-->

Ayo Belajar Masak

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

BELAJAR MASAK DENGAN FASILITAS GADGET

LightBlog

Lazada Kasih Kejutan Lagi !

Cara Bikin Daging Jadi Cepat Empuk Saat di masak

MENCARI TAHU CARA MEMASAK DAGING MENJADI CEPAT EMPUK SAAT DIMASAK WALAU PUN HANYA DI MASAK SEBENTAR



Umumnya tukang masak amatiran seperti kita sering kali mengeluh ketika daging yang di masak itu kok lama sekali empuknya, padahal sudah di masak ber jam - jam masih saja terasa alot dan melawan saat di gigit ! walaupun seiring perkembangan jaman sudah ada tehnologi alat masak bernama Panci Presto yang dapat membuat daging apa pun menjadi empuk hanya dalam hitungan menit, namun alangkah repotnya jika kita mau masak sedikit saja harus mengeluarkan panci presto kita dari lemari penyimpanan alat - alat masak, belum lagi Panci Presto itu cukup berat bobotnya sehingga sering kali kita akan merasa kerepotan saat hendak mencucinya ketika selesai di pergunakan untuk memasak daging, di lain sisi tidak semua daging itu akan kita olah menjadi masakan basah atau berkuah, bagaimana jika masakan tersebut hendak kita panggang atau kita bakar ? tentu saja mempresto daging tersebut terlebih dahulu agar bisa jadi empuk bukanlah solusi yang baik, kadar air di dalam daging yang kita presto akan meningkat kerana terendam kuahnya dan kita akan kesulitan saat ingin mengolah daging tersebut menjadi bistik atau daging barbeque. 


Selain di Presto atau di Masak di dalam panci dengan Uap Tekanan Tinggi tentu saja ada banyak sekali cara membuat daging menjadi lebih empuk dan mudah di masak melalui cara - cara Tradisional, dimana tehnik mengempukan daging tersebut sudah di pergunakan oleh nenek moyang kita jauh sebelum panci presto di ciptakan selain lebih praktis, metode mengempukan daging dengan cara Tradisional tersebut tidak akan merusak nutrisi dan kadungan gizi yang terkandung di dalam daging segar. Nah berikut ada beberapa Tips dan cara mengempukan daging yang alami dan Praktis, salah satunya di bahas dalam video tutorial berikut ini :





CARA - CARA SEDERHANA MEMBUAT DAGING MENJADI CEPAT EMPUK KETIKA DI MASAK


Membuat Daging Jadi Cepat Empuk Tergantung Cara Kita Memotong Dagingnya

Artinya, daging bisa Cepat menjadi Empuk secara alami ketika di masak adalah tergantung bagaimana cara kita memotong daging tersebut.


Cara Memotong Daging Yang Baik dan Benar agar Mudah di Masak

Mungkin kita menganggap hal ini cukup sepele, kenapa memotong daging saja harus ada aturannya, tetapi kita bisa membutikannya sendiri bagaimana jika daging yang di potong atau di iris dengan baik dan benar akan membuat daging tersebut lebih cepat empuk ketika di masak di bandingkan kita memotongnya asal - asalan saja, cobalah iris / potong daging dengan cara berlawanan arah dengan serat dagingnya, tujuannya adalah mencegah dan menghambat menyatunya serat - setar daging ketika di panaskan / di masak, jika serat daging tidak menyatu, otomatis daging yang sudah kita masak itu pun tidak akan alot dan melawan saat kita gigit dan kita kunyah.

Membuat Daging Jadi Cepat Empuk dengan cara di Pukul - Pukul

Cara yang paling umum di pergunakan oleh tukang masak di restoran terkenal untuk membuat daging cepat empuk saat di masak adalah dengan cara memukul - mukul daging tersebut dengan palu berberigi baik alat pemukul yang terbuat dari besi maupun alat pemukul yang terbuat dari kayu.


Cara Memukul Daging Biar Cepat Empuk

Proses Memukul - mukul daging di atas talenan menggukana palu kayu berberigi akan membuat daging menjadi lebih soft dan tekturnya jadi lebih lunak, sehingga ketika di masak kita tidak perlu menggu lebih lama, cukup dimasak beberapa menit saja, maka daging olahan kita sudah siap di santap loh !

Alat Pemukul Dagisng atas untuk kwalitas, Harga serta Belinya di mana, bisa kita dapatkan informasinya dengan cara    --------->



Membuat Daging Jadi Lebih Cepat Empuk Saat di Masak

Tak Hanya dengan cara yang keras seperti memotong dan memukul daging tersebut, namun ada cara lainnya yang lebih bersahabat yaitu dengan cara membungkusnya pakai Daun Pepaya, Metode mengempukan Daging tersebut walau sudah populer sejak jaman dulu, tetapi sampai saat ini, metode mengempukan daging dengan cara di bungkus dengan Daun pepaya saja sudah cukup membantu dan menurunkan durasi kegiatan memasak daging yang kita lakukan, karena Zat Enzim Papain yang terkadung di dalam Daun Pepaya Segar, ternyata telah terbukti dapat di pergunakan sebagai bahan alami yang dapat membuat daging menjadi lebih cepat empuk ketika di masak.


Membuat daging Empuk dengan Daun Pepaya


Proses Pengempukan Daging dengan cara di bungkus Daun Pepaya ini termasuk aman dan alami, jika kalian mau mencobanya ikuti langkah - langkahnya sbb :

  • Siapkan beberapa helai daun Pepaya SegarKemudian cuci . bersihkan daun pepaya tersebut dari debu atau kotoran

  • Siapkan daging yang hendak di buat empuk alami

  • Taruh Daging di atas daun pepaya dan kemudian Bungkus hingga rapat

  • Diamkan di suhu ruangan selama 30 - 45  Menit, agar zat Enzim Papain membuat dagingnya menjadi empuk

  • Jika sudah waktunya, buka bungkusannya dan cuci dagingnya sebelum di masak


Membuat Daging Menjadi Cepat Empuk dengan Cara Melumuri dengan Parutan Nanas

Di dalam Buah Nanas terkadung Zat Enzim Bromelain yang jika di balurkan di atas daging segar maka akan bereaksi membuat daging menjadi lebih lembut dan lunak teksturnya sehingga ketika di masak daging tersebut akan cepat menjadi empuk, Enzim Bromelain ini  tergolong ke dalam kelompok enzim protease sulfihidril yang dapat menghidrolisis ikatan zat peptida menjadi asam amino pada kandungan protein. Metodenya hampir sama dengan zat enzim papain pada daun pepaya, dimana zat Enzim Bromelain juga bisa mengurai serat-serat daging sehingga menjadi lebih empuk saat dimasak.



Cara Empukin Daging Pakai Parutan Buah Nanas


Daging yang di marinasi dengan parutan nanas selama kurang lebih 30 menit akan menjadikan serat daging menjadi lebih empuk dan juga akan memperkaya Citarasa daging tersebut ketika di masak, sehingga cara mengempukan daging secara alami pakai parutan nanas ini akan memberikan 2 manfaat sekaligus kepada kita.


Membuat Daging Menjadi Lebih Cepat Empuk dengan Buah Kiwi

Sama Halnya dengan Buah Nanas, Ternyata Buah Kiwi juga mengandung zat Enzim yang mampu membuat daging menjadi cepat empuk saat di masak, Zat Enzim yang terkandung di dalam buah kiwi tersebut bernama Enzim Actinidin yang bisa membuat serat - serat daging menjadi lebih lunak, Namun proses marinasi dengan buah kiwi ini juah lebih lama di banding menggunakan buah nanas, kira - kira buttuh waktu 2 jam untuk membuat tekstur daging menjadi lebih lunak dengan buah kiwi yang sudah di hancurkan dan di lumuri di atas permukaan daging.

Membuat Daging Menjadi Lebih Cepat Empuk dengan Kulit Pisang

Mungkin kita jarang sekali dengar atau bahkan melihat cara mengempukan daging dengan membungkusnya pakai kulit pisang, tapi cara ini benar bisa bikin daging menjadi lebih empuk loh, walaupun aroma kulit pisang kurang enak jika menyerap ke dalam daging sehingga bisa merubah aroma daging menjadi beraroma pisang, bagi yang suka makan pisang mungkin aroma buah pisang di dalam daging tidak menjadi masalah, tapi apa jadinya jika soto daging yang kita masak beraroma pisang ? hmm mungkin agak unik ya citarasanya, silahkan deh di coba ya ! caranya cukup tutup permukaan daging dengan kulit pisang selama beberapa jam, maka dagingnya akan menjadi lebih empuk ketika di masak.

