Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Loading...

Ambil Diskonnya Sekarang !

Mengenal Perbedaan Cake Emulsifier TBM, SP dan Ovalett Serta Fungsinya Masing - Masing




Sering kali kita bingung ketika menemukan beberapa resep kue yang memasukan salah satu bahan emulsifier - TBM - SP - OVALETT, walaupun bahan emulsi ini mudah sekali kita dapatkan di toko bahan - bahan kue atau di rak supermarket, tapi akan terus muncul di pikiran kita sebuah pertanyaan apakah kegunaan dari TBM - SP - dan OVALETT ?  paling tidak ketiga jenis bahan pelembut kue buatan ini yang sering kita dengar. Pada dasarnya, cake emulsifier berfungsi untuk melembutkan kue. Sebelum mengetahui bedanya ketiga jenis bahan kue ini, kita juga sebaiknya mengenal apa itu cake emulsifier.  ini adalah bahan tambahan yang biasa di gunakan untuk mengembangkan dan menstabilkan adonan cake. bentuknya seperti jelly yang berwarna kuning, emulsifier adalah zat yang berfungsi untuk menstabilkan dua zat yang berbeda antara minyak dan air, sehingga adonan lebih menyatu dan stabil, sehingga kue yang dihasilkan teksturnya akan lebih lembut Jadi TBM SP dan Ovalett bukanlah bahan pengembang kue, melainkan hanya berfungsi sebagai bahan Emulsi. lalu apa perbedaannya TBM - SP dan OVALETT ? dan sebenarnya ketiga macam bahan pengembang kue ini terbuat dari bahan dasar apa dan apakah aman untuk di konsumsi ?  Mari kita bahas satu persatu di bawah ini :


Untuk Lebih Jelasnya, Bund bisa simak salah satu Video penjelasannya berikut ini :







TBM

TBM adalah suatu Emulsifire yang mengandung zat kimia mono dan digliserida, yang fungsinya akan membuat tekstur kue ( cake ) menjadi lebih lembut dan biasanya Bahan Kue Bernama TBM ini dipergunakan pada applikasi atau tahapan proses pencampuran antara Bahan mentega dan gula yang sudah mengembang setelah dikocok bersama telur, dan langkah selanjutnya langsung bisa memasukan tepung dan agar tekstur adonan telur tidak menjadi pecah maka di tambahkanlah sedikit Bahan Emulsifier bernama TBM ini !

Kalau mau tahu bagaimana contoh Bahan Emulsifier TBM di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->

https://c.lazada.co.id/t/c.ZnDW
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan


Image result for SP ovalette

OVALETT

Banyak yang terkecoh dengan Penampilan Ovalett ini, karena meskipun Bahan Pelembut Kue Bernama Ovalett ini memang hampir sama dengan TBM yang Juga dasarnya mengandung mono dan digliserida, Namun Bahan Ovallett ternyata lebih banyak mengandung asam lemak dari hewan, dimana funsi asam lemat ini fungsinya akan sangat berguna ketika kita hendak menyatukan mentega dan kocokan telur, sehingga hasil akhirnya kue yang kita buat akan manjadi lebih lembut serta tekstur cake-nya menjadi agak sedikit basah.


Kalau Untuk lihat contoh Bahan Emulsifier Ovalett ini  untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->

https://c.lazada.co.id/t/c.ZnDW
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan



SP

Nah kalau Yang berikutnya adalah SP, Bahan pengembang dan sekaligus pelembut kue ini ternyata mengandung ryoto ester atau gula ester. ester adalah asam lemak yang mengandung asam steart, palmitic dan oleic. Bahan emulsifire ini memang sangat cocok dipergunakan dalam proses pembuatan kue Bolu, atau biasanya SP ini dipergunakan pada waktu Proses pembuatan kue yang metode pembuatan melakukan pengocokan telur dan gula terlebih dahulu kemudian baru diakhiri dengan memasukan mentega yang dilelehkan.


Contoh Bahan Emulsifier SP di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->

https://c.lazada.co.id/t/c.ZnDW
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan



Bahan - bahan di atas adalah bahan emulsi ( pelembut kue buatan ) Oleh sebab itu Pastikan apakah produk emulsifier aman di konsumsi dengan memperhatikan apakah ada kode BPOM pada produk tersebut, dan yang terutama bagi anda yang muslim perhatikan juga apakah ada logo Halal tercantum di kemasannya.


Selain itu ada juga bahan - bahan emulsifier alami, apa saja itu ?  berikut ini penjelasannya :

Proses Pengemulsi alami bisa berasal dari bahan-bahan yang berasal dari alam. Misalnya dari biji kedelai, kuning telur dan sebagainya.

Dalam biji kedelai terdapat minyak yang cukup tinggi, di samping air. Keduanya dihubungkan oleh suatu zat yang disebut lecithin. Bahan inilah yang kemudian diambil atau diekstrak menjadi bahan pengemulsi yang bisa digunakan dalam produk-produk olahan.
Selain dari biji kedelai, Lechitin juga bisa didapatkan dari biji-bijian lain serta dalam produk hewani, seperti telur. Tetapi kandungan lecithin yang mudah dan murah untuk digunakan adalah yang terdapat pada biji kedelai.
Selain berasal dari kedelai dan telur, emulsifier alami juga berasal dari tepung kanji dan susu bubuk. Tepung Kanji merupakan salah satu emulsifier yang bagus untuk makanan. Selain tepung kanji, bahan lain yang bisa digunakan yaitu tepung sagu. Tepung Kanji dan tepung sagu mempunyai sifat yang hampir mirip loh. Sehingga penggunaannya pun dapat saling menggantikan satu - sama lainnya.

Mengapa Penggunaam bahan emulsi alami itu lebih sehat walaupun terkadang bahan emulsi alami itu jauh lebih mahal ? Mari kita pahami bersama sekarang !

---> SELANJUTNYA