-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Cara Bikin Daging Jadi Cepat Empuk Saat Di Masak

Cara Bikin Daging Jadi Cepat Empuk Saat di masak

MENCARI TAHU CARA MEMASAK DAGING MENJADI CEPAT EMPUK SAAT DIMASAK WALAU PUN HANYA DI MASAK SEBENTAR

Umumnya tukang masak amatiran seperti kita sering kali mengeluh ketika daging yang di masak itu kok lama sekali empuknya, padahal sudah di masak ber jam - jam masih saja terasa alot dan melawan saat di gigit ! walaupun seiring perkembangan jaman sudah ada tehnologi alat masak bernama Panci Presto yang dapat membuat daging apa pun menjadi empuk hanya dalam hitungan menit, namun alangkah repotnya jika kita mau masak sedikit saja harus mengeluarkan panci presto kita dari lemari penyimpanan alat - alat masak, belum lagi Panci Presto itu cukup berat bobotnya sehingga sering kali kita akan merasa kerepotan saat hendak mencucinya ketika selesai di pergunakan untuk memasak daging, di lain sisi tidak semua daging itu akan kita olah menjadi masakan basah atau berkuah, bagaimana jika masakan tersebut hendak kita panggang atau kita bakar ? tentu saja mempresto daging tersebut terlebih dahulu agar bisa jadi empuk bukanlah solusi yang baik, kadar air di dalam daging yang kita presto akan meningkat kerana terendam kuahnya dan kita akan kesulitan saat ingin mengolah daging tersebut menjadi bistik atau daging barbeque. 

Selain di Presto atau di Masak di dalam panci dengan Uap Tekanan Tinggi tentu saja ada banyak sekali cara membuat daging menjadi lebih empuk dan mudah di masak melalui cara - cara Tradisional, dimana tehnik mengempukan daging tersebut sudah di pergunakan oleh nenek moyang kita jauh sebelum panci presto di ciptakan selain lebih praktis, metode mengempukan daging dengan cara Tradisional tersebut tidak akan merusak nutrisi dan kadungan gizi yang terkandung di dalam daging segar. Nah berikut ada beberapa Tips dan cara mengempukan daging yang alami dan Praktis, salah satunya di bahas dalam video tutorial berikut ini :


CARA - CARA SEDERHANA MEMBUAT DAGING MENJADI CEPAT EMPUK KETIKA DI MASAK

Membuat Daging Jadi Cepat Empuk Tergantung Cara Kita Memotong Dagingnya

Artinya, daging bisa Cepat menjadi Empuk secara alami ketika di masak adalah tergantung bagaimana cara kita memotong daging tersebut.


Cara Memotong Daging Yang Baik dan Benar agar Mudah di Masak

Mungkin kita menganggap hal ini cukup sepele, kenapa memotong daging saja harus ada aturannya, tetapi kita bisa membutikannya sendiri bagaimana jika daging yang di potong atau di iris dengan baik dan benar akan membuat daging tersebut lebih cepat empuk ketika di masak di bandingkan kita memotongnya asal - asalan saja, cobalah iris / potong daging dengan cara berlawanan arah dengan serat dagingnya, tujuannya adalah mencegah dan menghambat menyatunya serat - setar daging ketika di panaskan / di masak, jika serat daging tidak menyatu, otomatis daging yang sudah kita masak itu pun tidak akan alot dan melawan saat kita gigit dan kita kunyah.

Membuat Daging Jadi Cepat Empuk dengan cara di Pukul - Pukul

Cara yang paling umum di pergunakan oleh tukang masak di restoran terkenal untuk membuat daging cepat empuk saat di masak adalah dengan cara memukul - mukul daging tersebut dengan palu berberigi baik alat pemukul yang terbuat dari besi maupun alat pemukul yang terbuat dari kayu.


Cara Memukul Daging Biar Cepat Empuk

Proses Memukul - mukul daging di atas talenan menggukana palu kayu berberigi akan membuat daging menjadi lebih soft dan tekturnya jadi lebih lunak, sehingga ketika di masak kita tidak perlu menggu lebih lama, cukup dimasak beberapa menit saja, maka daging olahan kita sudah siap di santap loh !