Langkah - langkah membuat Hotteok 호떡 yang rasanya asli koreai dan enak

MENCARI TAHU CARA MEMBUAT CEMILAN ATAU KUE HOTTEOK 호떡 KOREAN SWEET PANCAKE YANG RASANYA ASLI KOREA SELATAN


Hotteok 호떡 adalah salah satu kue atau jajanan khas di korea selatan, Cemilan dengan aroma khas pancake dan rasa slai atau pasta kacang ini sangatlah terkenal saat ini hingga ke seluruh pelosok dunia, khususnya bagi masyarakat di indonesia Hotteok menjadi terkenal di sini karena pengaruh dari adegan - adegan Romantis di dalam Drama Korea yang menampilkan Cemilan Hotteok 호떡 ini, tampaknya sangat lezat dan mereka benar - benar manikmati cemilan tersebut, hmmm apakah kalian jadi penasaran dengan citarasa kue Hotteok 호떡 ini ? Proses pembuatan Hotteok adalah di goreng dengan minyak sedikit atau dengan mentega di atas pan / wajan panas, sama persis ketika kita membuat pancake,tetapi yang istimewa dari kue Hotteok 호떡 adalah rasa pasta kacangnya dengan paduan komposisi Bahan Brown Sugar ( Gula Palem ) Cinnamon ( Kulit Kayu Manis ) Madu ( Honey ) dan Peanuts seperti Pine Nuts ( Kacang Pinus ) atau kacang kenari, atau kacang tanah, yang aromanya berpadu dengan citarasa dan tekstur kulit pancakenya, bagi pecinta makanan atau cemilan manis, maka kue atau panekuk Hotteok 호떡 ini pasti cocok dengan selera dan lidah kalian.

Bagi kalian yang belum pernah cobain Hotteok 호떡 maka tidak ada salahnya jika kalian sekarang coba bikin sendiri kue ini, gampang sekali dan gak pakai ribet kok bikinnya, atau jika hanya penasaran dengan citarasanya kalian bisa beli Hotteok 호떡 yang Frozen Instant kok di toko - toko online, tapi pastinya rasanya tidak seenak jika kalian bikin sendiri loh, kalau bikin sendirikan rasanya dan teksturnya lebih fresh. Gimana ? mau coba bikin sendiri Hotteoknya ? yuk simak panduan serta Resep Hotteok 호떡 original khas korea selatan di bawah ini :

Bahan - bahan untuk bikin Panekuk Hotteok 호떡  Asli Korea yang Enak

  • 600 grram Tepung Terigu Protein Tinggi ( Terigu Cakra Kembar )
  • 200 gram Tepung Ketan Putih 
  • 1/2 sdm Garam Halus
  • 1,5 sdm gula Putih
  • 1 sdt ragi roti / Fermipan
  • 1,5 sdm minyak sayur ( Bisa di ganti dengan Mentega / Margarine )
  • 450 ml air
  • 100 gram plam sugar / gula palem
  • 3 sdm mad
  • 1/2 sdm bubuk kayu manis150 gram Kacang  tanah yang sudah di sangrai, bisa di ganti dengan kacang mede atau kacang kenari  ( aslinya pakai Pine Nuts / kacang Pinus )

APA ITU PINE NUTS / KACANG PINUS

Pine Nuts adalah Kacang yang di ambil dari Buah Pohon Pinus / Pohon Cemara, Kacang pinus merupakan Biji dari buah pohon pinus yang dapat dimakan rasanya mirip kacang kenari namun tetap ada wangi cemaranya, aromanya memang cukup unik dan jika kacang pinus ini berpadu dengan rasa manis maka citarasanya menjadi semakin unik dan lezat, mau cobain gimana rasanya Kacang Pinus, Beli online aja, banyak kok yang jual, kacang pinus ini adalah produk dari negara - negara 4 musim seperti Korea Selatan, amerika dan china. Seperti di bawah ini kemasan produknya !


Contoh Kacang Buah Pinus / Pine Nuts


Bahan - bahan di atas untuk kwalitas, Harga serta Belinya di mana, sebagian besar bisa kita dapatkan informasinya dengan cara    --------->





Kacang Pinus atau / Pine Nuts Termasuk kacang - kacangan yang kaya dengan Nutrisi dan Vitamin, berikut ini Uraiannya !

Kandungan Gizi Kacang Pinus / Pine Nuts dalam Jumlah Per 100 gram

  • Kalori (kcal) 673
  • Jumlah Lemak 68 g   
  • Lemak jenuh 4,9 g   
  • Lemak tak jenuh ganda 34 g   
  • Lemak tak jenuh tunggal 19 g   
  • Kolesterol 0 mg   
  • Natrium 2 mg   
  • Kalium 597 mg   
  • Jumlah Karbohidrat 13 g   
  • Serat pangan 3,7 g   
  • Gula 3,6 g   
  • Protein 14 g   
  • Vitamin A    29 IU   
  • Vitamin C    0,8 mg
  • Vitamin D    0 IU   
  • Vitamin B6    0,1 mg
  • Vitamin B12    0 µg   
  • Magnesium    251 mg
  • Kalsium    16 mg    Zat
  • besi    5,5 mg



Proses dan Cara Bikin Hotteok 호떡 Korean Sweet Pancake Yang Enak

  1. Langkah Pertama Kita campur 100 ml air hangat dengan  ragi instant / Fermipan, kemudian aduk sampai rata dan selanjutnya  tutup dengan plastik wrap, diamkan selama 10 menit

  2. Ayak tepung terigu dan tepung ketan, kemudian sisihkan.

  3. Masukkan gula, garam, minyak / mentega cair kedalam wadah dan masukan tepung yang sudah di ayak tadi

  4. Tuang sisa air dan ragi kedalamnya dan Uleni hingga membentuk adonan, tidak perlu sampai kalis Kemudian Tutup dengan Plastik Wrap dan diamkan selama 1 jam sampai adonan mengembang.

  5. Langkah Selanjutnya kita siapkan isian Hotteoknya yaitu kita cincang kasar kacang dan campurkan dengan plam sugar / gula palem, bubuk kayumanis dan madu, kemudian kita aduk lagi sampai merata.

  6. Setelah adonan mengembang, kempiskan dan bagi jadi berapa bagian atau sesui selera.

  7. Pipihkan adonan dan isi dengan isian, lalu bulatkan lagi. Pastikan kulit adonan rapat dan tidak terlalu tipis.

  8. Langkah berikutnya Panaskan Wajan Teflon dengan Api Kecil saja dan beri 2-3 sdm minyak atau 1 sdm mentega kemudian masukkan adonan hotteok, lalu tekan perlahan sampai tampak gepeng / pipih, dan biarkan  hingga kecoklatan sambil di bolak balik agar kematangan kulit Hotteoknya merata.

Setalah Matang Segra Sajikan Hotteok 호떡 buatan kalian selagi hangat ya ! Karena Panekuk Hotteok itu enaknya di makan selagi panas / hangat seperti di dalam adegan drama korea itu loh ! Selamat Menikmati dan jangan lupa bagi - bagi tetangga ya !


--->  SELANJUTNYA ->
Cara Bikin Fresh Korean Tteokbokki yang Enak rasanya

MENCARI TAHU GIMANA CARA BIKIN FRESH TTEOKBOKKI YANG BUMBUNYA ASLI MIRIP DI DALAM FILM / DRAMA KOREA


Kalau kalian pecinta Film / Drama Korea, pasti tidak asing lagi dengan makanan yang bernama Korean Tteokbokki ini, Makanan ini sekarang sudah pupuler hingga ke seluruh pelosok dunia khususnya di Indonesia kita bisa jumpai dengan mudah penjual Fresh Korean Tteokbokki baik di mall atau di gerobak pinggir jalan yang mirip dengan negara asalnya Korea Selatan. Walaupun demikian populernya makanan khas asal korea selatan tersebut, tapi mungkin saja ada di antara kita yang bahkan belum tahu Tteokbokki itu sebenarnya makanan seperti apa ? bagaimana sih rasanya
Fresh Korean Tteokbokki yang katanya enak banget itu ? apa saja Bahan -bahannya untuk membuat Fresh Korean Tteokbokki dan yang banyak di pertanyakan apakah Korean Tteokbokki itu termasuk Hallal Foods ? Yuk kita bahas semua pertanyaan itu sekarang !


