-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Bedanya Susu Evaporasi Dengan Susu Creamer Kental Manis

Apa Itu Susu Evaporasi ? dan Apa Kegunaannya ?

MENCARI TAHU APA ITU SUSU EVAPORASI DAN APA KEGUNAANYA UNTUK MEMASAK

Ketika kita membaca Resep masakan sering kali kita jumpai istilah nama bahan masakan yang tertulis Susu Evaporasi ( evaporated Milk ), susu jenis apakah ini ? susu evaporated adalah susu sapi murni yang sudah diuapkan hingga kadar airnya tinggal 40% saja, dengan hilangnya kandungan air hingga 60% maka susu sapi ini menjadi lebih awet tanpa tambahan bahan pengawet biasanya memiliki masa simpan yang cukup lama selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-bertahun, di jaman dulu susu evaporasi sangat populer sebelum adanya lemari es sebagai pengganti susu segar yang biasanya cepat basi. Jika di encerkan 1 : 1 dengan air maka susu evaporasi ini kembali menjadi susu segar yang siap di gunakan untuk melezatkan masakan, biasanya di gunakan sebagai campuran bahan kue, fla puding serta aneka masakan ala restoran berbintang seperti sup, casserole, gravies, dan quiches untuk memberikan citarasa yang lembut dan tekstur pada hidangan tersebut, dengan kadar lemak yang rendah maka susu evaporasi ini menjadi pilihan para koki sebagai bahan pengganti santan kelapa. Selain itu susu evaporasi ini di proses dengan proses penguapan sehingga kadar proteinnya tetap terjaga. Biasanya susu evaporasi tidak di tambahkan gula istilahnya Unsweetened Milk ( susu tawar ) rasa manisnya hanya sebatas gurih mirip gurihnya santan kelapa, oleh sebab itu susu jenis ini banyak di gunakan untuk memasak ( The cooking Milk ) - selain itu ada juga susu evaporasi yang rasanya manis atau di tambahkan kandungan gula biasanya di kemasannya di tulis Sweetenend Condensed Milk.


Info Jenis, Kwalitas dan Harga Susu Evaporasi, anda bisa dapatkan informasinya dengan cara :



PERBANDINGAN HARGA SUSU EVAPORASI DENGAN SUSU KENTAL MANIS BIASA

Jika Kita bandingkan berdasarkan harganya, kemungkinan susu Evaporasi akan lebih mahal di bandingkan dengan jenis susu lainnya, misalnya saja jika kita bandingkan dengan susu kental manis, namun jika kita lihat lagi bagaimana jumlah kandungan susu pada Susu Evaporasi dengan susu kental manis jelas berbeda, dengan harga yang mungkin lebih mahal tapi yang akan kita dapatkan adalah kandungan susu yang lebih banyak sehingga jika kita olah atau kita applikasikan di dalam kue atau masakan maka kemungkinan takaran jumlah susu evaporasi pada resepnya akan lebih sedikit di bandingkan jika di ganti dengan susu jenis lain seperti susu kental manis.


SUSU EVAPORASI BISA DI GUNAKAN UNTUK MEMBUAT MASAKAN APA SAJA ?

Seperti yang di jelaskan sebelumnya bahwa umumnya Susu Evaporasi adalah susu Unsweetened Milk ( susu tawar ) sehingga bisa di pakai untuk mengganti santan kelapa sebagai penyedap masakan, masakan apa saja yang bisa menggunakan susu evaporasi sebagai penyedap rasa untuk memperoleh rasa gurih yang lezat ? Salah satu masakan yang bisa menggunakan susu Evaporasi adalah Soto Daging Kuah Creamy - Mari Kita simak Resep dan cara membuatnya di bawah ini !

Bahan – Bahan Untuk Memasak Soto Daging Kuah Creamy

  • 400 gram daging sapi tanpa lemak (gandik atau bagian lain)
  • 1.300 ml air, untuk merebus
  • 1/3 biji Pala
  • 2 butir cengkih
  • 3 cm kayu manis
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1½ sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 160 ml susu evaporasi / Unsweetened Milk
  •  1 sdm minyak zaitun

Bumbu halus Untuk kuah Soto Creamy

  • 2 cm jahe
  • 6 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar sangrai
  • ½ sdt merica
  • 1/8 sdt jintan sangrai

Bahan – bahan Pelengkap untuk membuat Soto Daging Kuah Creamy

  • 200 g tomat, potong-potong
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 batang seledri, iris halus
  • Air jeruk limau

Bahan Untuk Bikin Sambal cabai rawit Teman Soto Daging Kuah Creamy

  • 12 buah cabai rawit merah, rebus
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 2 sdm air

Cara / Proses Memasak Soto Daging Kuah Creamy

  1. Bersihkan lemak daging dan uratnya, kemudian baru deh masukin daging dalam panci berisi air, tambahkan bumbu halus, pala, cengkeh, kayumanis, daun jeruk, dan garam, lalu masaklah hingga dagingnya Empuk, dan kemudian angkat / pisahkan dagingnya dari kuah kaldunya.

  2. Takar kaldunya dan sisikan sebanyak 1.000 ml, jika terasa kurang bisa kita tambahkan sedikit air panas, kemudian Potong-potong daging ukuran kotak / dadu, masukkan kembali ke dalam kaldu dan panaskan hingga mendidih

  3. Langkah Berikutnya Tuangkan Susu Evaporasi, dan kemudian masukkan potongan dagingnya,  Masaklah hingga mendidih sambil diaduk agar kuahnya tidak pecah, jika sudah mendidih segera matikan api kompor, dan bisa segera ditambahkan minyak zaitun agar kuah terlihat berminyak, dan kemudian aduk - aduk sampai merata.

  4. Langkah Penyajiannya : Siapkan mangkuk saji, masukkan daging. Tambahkan tomat iris, daun bawang, dan seledri. Tambahkan air jeruk sesuai selera, siram dengan kuah panas. Hidangkan dengan sambal cabai rawit yang akan kita buat dengan resep di atas !

  5.  Cara Bikin Sambal cabai rawit : Haluskan cabai dan garam dengan ulekan atau blender, kemudian tambahkan air jeruk nipis dan air, alalu aduk sampai merata

Untuk lebih Jelasnya Lagi silahkan simak Video Penjelasan Berikut ini, mengenai seputar Susu Evaporasi dan Kegunaannya - selamat menyimak !







BAGAIMANA PROSES PEMBUATAN SUSU EVAPORASI

Biasanya setelah diuapkan, susu evaporasi ini akan dihomogenisasi dan selanjutnya disterilkan untuk mengoptimalkan daya tahan penyimpanan susu tersebut.  Berbeda dengan susu Kental manis ( creamer / skim ) susu jenis ini  lebih banyak kandungan gulanya, Susu kental manis pada dasarnya juga melewati proses yang sama dengan proses pembuatan susu evaporasi, dimana Susu akan mengalami proses vakum untuk menguapkan dan menghilangkan 60 persen dari kadar air di dalam susu kemudian baru ditambah gula, dimana gula yang ditambahkan pada susu kental berperan sebagai inhibitor pertumbuhan setiap mikroorganisme.