Alat Pemukul Daging atas untuk kwalitas, Harga serta Belinya di mana, bisa kita dapatkan informasinya dengan cara :

Membuat Daging Jadi Lebih Cepat Empuk Saat di Masak

Tak Hanya dengan cara yang keras seperti memotong dan memukul daging tersebut, namun ada cara lainnya yang lebih bersahabat yaitu dengan cara membungkusnya pakai Daun Pepaya, Metode mengempukan Daging tersebut walau sudah populer sejak jaman dulu, tetapi sampai saat ini, metode mengempukan daging dengan cara di bungkus dengan Daun pepaya saja sudah cukup membantu dan menurunkan durasi kegiatan memasak daging yang kita lakukan, karena Zat Enzim Papain yang terkadung di dalam Daun Pepaya Segar, ternyata telah terbukti dapat di pergunakan sebagai bahan alami yang dapat membuat daging menjadi lebih cepat empuk ketika di masak.


Membuat daging Empuk dengan Daun Pepaya


Proses Pengempukan Daging dengan cara di bungkus Daun Pepaya ini termasuk aman dan alami, jika kalian mau mencobanya ikuti langkah - langkahnya sbb :



  • Siapkan beberapa helai daun Pepaya SegarKemudian cuci . bersihkan daun pepaya tersebut dari debu atau kotoran

  • Siapkan daging yang hendak di buat empuk alami

  • Taruh Daging di atas daun pepaya dan kemudian Bungkus hingga rapat

  • Diamkan di suhu ruangan selama 30 - 45  Menit, agar zat Enzim Papain membuat dagingnya menjadi empuk

  • Jika sudah waktunya, buka bungkusannya dan cuci dagingnya sebelum di masak

Membuat Daging Menjadi Cepat Empuk dengan Cara Melumuri dengan Parutan Nanas

Di dalam Buah Nanas terkadung Zat Enzim Bromelain yang jika di balurkan di atas daging segar maka akan bereaksi membuat daging menjadi lebih lembut dan lunak teksturnya sehingga ketika di masak daging tersebut akan cepat menjadi empuk, Enzim Bromelain ini  tergolong ke dalam kelompok enzim protease sulfihidril yang dapat menghidrolisis ikatan zat peptida menjadi asam amino pada kandungan protein. Metodenya hampir sama dengan zat enzim papain pada daun pepaya, dimana zat Enzim Bromelain juga bisa mengurai serat-serat daging sehingga menjadi lebih empuk saat dimasak.


Cara Empukin Daging Pakai Parutan Buah Nanas


Daging yang di marinasi dengan parutan nanas selama kurang lebih 30 menit akan menjadikan serat daging menjadi lebih empuk dan juga akan memperkaya Citarasa daging tersebut ketika di masak, sehingga cara mengempukan daging secara alami pakai parutan nanas ini akan memberikan 2 manfaat sekaligus kepada kita.

Membuat Daging Menjadi Lebih Cepat Empuk dengan Buah Kiwi

Sama Halnya dengan Buah Nanas, Ternyata Buah Kiwi juga mengandung zat Enzim yang mampu membuat daging menjadi cepat empuk saat di masak, Zat Enzim yang terkandung di dalam buah kiwi tersebut bernama Enzim Actinidin yang bisa membuat serat - serat daging menjadi lebih lunak, Namun proses marinasi dengan buah kiwi ini juah lebih lama di banding menggunakan buah nanas, kira - kira buttuh waktu 2 jam untuk membuat tekstur daging menjadi lebih lunak dengan buah kiwi yang sudah di hancurkan dan di lumuri di atas permukaan daging.

Membuat Daging Menjadi Lebih Cepat Empuk dengan Kulit Pisang

Mungkin kita jarang sekali dengar atau bahkan melihat cara mengempukan daging dengan membungkusnya pakai kulit pisang, tapi cara ini benar bisa bikin daging menjadi lebih empuk loh, walaupun aroma kulit pisang kurang enak jika menyerap ke dalam daging sehingga bisa merubah aroma daging menjadi beraroma pisang, bagi yang suka makan pisang mungkin aroma buah pisang di dalam daging tidak menjadi masalah, tapi apa jadinya jika soto daging yang kita masak beraroma pisang ? hmm mungkin agak unik ya citarasanya, silahkan deh di coba ya ! caranya cukup tutup permukaan daging dengan kulit pisang selama beberapa jam, maka dagingnya akan menjadi lebih empuk ketika di masak.