APA ITU TTEOKBOKKI ?

Seperti Namanya, 떡볶이 di baca tteogbokk-i adalah makanan yang terbuat dari Tepung beras, perlu kita ketahui bahwa Tteokbokki 떡볶이 yang asli asal mulanya dari makanan atau kue yang bernama Tteok atau lengkapnya bernama garaetteok yaitu kue khas korea yang bentuknya panjang - panjang dan rasanya asin
garaetteok ini umumnya dibuat dengan bahan dasar campuran tepung beras dengan tepung ketan, contoh kue Tteok adalah seperti ini ( Lihat gambar di bawah )



Contoh Kue Tteok Asli Khas Korea

 
Kue Tteok ini ada juga yang rasanya manis dengan di tambahkan berbagai macam warna agar lebih cantik dan menggugah selera, kalau kalian mau lihat bentuk atau gambarnya, bisa mencarinya dengan cara googling, namun yang akan kita bahas selanjutnya di sini adalah bagaimana caranya bikin sendiri Kue Tteok Asin Sebagai Bahan untuk bikin Tteokbokki, kemudian kita akan cari tahu apa saja sih bahan - bahannya, sehingga kita bisa gunakan kue Tteok ini sebagai bahan dasar untuk membuat hindangan khas korea yang lagi populer yaitu Tteokbokki 떡볶이  dan cara bikinnya kalian bisa ikuti panduan Resep di bawah ini :




 

CARA BIKIN TTEOK SENDIRI BAHAN DASAR UNTUK MEMBUAT TTEOKBOKKI 떡볶이

Bahan - Bahan yang di Butuhkan Untuk Membuat TTeok

  • 200 gr tepung beras berkwalitas
  • 100 gr tepung ketan berkwalitas
  • 1/2 sdt garam
  • 120 ml air panas
  • 2 sdm minyak wijen ( bisa juga diganti dengan minyak sayur )


Proses dan Cara Membuat Tteok / Garaetteok Yang Lembut

  1. Campurkan Bahan di atas dan aduk rata bahan tepung, air dengan garam 

  2. Kemudian Uleni hingga merata.

  3. Siapkan kukusan. Tempatkan pada wadah dan tutup dengan kain atau plastic wrap agar saat dikukus, air tidak menetes di adonan.

  4. Kukus kurang lebih 25 - 30 menit.

  5. Setelah Matang, kemudian Keluarkan adonan dan pukul-pukul hingga halus dengan ulekan atau roll kayu.

  6. Semakin lama adonan tersebut dipukul maka akan semakin kenyal dan lembut.

  7. Setelah halus baru kita bentuk adonan tersebut panjang - panjang

  8. dan kemudian kita bisa potong berbentuk silinder seperti di gambar.

  9. Kue beras korea garaetteok siap sajikan dan siap digunakan sebagai bahan untuk membuat hindangan Teokbokki

Nah, sekarang kita sudah bisa bikin sendiri Tteok / garaetteok, tampak mudah dan pratis ya, selanjutnya kita bisa masuk ke tahap untuk membuat masakan yang bernama Tteokbokki khas asli Korea yang lagi pupuler itu dengan panduan Resep dan cara membuat berikut ini :

Bahan – Bahan Untuk Bikin Tteokbokki Asli Korea

    100 gram kue tteok / garaetteok ( bisa beli jadi atau buat sendiri dengan cara di atas )
    Beberapa Batang Sosis Sapi ( sesuai selera )
    Beberapa Potong Eomuk ( Bisa diganti dengan otak – otak  )
    Keju Mozzarella Parut
    500 ml air
    4 sdm bubuk cabe
    2 sdm gochujang
    1 sdm kecap asin
    2 sdm gula
    1 sdt merica
    2 sdt bubuk kare
    1 sdt kaldu bubuk


Bahan Untuk Bikin TTeokbokki asli korea


Bahan - bahan di atas untuk kwalitas, Harga serta Belinya di mana, sebagian besar bisa kita dapatkan informasinya dengan cara    --------->




Keterangan Bahan :

Eomuk adalah Campuran Tepung dan Daging ikan yang di beri bumbu dan di kukus, kalau di indonesia namanya Otak – Otak

Gochujang adalah pasta cabai untuk masakan Korea yang bahan utamanya adalah campuran beras ketan dan bubuk cabai yang difermentasi  ( bisa buat sendiri atau beli yang sudah jadi di supermarket )



Apa Itu Gochujang dan Gimana Cara Buatnya

PROSES DAN CARA MEMASAK TTEOKBOKKI 떡볶이

  1. Langkah Pertama Potong Sosis dan otak – otak  sesuai seler masing - masing.

  2. Cukup Keluarkan Tteok / garaetteok dari kulkas jika kita buat sendiri, kalau kita pakai Tteok instant keras yang sudah jadi sebaiknya rendam terlebih dahulu dengan air panas selama 5 - 10 menit agar lebih lentur dan lembut, kemudian tiriskan

  3. Jika Tteok masih berbentuk panjang, bisa kita potong – potong berbentuk silinder seperi iriasan sosis

  4. Kemudian Tuangkan air kedalam wajan dan masukan semua bumbu kemudian aduk hingga merata

  5. Tes rasa dan koreksi rasa sampai benar – benar pas bumbunya dengan selera kita masing - masing

  6. Saat bumbu mulai mendidih, masukan potongan tteok, sosis dan otak otak, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur dengan bumbu saus nya.

  7. Masak dengan api sedang hingga tekstur kuah mulai agak mengental

  8. Setelah itu masukan parutan keju mozzarella dan tutup wajan, kemudian  tunggu 2-3menit.

  9. Selanjutnya buka tutup wajan, matikan api kompor dan segera sajikan Tteokbokki Asli Korea buatan kalian selagi masih panas ya.

APA ITU BUMBU GOCHUJANG 고추장


Gochujang 고추장 adalah cabai yang di fregmentasi dengan campuran tepung ketan dan madu serta bumbu dapur lainnya, Gochujang berasal dari kata gochu 고추 yang artinya cabai dan jang yang artinya bumbu – jadi Gochujang 고추장 adalah Bumbu Cabai Khas Korea. Walaupun pada dasarnya Bahan baku dan resep gochujang itu agak berbeda-beda menurut zaman dan daerahnya di korea,  dulunya Gochujang 고추장  di buat dari campuran berbagai jenis tepung seperti tepung kedelai, tepug gandum, Bubuk cabai, garam dapur, dan kecap asin dan dimatangkan dengan cara proses  fermentasi, tetapi Gochujang 고추장 jaman sekarang yang asli dari Korea untuk bumbu dasar Tteokbokki salah satunya adalah seperti resep berikut ini :


Bumbu Cabai Gochujang 고추장 Asli Korea

Bahan - Bahan Untuk membuat Bumbu Gochujang 고추장 Asli Korea

  •  3.5 Liter air ( untuk dituangkan sebagian – sebagian )
  •  150 gram tepung beras ketan
  •  750 ml Madu
  •  200 gram garam kasar, sangrai ( harus yang kasar agar awet lama )
  •  750 gram Bubuk Cabe, di giling dari cabe yang sudah di Sangrai
  •  500 gram Tempe Untuk Membantu Proses Fregmentasinya

Proses Pembuatan Bumbu Cabai Gochujang 고추장 Asli Korea

  1. Iris Potongan tempe tipis – tipis dan sangrai hingga kering

  2. Kemudian Blender sampai halus dan ayak

  3. Sisa Ayakan yang kasar di blender lagi, dan ulangi terus hingga bahan tempenya habis

  4. Tuang air dan tepung ketan, masak hingga mengental dan pastikan tidak ada yang menggumpal. Tekstur adonan yang benar adalah Slime atau seperti adonan roti  / Pekat dan sangat kental cara memperoleh tekstur seperti ini dengan memperhatikan proses penuangan airnya secara  bertahap ya

  5. Selanjutnya Tuang adonan ketan kedalam baskom dan kemudian tuangkan madu, kemudian Aduk sampai rata.

  6. Langkah berikutnya adalah memasukan bubuk cabai, dan memasukan tepung tempe kemudian aduk lagi sampai merata

  7. Selanjutnya Masukan Garam Kasar dan aduk lagi hingga merata, setelah di masukan tepung dan garam teksturnya akan menjadi lebih pekat dan kental dan jika diaduk akan terasa lebih berat dari sebelumnya

  8. Langkah Berikutnya sediakan  Toples Kaca yang sudah di bersih dan tentunya harus sudah steril.

  9. Masukan adonan tersebut ke dalam toples dan kemudian taburi lagi dengan garam kasar kemudian tutup rapat – rapat.



    Bumbu Cabai Gochujang 고추장 Asli Korea


  10. Selanjutnya Jemur toples berisi adonan tersebut di tempat terbuka,  yang terkena sinar matahari langsung selama 3 hari berturut – turut.

