-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Proses Pembuatan Tepung Beras Yang Berkwalitas dan Tahan Lama Tanpa Pengawet

Cara Bikin Tepung Beras Sendiri Untuk Bayi

CARA PRAKTIS BIKIN TEPUNG BERAS SENDIRI YANG AWET

Sudah sejak lama tepung beras di gunakan oleh masyarakat di Indonesia bahkan di seluruh dunia untuk berbagai kreasi makanan, terutama sebagai bahan kreasi makanan tambahan bagi anak - anak di rumah, walaupun di jaman moderen ini sudah tersedia Tepung Beras berbagai Merek dengan kemasan - kemasan masa kini yang menarik, namun jika anda menginginkan Tepung Beras yang benar - benar fresh dan terjamin kwalitasnya, maka anda harus belajar membuatnya sendiri, karena tidaklah sulit membuat tepung beras yang berkwalitas dan Tahan lama walaupun tanpa bahan pengawet, asalkan bahan dasar berasnya di pilih yang bagus serta proses pengilingan maupun pengeringannya dilakukan dengan baik dan benar. Tentu saja Tepung Beras Buatan sendiri Lebih Murah dan Lebih terjamin kwalitas serta kesegarannya, maka anda tidak perlu khawatir memberikannya kepada putra dan putri anda di rumah sebagai makanan tambahan mereka.


Jaman dulu beras yang siap di haluskan akan di tumbuk dan di ayak hingga halus, namum di jaman sekarang tentu saja ada banyak mesin pengiling Beras khusus yang berkwalitas serta terjamin hasil gilingannya dan tentu saja sangat terjangkau harganya, untuk mengecek perbandingan harganya serta kwalitanya anda bisa cek, dengan cara :

PROSES PEMBUATAN TEPUNG BERAS BERKWALITAS


Simak Terlebih dahulu Salah satu Video Tutorial di atas Bagaimana Cara Mudah Dalam Proses Pembuatan Tepung Beras Home Made ( Buatan Rumahan ) - selamat menyimak :

Berikut ini adalah Penjelasan Proses Pembuatan Tepung Beras Yang Berkwalitas dan Tahan Lama Tanpa Pengawet :





Langkah Pertama adalah menyiapkan beras putih berkwalitas ( Lebih Baik lagi gunakan beras organik yang bebas bahan kimia )

Kemudian Siapakan air bersih secukupnya Untuk mencuci dan merendam beras.

Catatan : Setiap 1 Kg  beras yang digunakan, kira – kira akan menghasilkan sekitar 1,2 Kg gram tepung beras beras yang masih mengandung kadar air yang cukup tinggi, namun beratnya akan kembali menjadi 1 Kg ketika kita keringkan.

Selanjutnya siapkan alat pengilingnya, kita bisa gunakan Blender yang biasa menggiling biji - bijian

Siapkan Juga saringan halus, serbet bersih, wajan besar, spatula, mangkuk, dan ayakan.


Proses Pembuatan Tepung Beras Yang Baik dan Berkwalitas

PROSES MEMILIH, MENCUCI DAN MENGGILING BERAS

Langkah Pertama adalah membilas beras hingga bersih dengan air, Kemudian tiriskan sebentar dan rendam kembali di dalam mangkuk berisi air, Proses perendaman yang baik adalah selama minimal 3 jam dan paling lama 6 jam.

Langkah Berikutnya, gunakan saringan untuk mentiriskan beras selama 30 menit. Lalu tuangkan beras di atas kain serbet  yang bersih dan ratakan serta angin-anginkan beras selama  1 jam, agar beras sedikit lembab atau tidak terlalu basah sebelum dihaluskan.

Haluskan beras dengan blender. masukkan sebagian beras terlebih dulu, haluskan perlahan hingga butiran beras pecah. Setelah mulai pecah, tambahkan kecepatan blender sehingga beras jadi benar-benar halus.

PROSES PENGERINGAN TEPUNG BERAS



Langkah berikutnya kita keringkan tepung berasnya agar bisa tahan lama, jaman dulu di jemur di terik panas matahari, tapi karena jaman sekarang polusi udara di mana – mana, maka proses pengeringan sebaiknya di Panaskan pakai wajan saja dengan api sedang, caranya masukkan tepung beras kedalam wajan panas dan aduk dengan spatula terus menerus hingga tepung benar-benar kering.


Cara Membuat Tepung Beras Yang Awet


Ayak tepung beras yang sudah kering tersebut dengan ayakan halus, kemudian dinginkan dan


--->  SELANJUTNYA ->