
  • 2 butir telur ( ambil kuningnya saja )
  •  ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh bubuk bumbu spekuk / spekoek
  • 25 gram tepung maizena
  • 100 gram gula tepung
  • 175 gram margarine  ( kalau ada budget lebih bisa pakai butter )
  • 25 gram susu bubuk
  • Untuk Isiannya : Bisa Pakai 100 Gram Kenari atau bisa juga pakai daging buah kurma
  • Untuk Olesan Toping : 2 butir telur, gunakan kuningnya  dan 1 sendok makan susu putih cair
  • Untuk  Taburan Toping : 15 gram wijen sangrai

Proses dan Cara Bikin Kue Kering Bumbu Spekuk / Spekoek

  1. Masukan margarine dan juga gula tepung ke dalam sebuah wadah yang sama

  2. kemudian anda kocok dan aduk dua bahan tadi selama kurang lebih 2 menit sampai kedua bahan tadi merata dengan sempurna.

  3. Jika bahannya  sudah cukup tercampur dengan sempurna, maka kemudian lanjutkan dengan memasukan kuning telur ke dalam adonan tersebut, lalu anda kocok hingga rata.

  4. Berikutnya masukan juga tepung terigu dan beberapa bahan lainnya, seperti tepung maizena, baking powder, susu bubuk dan bumbu spekoek ke dalam adonan tersebut sambil diayak.

  5. kemudian aduk hingga benar-benar merata dan tercampur dengan sempurna.

  6. Setelah adonan tersebut jadi, maka kemudian kita bisa membagi menjadi 2 bagian adonan

  7. Giling kedua bagian adonan tersebut hingga berbentuk tipis dan berukuran sama.

  8. Setelah itu ambillah salah satu bagian adonan yang telah kita giling tipis tersebut

  9. kemudian kita bisa campurkan isian di atasnya secara merata.

  10. Setelah cukup mencampurkan bahan isiannya di bagian atas dari adonan tersebut, maka kita bisa melanjutkan untuk menutupnya dengan adonan yang sudah digiling tipis lainnya.

  11. Ambil cetakan kue kemudian kita bisa potong-potong dan bentuk sesuai dengan cetakan tersebut

  12. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarine, lalu anda lanjutkan dengan meletakan adonan tersebut di atas loyang tersebut.

  13. Kemudian masukan ke dalam oven panggang panggang kue tersebut selama kurang lebih 20 - 25 menit atau sampai matang, dengan suhunya 140 derajat.

  14. Ketika kue dalam kondisi setengah matang, kita bisa ambil terlebih dahulu kue tersebut dari dalam oven, kemudian anda oleskan campuran bahan olesan yang dilanjutkan dengan memberikan bahan taburan berupa wijen yang telah disangrai.

  15. Masukan kembali kue tersebut ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 15 menit hingga benar-benar matang.

  16. Angkat kue keringnya yang sudah matang dan kemudian dinginkan sebentar sebelum kita masukan ke dalam toples.

Nah, Gimana, sekarang udah tahu kan apa itu Bumbu Spekuk / Spekoek dan kegunaanya untuk bikin kue - kue legendaris yang enak, Masih banyak loh resep kue - kue dengan bumbu spekoek jaman dulu yang enak - enak !



--->  SELANJUTNYA ->