  11. Nah Setelah 3 hari, bumbu Gochujang 고추장 Asli Korea buatan kita sudah siap dipakai untuk memesak Tteokbokki yang enak

  12. Sisanya bisa kita simpan di dalam kulkas, Gochujang 고추장 Asli Korea buatan kita ini bisa tahan sampai 1 tahun didalam kulkas loh, tapiselama wadahnya steril ya dan isinya juga kering  / tidak terkena air.

  13. Semakin lama warna Gochujang 고추장 Asli Korea yang kita simpan tadi warnanya akan berubah menjadi lebih gelap, Ini karena terjadi fermentasi, dan semakin gelap akan semakin enak loh ! hmmm lezatnya … yuk cobain !

--->  SELANJUTNYA ->
Apa Itu Bumbu Spekuk - Spekoek

MENCARI TAHU APA ITU BUMBU SPEKUK / SPEKOEK DAN APA SAJA KEGUNAANYA SERTA CARA MEMBUAT BUMBU SPEKUK SENDIRI UNTUK BIKIN KUE LAPIS LEGIT



Bagi Pecinta Kue Lapis Legit pasti sudah tidak asing lagi dengan Aroma Khas Bumbu Spekuk / Spekoek, namun mungkin anda masih terasa asing dengan sebutan nama Bumbu spekuk ini, apa sih sebenarnya Bumbu Spekoek atau biasa di eja spekuk ini ? dan terbuat dari bahan - bahan apa saja bumbu spekuk tersebut ? nanti kita akan bahas dengan jelas di artikel ini Sebelumnya yang perlu kita ketahui tentang asal mula Bumbu Spekoek / Spekuk ini, dari namanya saja kita sudah bisa menduga bahwa bumbu ini termasuk bumbu masak yang sepuh atau cukup tua keberaadaanya di indonesia, terlebih jika kita telusuri sejarah dari asal mula di temukannya bumbu spekoek tersebut, sudah jelas bumbu spekkoek ini bernuansa jaman kolonial Selain Kue Lapis Legit yang sering kita jumpai di toko - toko kue, ternyata di jaman tersebut Bumbu Spekuk ini juga di pergunakan untuk campuran citarasa berbagai macam kue khas jaman kolonial beberapa di antaranya adalah ontbijtkoek speculaas dan Roti Gambang yaitu Roti yang bentuknya mirip penganjal Rel kereta, pada jaman itu penggunaan Rempah - rempah khas nusantara seperti Cengkeh, Biji Pala, Kayu Manis dan Kapulaga sangatlah umum di campurkan ke dalam aneka macam kue, namun pada dasarnya masyarakat asli indonesia pada jaman itu tidak mengenal makanan yang namanya kue dan roti, makanan yang bernama kue dan roti itu adalah makanan orang - orang eropa yang di perkenalkan di indonesia pada jaman kolonial, sehingga seiring dengan perjalanan waktu dan perkembangan jaman, maka aneka jenis roti dan kue jaman kolonial kembali populer di jaman sekarang salah satunya adalah Kue Lapis Legit yang Mantap Rasanya.

PERBEDAAN RASA KUE LAPIS LEGIT JAMANAN DULU DENGAN JAMAN SEKARANG !

Kue Lapis Legit Jaman Dulu apalagi ketika jaman kolonial kenapa rasanya lebih mantap dan lebih legit, salah satu penyebabnya adalah kwalitas bahan yang di pergunakan, pada umumnya Kue – kue di jaman kolonial menggunkan mentega jenis butter sebagai bahan pelembut kue mereka. Sementara di masyarakat indonesia jaman sekarang lebih memilih margarin instant yang banyak di jual di warung, jika kita bandingkan tentu saja  citra rasa yang dihasilkan oleh Butter dan margarin pastinya juga akan sangat berbeda. Butter yang berbahan dasar susu pastinya akan memiliki rasa lebih gurih dan harum dibandingkan dengan margarin yang berasal dari minyak tumbuh-tumbuhan, selain itu butter juga mempunyai aroma lemak yang lebih kuat di bandingkan dengan margarin. ok cukup kita gak akan bahas tentang Butter dan Margarin di sini, ini hanya sekedar gambaran saja, selanjutnya kita akan bahas apa sih sebenarnya Bumbu Spekuk / Boembu Spekkoek itu ?

BUMBU SPEKUK / BOEMBO SPEKKOEK ADALAH

Bumbu Spekuk adalah campuran / racikan rempah - rempah kering yang di haluskan dan di campur menjadi satu, rempah - rempah tersebut meliputi, Kayu Manis bubuk, Cengkeh Bubuk, Biji Pala bubuk, dan Kapulaga bubuk yang di racik menjadi satu sehingga menjadi nama Bumbu Spekkoek, lalu bagaimana dengan takaran atau komposisi bahannya ? berapa perbandingan bahan - bahannya ? untuk menjawab pertanyaan tersebut kita akan coba uraikan komposisi bahan Bumbu Spekuk secara lebih terperinci sehingga kita semua bisa meraciknya sendiri di rumah jika nanti ingin membuat kue Lapis Legit.
.

Resep Bumbu Spekuk / Spekoek Lengkap

Resep Bumbu Spekuk / Spekoek Buatan Sendiri di Rumah

Bahan Rempah Yang Di perlukan Untuk Membuat Racikan Bumbu Spekoek / Spekuk

  •     10 Butir kapulaga Kering dan ambil isinya saja
  •     10 Butir cengkeh Kering
  •     10 batang kayu manis kira kira seukuran jari kelingking
  •     2 Butir Biji Pala Kering

Catatan : Untuk Bahan Kayu Manis, Sebelum di Giling Sebaiknya di pecah - pecahkan terlebih dahulu dan bersihkan kotoran yang ada di bagian tengahnya, jika terlalu kotor sebaiknya di cuci dengan air bersih dan di jemur kembali sampai kering baru bisa kita gunakan.



Bahan - bahan di atas untuk kwalitas, Harga serta Belinya di mana, sebagian besar bisa kita dapatkan informasinya dengan cara    --------->




Cara / Proses Membuat Bumbu Spekuk / Spekoek Sendiri Untuk Bikin Kue Lapis Legit

  1. Panggang Semua Bahan Rempah Selama 5  - 10 menit dengan suhu 150 celcius – Jangan sampai gosong

  2. Kemudian dinginkan dan segera di blender / digiling sampai halus

  3. Saring dengan saringan atau ayakan tepung yang halus

  4. Sisa bahan saringan yang masih kasar kemudian di giling lagi sampai halus dan di ayak, begitu seterusnya sampai habis.

  5. Simpan bubuk bumbu spekoek / spekuk di wadah atau toples yang kedap udara, jika di simpan dengan baik, bumbu spekuk tersebut bisa awet sampai beberapa bulan ke depan tergantung juga kwalitas bahan dan kadar kekeringan bahan - bahannya, jika lembab maka bumbu spekoek ini akan cepat rusak dan berjamur.




Contoh Kue - kue Yang Menggunakan Bumbu Spekoek / spekuk sebagai penguat citarasa

1. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit atau di jaman dulu di sebut Kue Spekkoek adalah kue Premium yang cukup mahal harganya, mengingat bahan - bahan dasar yang di pergunakan cukup mahal salah satunya kuning telur yang cukup banyak dan butter atau Rumbutter yang enak. selain bahannya yang mahal, tingkat kesulitan atau tingkat kerepotan proses membuat kue lapis legit ini yang ikut mendongkrak harga kue lapis legit ini, Namun jika kita bisa membuatnya sendiri kemungkinan masih cukup terjangkau dan sebanding dengan rasanya dan tentunya akan jadi lebih hemat.


