-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Resep Kue Bika Ambon Medan Panggangnya Bisa Pakai Panci

Cara Bikin Bika Ambon Khas Medan Yang Paling Gampang

RESEP DAN CARA BIKIN KUE BIKA AMBON KHAS MEDAN

Katanya Bikin Kue Bika Ambon itu susah buatnya, nanti setelah kalian coba pasti akan berkata, tidak susah kok Bikin Kue Bika Ambon ! Coba lihat deh Tekstur dan warna bika ambon, ternyata sangat cantik dan unik ya bund, Nah dengan bentuk seperti sarang semut itu, sepertinya hal ini yang membuat kue Bika Ambon itu terasa ada sensasi agak kenyal - kenyal empuk gimana gitu saat di gigit ! apakah kalian ingin mencicipnya juga ? Yuk kita belajar Bikin sendiri Kue Bika Ambonnya di dapur masing - masing ! Silahkan ikuti panduan di video tutorial cara membuat bika ambon panci ala cek ompong yang kami tautkan video youtubenya di bawah ini.

Bika Ambon adalah salah satu  Kue basah Tradisional khas Kota Medan dan sekitarnya dan memang sudah terkenal sejak jaman penjajahan belanda dulu, namun hingga saat ini kue bika ambon masih menjadi kue basah tradisional yang cukup populer di seluruh indonesia dan dengan mudah kta jumpai di toko - toko kue modern terutama di kota - kota besar seperti jakarta, surabaya dan bandung. Jika kita telusuri lebih jauh ternyata Kue bika ambon ini terdiri dari campuran bahan dasar tepung sagu, santan kelapa dan kuning telur ayam yang kemudian dibuat menjadi sebuah adonan Bika ( Beragi ) bersama tambahan bahan lainnya, dimana proses pembuatannya memang agak sedikit memelukan penanganan khusus di banding kue basah lainnya, karena untuk menyiapkan adonan Bika Ambon tentu saja harus melewati proses Fregmentasi menggunakan Ragi Instant ( Fermipan ) - apa itu Fermipan Kalian bisa baca selengkapnya di :  http://www.ayobelajarmasak.com/2017/06/apa-itu-fermipan-dan-apa-kegunaanya.html


Fermipan atau ragi Instant adalah ragi yang biasa dipergunakan untuk membuat roti, Proses Fregmentasinya akan berlangsung kurang lebih 10 jam, namun secara keseluruhan tidak ada yang sulit, Proses pembuatan kue bika ambon tersebut bisa bunda ikuti semua panduannya melalui Resep berikut ini :

Bahan – Bahan yang di perlukan untuk membuat Kue Bika ambon asli medan yang bercarang semut :

  • 175 gr Gula pasir ( gunakan gula pasir berkwalitas )
  • 100 gram Tepung sagu ( gunakan tepung sagu
  • berkwalitas )
  • Santan kental 200 cc – dari ½ butir kelapa tua
  • Daun pandan 2 helai, direbus - sisihkan 100 cc air
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Kuning telur 10 butir
  • Putih telur 2 butir
  • Minyak goreng secukupnya
  • Ragi instan ½ sdt ( Fermipan )
  • Tepung terigu 50 gram
  • Air 50 cc

Bahan - bahan di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, sebagian bisa kita dapatkan informasinya dengan cara  :




PROSES DAN CARA MEMBUAT KUE BIKA AMBON MEDAN BERCARANG SEMUT YANG PALING MUDAH



  1. Langkah awal adalah membuat adonan dengan cara mencampurkan 50 gram tepung terigu dengan ½ sendok teh ragi instan dan 50 cc air. aduklah sampai merata dan biarkan dalam wadah adonan selama 20 menit agar terjadi proses fregmentasi antara terigu dan ragi, dan nantinya adonan akan mengembang.

  2. Berikutnya dalam wadah lain tuangkan telur lalu kocok bersama dengan tambahan gula pasir sampai larut dan menjadi kental. kemudian tambahkan kembali campuran kocokan telur tadi dengan santan kental, tepung sagu, air rebusan daun pandan, dan daun jeruk.




  3. Aduk sampai merata lalu campur dengan adonan ragi instant yang telah dibuat tadi.

  4. Setelah itu, biarkan adonan dalam wadahnya hingga 10 jam, dengan ditutupi kain lap bersih di atasnya. (Proses ini yang menentukan keberhasilan anda mendapatkan tektur bika ambon yang cantik )

  5. Berikutnya, ambil adonan dalam wadah yang sudah didiamkan selama 10 jam lamanya. Lalu aduk-aduk kembali adonan dan tuangkan ke dalam cetakan atau loyang yang sudah diberi olesan minyak goreng.

  6. Setelah menuangkan adonan dalam cetakan jangan diaduk lagi ya, langsung saja panggang dalam oven, dan biarkan oven dalam keadaan terbuka. Gunakan api bawah. Dengan suhu 160 derajat selama 20 - 30 menit, sambil di intip, setelah terjadi gelembung dan bagian bawah agak matang, pindahkan ke oven bagian atas dan panggang sampai matang, setelah itu angkat dan dinginkan. ( proses memanggangnya memang agak sedikit sulit, seringkali banyak yang gagal di tahap ini, karena itu felling masak anda harus mulai peka terhadap tingkat kematangan kue )

Membuat Tektur Sarang Semut Yang Cantik dan sempurna pada Kue Bika Ambon memang agak sedikit di butuhkan tehnik dan trik khusus, yuk kita pelajari caranya sekarang !


---> SELANJUTNYA