Cara Bikin Kue Lapis Legit Aroma Asli Bumbu Spekuk


Bahan – Bahan Utama Untuk Membuat Kue Lapis Legit Spekkoek Spesial

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 1/2 sendok makan susu kental manis
  • 8 butir telur
  • 1 sendok makan emulsifier
  • 40 gram susu bubuk
  • 200 gram Butter
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh esens vanila
  • 1/2 sendok teh baking powder

Bahan – Bahan Untuk Taburan / Topping Kue Lapis Legit

  • 1 sendok makan bumbu spekuk
  • 1/2 sendok makan cokelat bubuk

Proses dan Cara Bikin Kue Lapis Legit Spekoek Asli

  1. Langkah pertama kali yang harus kita lakukan adalah menyiapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat adonan

  2. Kemudian masukan Butter  yang sudah kita siapkan ke dalam wadah tersebut.

  3. Lalu Kocoklah butter sampai lembut.

  4. Setelah itu baru kita tambahkan susu kental manis ke dalamnya.

  5. Kemudian Kocok – kocok lagi sampai adonan semuanya merata

  6. sisihkan adonan terlebih dahulu, di sebuah wadah yang terpisah

  7. Selanjutnya kita bisa campurkan gula pasir, telur dan emulsifier.

  8. Kemudian kita kocok kembali campuran bahannya  sampai mengembang.

  9. Setelah mengembang baru kita tambahkan susu bubuk, baking powder dan tepung terigu sambil diayak ya lalu jangan lupa diaduk-aduk sampai rata.

  10. Selanjutnya, tambahkan esens vanila dan aduk kembali sampai rata.

  11. Terkahir Tuangkan adonan ini sedikit demi sedikit ke dalam kocokan mentega sambil anda aduk-aduk dengan perlahan sampai merata.

  12. Selanjutnya Siapkan loyang berukuran 20 x 20 x 7 cm

  13. Kemudian olesi loyang tersebut dengan menggunakan minyak atau margarin secukupnya.
     
  14. Jangan Lupa alasi loyang tersebut dengan menggunakan kertas roti.

  15. Langkah Berikutnya ambil adonan dan tuangkan sebanyak 75 gram ke dalam loyang, lalu ratakan.

  16. Dan langkah selanjutnya kemudian segera ambil bahan taburan yang sebelumnya sudah siapkan serta di campur rata.

  17. Kemudian ayak tipis bahan taburan tersebut di atas adonannya panggang dengan api atas selama kurang lebih 5 menit di atas api sedang.

  18. Setelah itu tuangkan kembali adonan sebanyak 75 gram. Lalu ayak tipis lagi bahan taburan di atasnya dan oven lagi selama 5 menit / sampai matang.

  19. Lakukan langkah yang sama hingga adonan habis.

  20. Setelah adonan habis, panggang / oven kue lapis legit tersebut dengan api atas dan bawah selama kurang lebih 10 - 15 menit atau sampai kue benar-benar matang.

  21. Apabila sudah matang, kita bisa langsung mengeluarkannya dari oven panggangan.

  22. Tunggu beberapa saat sampai kue dingin, setelah itu kita bisa langsung memotong-motongnya.

  23. Ambil tempat atau piring saji, sajikan kue ini di atas tempat saji dan hidangkan kepada keluarga tercinta.

2. Roti Gambang Aroma Bumbu Spekuk / Spekoek 

Roti Gambang adalah roti yang cukup lama keberadaannya di indonesia, roti berwarna coklat dengan citarasa yang legit dan harum aroma rempah ini di bawa oleh pemerintahan kolonial dari negeri Belanda ( Holand ) dan beradaptasi dengan rempah - rempah lokal masyaratkan indonesia, di sebut roti gambang karena bentuknya yang mirip alat musik gambang bahkan di pada jamannya roti gambang ini lebih di kenal dengan nama kue bantalan rel kereta api, mungkin karena warna dan bentuknya yang mirip bantalan rel, terlepas dari namanya yang aneh - aneh, ternyata roti gambang ini masih tetap ada sampai hari ini bahkan di jual oleh toko roti - toko roti ternama di seluruh dunia khususnya di indonesia, gimana masih kangen dengan roti gambang yang jadul ini ? Yuk kita buat aja sendiri di rumah dengan panduan resep berikut ini :


Cara Bikin Roti Gambang Jaman Dulu

Bahan – Bahan Utama Untuk Membuat Kue Roti Gambang Jaman Dulu Yang Enak

  • 200 gram tepung terigu cakra
  • 100 grm tepung terigu segitiga
  • 1 sdt bubuk spekoek/bisa ditambahkan lebih banyak ingin lebih terasa aroma rempahnya
  • 30 grm butter
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1 sdm susu bubuk
  • 150 grm gula merah (bisa pakai gula aren)
  • 160 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • beberapa tetes pewarna coklat ( boleh tidak di pakai )
  • Air masak
  • Wijen Secukupnya Untuk Topping

Cara Bikin Roti Gambang Aroma Bumbu Spekuk / Spekoek

  1. Langkah Pertaman  kita akan buat bahan Gila Cairnya terlebih dahulu, caranya kita masak air gula merah dan gula pasir sampai airnya mengental ( hingga tersisa150 ml ).

  2. Sisihkan gula cair yang sudah mengental dan biarkan dingin.

  3. setelah dingin tambahkah pewarna makanan berwarna coklat dan aduk rata ( Boleh Tidak Pakai Pewarna )

  4. Campur semua bahan dan aduk sambil masukkan bahan gula cairnya dan uleni sebentar sampai tercampur rata saja. ( sampai adonan terasa agak lengket ditangan.

  5. Tutup dengan plastik wrap dan masukan ke dalam kulkas selama 30 menit ( sampai adonannya tidak lengket lagi )

  6. Bagi adonannya menjadi 2 bagian atau sesuai selera beratnya kira – kira 50 gram dan kemudian bentuklah agak panjang dan lonjong. Kemudian bagian atas agak ditekan sedikit.

  7. Langkah selanjutnya taruh adonan tersebut di atas loyang yang sudah dialas kertas roti / kertas baking

  8. Kemudian oles bagian atasnya dengan air dan taburi dengan wijen.

  9. Panggang dalam oven dengan suhu 160'c selama 25 menit ( oven harus sudah dipanaskan terlebih dahulu )

  10. Keluarkan dari dalam Oven dan Bisa Langsung Sajikan Kepada Keluarga Tercinta

3. Kue Kering Jaman Kolonial Aroma Bumbu Spekuk / Spekoek

Masih Ingat dengan Aroma Khas Kue Kering Jaman Belanda, mungkin ada yang belum lahir waktu itu atau bahkan sudah lupa dengan citarasa bangsawan dari kue kering ini, bahkan di jaman sekarang pun sudah sangat jarang yang jual biskuit atau kue kering dengan citarasa Bumbu spekuk ini, rasanya legit dan harum rempah, bikin badan terasa hangat dan juga jadi lebih bersemangat setelah makan kue tersebut, gimana ? apakah kalian penasaran dengan citarasanya ? o ia kalau cetakan kuenya masih banyak loh yang jual di toko - toko perlengkapan membuat kue atau di toko - toko online. Yuk kita bikin kue nya sekarang dengan panduan resep di bawah ini :


Cara Bikin Biskuit Bumbu Spekkoek Jaman Belanda

Bahan – Bahan Untuk Membuat Kue Kering Jaman Kolonial Belanda Yang Lezat

  • 275 gram tepung terigu ( gunakan terigu protein rendah )
  • 2 butir telur ( ambil kuningnya saja )
  •  ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh bubuk bumbu spekuk / spekoek
  • 25 gram tepung maizena
  • 100 gram gula tepung
  • 175 gram margarine  ( kalau ada budget lebih bisa pakai butter )
  • 25 gram susu bubuk
  • Untuk Isiannya : Bisa Pakai 100 Gram Kenari atau bisa juga pakai daging buah kurma
  • Untuk Olesan Toping : 2 butir telur, gunakan kuningnya  dan 1 sendok makan susu putih cair
  • Untuk  Taburan Toping : 15 gram wijen sangrai

Proses dan Cara Bikin Kue Kering Bumbu Spekuk / Spekoek

  1. Masukan margarine dan juga gula tepung ke dalam sebuah wadah yang sama

  2. kemudian anda kocok dan aduk dua bahan tadi selama kurang lebih 2 menit sampai kedua bahan tadi merata dengan sempurna.

  3. Jika bahannya  sudah cukup tercampur dengan sempurna, maka kemudian lanjutkan dengan memasukan kuning telur ke dalam adonan tersebut, lalu anda kocok hingga rata.

  4. Berikutnya masukan juga tepung terigu dan beberapa bahan lainnya, seperti tepung maizena, baking powder, susu bubuk dan bumbu spekoek ke dalam adonan tersebut sambil diayak.

  5. kemudian aduk hingga benar-benar merata dan tercampur dengan sempurna.

  6. Setelah adonan tersebut jadi, maka kemudian kita bisa membagi menjadi 2 bagian adonan

  7. Giling kedua bagian adonan tersebut hingga berbentuk tipis dan berukuran sama.

  8. Setelah itu ambillah salah satu bagian adonan yang telah kita giling tipis tersebut

  9. kemudian kita bisa campurkan isian di atasnya secara merata.

  10. Setelah cukup mencampurkan bahan isiannya di bagian atas dari adonan tersebut, maka kita bisa melanjutkan untuk menutupnya dengan adonan yang sudah digiling tipis lainnya.

  11. Ambil cetakan kue kemudian kita bisa potong-potong dan bentuk sesuai dengan cetakan tersebut

  12. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarine, lalu anda lanjutkan dengan meletakan adonan tersebut di atas loyang tersebut.

  13. Kemudian masukan ke dalam oven panggang panggang kue tersebut selama kurang lebih 20 - 25 menit atau sampai matang, dengan suhunya 140 derajat.

  14. Ketika kue dalam kondisi setengah matang, kita bisa ambil terlebih dahulu kue tersebut dari dalam oven, kemudian anda oleskan campuran bahan olesan yang dilanjutkan dengan memberikan bahan taburan berupa wijen yang telah disangrai.

  15. Masukan kembali kue tersebut ke dalam oven, panggang selama kurang lebih 15 menit hingga benar-benar matang.

  16. Angkat kue keringnya yang sudah matang dan kemudian dinginkan sebentar sebelum kita masukan ke dalam toples.

Nah, Gimana, sekarang udah tahu kan apa itu Bumbu Spekuk / Spekoek dan kegunaanya untuk bikin kue - kue legendaris yang enak, Masih banyak loh resep kue - kue dengan bumbu spekoek jaman dulu yang enak - enak !



--->  SELANJUTNYA ->
Peta Situs Ayo Belajar Masak

Ini adalah Peta Situs kami Untuk Blog Ayo Belajar Masak, Peta Situs / Sitemap ini dapat anda gunakan untuk mengexplore seluruh informasi artikel yang tersaji di dalam Blog Ayo Belajar Masak, Semoga dengan adanya Peta Situs ini akan dapat membantu anda mencari informasi bermanfaat lainnya yang sedang anda butuhkan, selamat berselancar di Blog Kami.

Loading...
Bentuk daun Salam

MENCARI MANFAAT DAUN SALAM UNTUK MEMASAK


Jika kita suka mencicipi Masakan Khas Nusantara Maka Aroma dan bentuk Daun Salam ini Bukanlah sesuatu hal yang baru bagi anda, Namun pada kenyataannya di jaman moderen saat ini, kegunaan daun salam di dalam menciptakan masakan khas Nusantara yang Lezat itu sudah pelahan - lahan mulai di lupakan oleh generasi yang di sebut generasi jaman now. Jika kita melihat beberapa puluh tahun ke belakang, Daun salam ini begitu populer di kalangan ibu - ibu rumah tangga yang hampir sebagian besar pandai meracik masakan khas nusantara yang lezat - lezat. Nah Bagi kalian yang belum tahu apa itu Daun Salam, maka artikel ini akan menjelasakannya kepada kalian mengenai apa itu Daun salam dan apa saja kegunaannya untuk menciptakan masakan - masakan yang lezat. Memang secara sepintas daun salam hanyalah tampak seperti daun biasa pada umumnya, tetapi jika sudah dipadukan dengan aneka bumbu khas nusantara maka aroma daun salam ini akan muncul berbaur dengan bumbu - bumbu lainnya sehingga terciptalah aroma masakan yang lezat serta menggugah selera makan kita.

Bagi anda yang tinggal di perkotaan mungkin agak sulit menemukan Daun Salam Segar, karena tanaman atau Pohon Daun Salam ini jarang sekali kita jumpai di area perkotaan, sekalipun dapat kita temukan daunnya sudah tidak lagi segar karena sudah di petik beberapa hari yang lalu dan di bawa ke kota untuk di jual di pasar - pasar tradisional maupun pasar moderen, Tetapi walaupun Daun Salamnya sudah tampak layu atau tidak segar, bukan berarti daun salam tersebut tidak bisa di gunakan untuk memasak masakan enak, karena aroma khas daun salam tidak di tentukan daun salam tersebut masih segar atau sudah layu, bahkan di supermarket biasanya di tersedia Daun Salam yang sudah di keringkan dan di kemas secara moderen serta higienis, untuk informasi lebih lengkapnya bisa cari tahu contoh produknya dengan cara -->




di Luar Negeri Pada umumnya Daun Salam atau istilah sananya bay leaves itu sering dipergunakan sebagai bumbu pelengkap untuk memasak agar makanan menjadi lebih harum dan lezar, fungsi Daun salam adalah sebagai bumbu penyedap di dalam masakan, dapat dicampurkan pada masakan dalam bentuk daun yang sudah dikeringkan ataupun masih dalam bentuk daun segar







BERBAGAI MACAM MASAKAN YANG MENGUNAKAN DAUN SALAM SEBAGAI PENYEDAP AROMA DAN CITARASA

Ibu – Ibu Rumah Tangga yang suka memasak pasti sering menggunakan daun salam sebagai penyedap dan pengharum masakannya, karena secara turun – temurun sejak jaman nenek moyang kita, rupanya. Daun salam ini sudah di gunakan sebagai cara tradisional untuk menambah cita rasa pada masakan seperti,

  • Sup Ayam Kaldu Daun Salam
  • Sayur Asam Daun Salam
  • Sayur Bening Brambang Daun Salam
  • Kare Ayam
  • Rendang
  • Semur Jengkol Daun Salam
  • Tongkol Suwir Daun Salam
  • Sayur Bayam Bening Daun Salam
  • Ikan Kembung Ungkep Daun Salam
  • Gule Ikan Daun Salam
  • Ceker Ayam Kecap Daun Salam
  • Ikan Goreng Kunyit Daun Salam
  • Tumis Daun Katuk Daun Salam
  • Telur Puyuh Rempah Daun Salam
  • Pepes Jamur Tahu Daun Salam


Selain Memberikan citarasa khas yang lezat pada masakan, ternyata Daun Salam juga banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, karena Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada daun salam sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan vitamin A dan C dan juga asam folat serta berbagai mineral di dalam sehelai daun salam menjadikan daun salam menjadi bumbu masak yang kaya nutrisi. Ketika kita menambahkan beberapa helai daun salam ke dalam kaldu sup, kari, hidangan nasi kuning, serta makanan lezat lainnya ternyata tidak hanya memberikan citarasa yang lezat pada hidangan masakan tersebut, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan lainnya yaitu :

MANFAAT DAUN SALAM BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

1.Melancarkan Saluran Pencernaan

Daun salam memiliki manfaat yang baik pada sistem pencernaan manusia karena dapat membantu mengurangi toksisitas tubuh yang membuatnya berfungsi dengan baik, dimana Senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam ternyata sangat efektif untuk mengatasi sakit perut dan menenangkan sindrom iritasi usus besar, selian itu Enzim unik di dalam daun salam juga membantu menyehatkan pencernaan manusia.

2. Mencegah Terjadinya Peradangan di Dalam Tubuh

Fungsi atau manfaat lain dari daun salam adalah mmemiliki sifat antiinflamasi, dengan kehadiran phyto-nutrisi unik yang disebut parthenolide, rupanya daun salam dapat mengurangi peradangan secara signifikan, salah satunya adalah radang sendi

3. Daun Salam Bisa Membantu Mengatasi / Meringankan Stress

Dalam rangka mengelola stres kita dengan lebih baik, kita bisa juga mencoba tambahkan beberapa helai daun salam ke dalam menu masakan harian kita, ternyata kandungaan linalool pada daun salam dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh manusia, sehingga. Daun Salam yang harumnya khas ini dapat berguna untuk menenangkan diri dan memerangi gejala depresi pada manusia.

Ini Hanya Beberapa Khasiat dan Kegunaan Daun Salam, masih banyak lagi fungsi lainnya Daun Salam baik untuk memasak maupun untuk obat herbal alami, yuk kita cari tahu lebih lengkap lagi !
Cara Bikin Donat Kentang Yang Gampang

MEMBUAT DONAT KENTANG YANG LAGI VIRAL DENGAN CARA PALING MUDAH




Kalau kita jalan – jalan ke mall, dengan mudah kita akan mendapatkan penjual Donat Kentang ini yang aromanya sangat harum dan sangat lezat, Rasa Donat Kentang memang terasa lebih enak, lebih legit dan teksturnya lebih lembut saat di gigit dan di kunyah, Donat kentang ini sudah lama terkenal dan telah menjadi cemilan favorite para generasi milenial yang hobby nongkrong di café, Pada dasarnya Tekstur Donat Kentang ini juga lebih lembut di bandingkan donat biasa, walaupun harganya tidak terlalu berbeda jauh dengan harga donat biasa, dengan rasanya yang lebih legit dan pastinya sangat lezat menjadikan Donat Kentang ini menjadi Viral dan sangat terkenal di seluruh penjuru dunia, nah mumpung kalian lagi di rumah Aja nih, gak ada salahnya kalau bunda coba bikin deh sendiri Donat Kentang yang Lezat ini dengan panduan Resep sbb :

Bahan - Bahan Untuk Bikin Donat Kentang :

  • 400 gram tepung terigu serbaguna
  • 6 gram ragi instan  ( 1 Bungkus )
  • 100 ml air Es
  • 15 gram susu bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 gram gula pasir halus
  • 250 gram kentang yang sudah di kukus dan di kupas kulitnya
  • 1 butir telur ayam
  • 35 gram mentega
  • 100 gram gula tepung untuk taburannya


Bahan dan Alat untuk Bikin Kue Donat Kentang, baik dari segi Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    ---------> 





Cara Membuat Donat Kentang :


Langkah pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat kentangnya, beberapa peralatan yang akan kita butuhkan untuk membuat donat Kentang antara lain adalah baskom, loyang, wajan dan sebuah kocokan.







Setelah Bunda mempersiapkan peralatan diatas, maka langkah berikutnya adalah menaburi loyang yang sudah dipersiapkan dengan menggunakan tepung terigu secara merata.

Kemudian berikutnya bersihkan kentangnya dengan cara cuci dengan menggunakan air yang bersih sampai kotoran pada kentang hilang, kemudian Potong kentang menjadi beberapa bagian.

Berikutnya Rebuslah air di dalam panci, kemudian tunggu sampai mendidih, baru masukkan kentang tersebut kedalamya, rebuslah kentang sampai empuk dan matang secara merata.

Setelah Matang segera angkat  kentang tersebut dari panci dan kupas kulitnya, setelah itu selagi masih hangat kentangnnya segera haluskan secara merata sampai dengan kentang menjadi hancur dan halus secara merata.dan  Sisihkan di dalam sebuah mangkuk untuk kemudian diamkan beberapa waktu sampai dingin.

Langkah berikutnya kita akan membuat adonan donatnya, langkah pertama adalah memasukkan tepung terigu bersama denan ragi instan, gula pasir, susu bubuk dan juga baking powder dalam sebuah wadah atau baskom yang sudah kita siapkan tadi, kemudian sduk-aduk bahan ini secara merata hinga semuanya tercampur dengan sempurna.

Setelah adonan donat tercampur dengan sempurna, baru bisa ditambahkan dengan kentang yang sudah di hancurkan tadi kedalam adonannya, kemudian aduk- aduk lagi sampai semua bahannya tercampur merata.

Langkah berikutnya kita bisa masukkan telur ayam kedalam adonan bersama dengan air es sedikit demi sedikit dan segera uleni sampai kalis hingga semua bahan di dalam adonan tercampur secara merata, jangan lupa sambil memasukkan margarin / mentega dan juga garam kedalam adonannya, lalu terus aduk -aduk dan uleni sampai tekstur adonannya terasa kenyal elastis, uleni terus sambil dibanting-banting dan ditarik-tarik secara merata adonannya.

Setela bunda capek dan adonan sudah elastis maka selanjutnya diamkan adonan tersebut selama kurang lebih setengah jam hingga adonan menjadi mengembang.

Sebelum di bentuk, kempeskan dulu adonannya dengan mengunakan tangan dan timbang adonan masing-masing 20 gram, lalu  dibulatkan dengan menggunakan tangan,. setelah itu, lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan cetakan agar lebih rapih dan nantinya berbentuk kue donat.

Setelah di bentuk, kemudian masukkan adonan tersebut kedalam loyang yang telah ditaburi dengan tepung terigu, lalu biarkan beberapa saat sampai adonan mengembang secara merata selama kurang lebih setengah jam.

Langkah selanjutnya siapkan sebuah wajan teflon dan panaskan minyak goreng didalamnya, tunggu sampai minyak panas secara merata, baru Goreng adonan donat tersebut didalam minyak panas tersebut, goreng hingga matang merata dan berwarna kuning kecoklatan, dan angkat serta tiriskan minyaknya.

Langkah Terkahir Sajikan donat di atas piring dan taburi dengan menggunakan gula tepung secara merata selagi masih hangat.


Selamat Mencoba !


Tips Anti Gagal Bikin Donat Kentang !


Kentang Bisa di kukus dan lumatkan sewaktu masih panas sampai benar-benar hancur.

Baru Boleh dicampurkan ke dalam adonan tepung apabila kentang sudah dingin atau menurun suhunya hingga suhu ruangan

Selain menggunakan kentang, sebenarnya ada beberapa jenis bahan lagi yang bisa kita gunakan didalam adonan donat yang lezat, yuk kita pelajari caranya juga !


--->  SELANJUTNYA ->

Cara Bikin Kue Churros Yang Renyah

MEMBUAT KUE CHURROS RENYAH SEDERHANA YANG LAGI VIRAL


Selain Dalgona Yang lagi Viral, Kue Churros Khas Eropa Ini tepatnya dari Spanish ikutan Viral juga ternyata, biasanya kue - kue khas western itu enak - enak loh, dan cara bikinnya juga ternyata gak ribet kok, di jamin gampang banget deh !  Ini dia RESEP CHURROS ALA KITA yaitu Cemilan yang kekinian dan lagi viral, bentuknya sih hampir mirip dengan kulit kue sus serta memiliki citarasa yang unik, dengan teksturnya yang renyah, wangi khas kue eropa yang berpadu dengan rasa manis coklat, biasanya Churros dimakan dengan cara dicelup ke lelehan coklat serta memiliki aroma kayu manis yang khas. Kue ini berasal dari spanyol dan mexico loh, Penasaran dengan Rasanya ? Mari kita coba membuatnya dengan panduan Resep Berikut ini

Bahan - Bahan yang di butuhkan untuk membuat kue churros yang lagi viral :


  • 250 ml Air ( kurang lebih 1 gelas belimbing )
  • 50 gram Butter ( kalau butter di rasa terlalu mahal boleh di ganti mentega biasa )
  • 1 sdm Gula Pasir
  • 1/4 sdt Garam
  • 150 gr Terigu protein sedang ( ayak agar tidak ada yang menggumpal )
  • 1/4 sdt Vanilla cristal / bubuk
  • 1 butir Telur ayam yang agak besar, Kocok Lepas
  • Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng


Bahan dan Alat
untuk Bikin Kue Churros, baik dari segi Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    ---------> 






Bahan untuk Taburan Kue Churros Crispy Yang Lagi Viral :


  • 4 sdm Gula Bubuk ( Tepung Gula claris )
  • 1/2 sdt bubuk Kayu Manis ( beli yang instant )

Bahan cocolan :

100 gram Milk Chocolate / Coklat Batangan Rasa Susu ( Lelehkan ) - Di Resep ini kita pakai Dark Chocholate ( tapi katanya enakan yang milk chocolate sih, sesuai selera aja ya... )

Langkah - Langkah Proses Pembuatan Kue Churros Yang Lagi Viral


Masukan air, Margarin, Gula, Garam ke dalam panci, kemudian masaklah hingga mendidih dan mentega meleleh.

Berikutnya matikan api, kemudian masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama bubuk Vanilla. Aduk lalgi dengan cepat kemudian nyalakan lagi kompor dengan api kecil sambil aduk rata adonan hingga licin dan Kalis ( tidak menempel di panci ).





Selanjutnya matikan kompor dan angkat pancinya, biarkan adonan mendingin sampai agak hangat.

Langkah selanjutnya masukan telur ayam , aduk rata menggunakan sendok kayu sehingga adonan menjadi agak lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak kental dan susah dispuit, tambahkan telurnya ( menjadi 2 butir )

Masukkan adonan ke dalam piping bag atau kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang ujungnya sudah diberi spuit bintang ukuran besar.

Berikutnya, panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan ( semprotkan ) adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Tunggu sampai agak hangat, baru balut dengan bahan taburan gula halus dan bubuk kayu manis, Sebaiknya jangan saat terlalu panas langsung dibalut karena gulanya akan meleleh.

Sajikan dengan Lelehan Coklat - Hmm Lezatnya !

Tips Jika Ingin Lebih Praktis : Jika adonan belum mau digoreng, bisa juga bunda menyemprotkan terlebih dulu adonan churros ke atas loyang yang ditabur terigu tipis, lakukan sampai adonan habis. kemudian simpan sebentar di dalam freezer sampai adonan agak mengeras, dan jika ingin dimakan baru digoreng.

O ia karena kue churros ini lagi viral dan jadi banyak sekali variannya hasil kreasi anak - anak milenial jaman now di seluruh dunia, hmmm Mau Tahu Resep Varian Kue Churros lainnya yang lebih lezat ? yuk kita bikin !


--->  SELANJUTNYA ->
Resep Kolak Cake Khas Ramadhan

CARA BIKIN KUE TART DARI KOLAK KHAS RAMADHAN


S
etiap Kali  Ingat Kolak, Pasti Lidah Kita Di Manjakan Kembali dengan Citarasa Kolak Yang Manis, Wangi dan Lezat ! Namun Bulan Ramadhan Tahun Ini, Kita akan mencicipi Citarasa Kolak Spesial dalam Bentuk yang berbeda, Yaitu Kue Tart Rasa Kolak. Para Tukan masak profesional / chef Jaman now menyebutnya dengan nama Kolak Cake ! apakah anda penasaran untuk mencicipi Citarasa Kreasi Kue Jaman Now ini ? Pastinya ada sensasi yang berbeda ketika komponen - komponen Bahan dasar kolak pisang yang biasa kita makan, kini berubah wujud dalam sepotong kue ! Yuk kita coba belajar membuatnya di rumah masing - masing dengan panduan Resep Berikut ini !


Bahan - Bahan yang di Perlukan Untuk Membuat Kolak Cake :


1. Bahan Layer Cake Hijau Rasa Pandan :

  •         100 gram mentega
  •         125 gram tepung terigu protein rendah
  •         100 ml santan dari ½ Butir Kelapa atau ( Bisa dari 50 gram santan kental instan dan 50 ml air)
  •         25 ml air daun suji & Pandan ( terbuat dari 40 daun suji dan 2 lembar daun pandan ) atau bisa
  •         pakai pasta pandan
  •         1 butir telur, kocok lepas
  •         200 gram kuning telur, kocok lepas
  •         300 gram putih telur
  •         1/4 sendok teh garam
  •         1 sendok teh cream of tartar
  •         150 gram gula pasir

2. Bahan Layer Cake Kuning Rasa Pisang

  •         125 gram mentega
  •         150 gram tepung terigu protein rendah
  •         150 ml santan
  •         1 buah pisang cavendish matang, Hancurkan hingga menjadi bubur pisang dengan blender
  •         300 gram kuning telur, kocok lepas
  •         450 gram putih telur
  •         1/8 sendok teh garam
  •         1/2 sendok teh cream of tartar
  •         200 gram gula pasir

3. Bahan Layer Cake Coklat Rasa Gula Aren / Gula Palem:

  •         50 gram mentega
  •         65 gram tepung terigu protein rendah
  •         60 ml santan
  •         120 gram kuning telur, kocok lepas
  •         150 gram putih telur
  •         1/8 sendok teh garam
  •         1/2 sendok teh cream of tartar
  •         85 gram gula palem

4. Bahan Untuk Filling Kolak Cake :

  •         150 gram Wipped Cream
  •         450 ml santan kental instan dingin dari 11/2 butir kelapa tua
  •          75 gram gula aren / gula palem
  •         1/8 sendok teh garam
  •         20 gram maizena larutkan 2 sendok makan air

5. Bahan Untuk Topping Kolak Cake :

  •         Wipped Cream
  •         1 Porsi Kolak ( di ambil Isinya saja, tanpa kuahnya )

 

Cara Bikin Kolaknya yang Enak, bisa simak Video di bawah ini :





       

Bahan dan Alat untuk Bikin Kolak cake di atas, baik dari segi Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    ---------> 





Cara Membuat Kolak Cake

1. Menyiapkan Layer Cake Pandan = 2 Loyang

Langkah Pertaman adalah Memanaskan mentega  sampai meleleh. Matikan api. Tambahkan tepung
terigu. Aduk sampai rata, Kemudian sisihkan. Berikutnya Panaskan santan, dan air suji diamkan sampai biarkan hangat kuku, baru kemudian Tuang ke campuran telur yang sudah di kocok hingga mengembang. Aduk rata. Tuang ke  atas campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan dan sisihkan.

Langkah Berikutnya Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang. Kemudian Masukkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit ke kocokan putih telur sambil diaduk perlahan. Setelah adonan siap Tuang ke dalam 2 buah loyang diameter 24 cm tinggi 4 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles. Letakkan loyang berisi adonan ini di dalam loyang kue kering yang diberi sedikit air. Oven dengan api bawah suhu 160 derajat Celsius selama 40 menit hingga matang.


2. Menyiapkan Layer Cake Rasa Pisang = 3 Loyang

Langkah Pertaman adalah Memanaskan mentega  sampai meleleh. Matikan api. Tambahkan tepung
terigu. Aduk sampai rata, Kemudian sisihkan. Hancurkan Daging Pisang Hingga Jadi Bubur baru kemudian Tuang ke campuran telur yang sudah di kocok hingga mengembang. Aduk rata. Tuang ke  atas campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan dan sisihkan.

Langkah Berikutnya Kocok putih telur, garam, dan cream of tartar sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang. Kemudian Masukkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit ke kocokan putih telur sambil diaduk perlahan. Setelah adonan siap Tuang ke dalam 3 buah loyang diameter 24 cm tinggi 3 cm yang dialas kertas roti tanpa dioles. Letakkan loyang berisi adonan ini di dalam loyang kue kering yang diberi sedikit air. Oven dengan api bawah suhu 160 derajat Celsius selama 40 menit hingga matang.

3. Menyiapkan Layer Cake Rasa Gula Aren / Palem = 2 Loyang

Layer Cake gula palem,  kita buat dengan cara yang sama dengan cake pandan dan cake pisang, kemudin Sisihkan.

4 Langkah Berikutnya adalah Membuat Filling,

kocok Bubuk Wipped Cream dengan santan dingin sampai setengah mengembang, kemudian Dinginkan dalam lemari es. Rebus santan gula palem, dan garam sambil diaduk sampai panas. Aduk sampai larut. Kentalkan dengan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup,  Tunggu hingga dingin.  Masukkan kocokan krim. Kocok hingga rata.

5. Proses Konstruksi Cake

Ambil selembar cake pandan. Oleskan bahan filling. Letakkan Isi Kolak pisang tata tidak beraturan. Tumpuk dengan cake rasa pisang, oleskan  bahan filling letakkan isi Kolak pisang tidak beraturan, Oleskan bahan filling, Tumpuk dengan cake rasa gula aren/ palem , oleskan  bahan filling letakkan isi Kolak pisang tidak beraturan, begitu seterusnya, susun hingga semua layer cake terpakai.

6. Topping,

Topping Kolak cakenya bisa sesuai selera, bisa pakai wipped cream atau dihias dengan mentega putih dan di taruh isi kolak pisang di atasnya, mau lihat contohnya ?


--->  SELANJUTNYA ->


Informasi Aneka Bahan Untuk membuat Kolak Cake Jaman Now, Baik harga dan kwalitasnya bisa -->

http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan