Statistiche web -->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Apa Itu Makisu Alat Penggulung Sushi Yang Terbuat Dari Bambu

Apa Itu Makisu - Alat Pembuat Makizushi

Mencari Tahu Apa Itu Makisu, Alat Bantu Penggulung Makizushi Yang Terbuat Dari Bambu dan Bagaimana Cara Menggunakannya.


Makisu adalah sebuah Lempengan Tikar Bambu berukuran kira - kira 24 x 24 cm sebagai Alat bantu penggulung makanan Khas Jepang yang bernama Makizushi yang penggunaanya dengan cara menaruh sekepal bola nasi di atas permukaan rumput laut kering ( nori ) serta menempatkan daging ikan atau makanan laut serta acar atau sayuran yang di awetkan di atas kepalan nasi tersebut dan kemudian baru di gulung dengan cara di roll !

Nah kalian suka Banget kah Makan Sushi ? ini loh nasi dan aneka lauk pauk yang digulung pakai rumput laut kering ( nori ) yang rasanya mantul banget pokoknya, umumnya sih sushi yang di gulung seperti ini yang cukup populer di seluruh dunia khususnya di indonesia, tapi sebetulnya kalau di negara asal sih, makanan yang bernama Sushi ini memiliki bentuk yang bermacam - macam loh guys, ada Sushi yang di bentuk segi tiga dan salah satunya ada juga Sushi yang digulung memanjang, kemudian di iris menjadi kepingan - kepingan bulat atau lonjong, bagi pecinta sushi pastilah sudah tahulah bagaimana bentuk pastinya, Sushi model ini di sebut Mikizhusi yang artinya nasi gulung, mau coba bikin Makizushi sendiri ? untuk menggulung Makizushi biasanya orang jepang menggunakan Lempengan Tikar yang terbuat dari sebitan bambu yang diikat dengan tali kasur atau tali berbahan kapas dan alat bantu ini di namakan Makisu, mungkin banyak yang belum tahu apa yang di namakan Mikasu ini serta bagaimana cara menggunakannya dengan cara yang baik dan benar, buat anda yang ingin tahu lebih banyak tentang alat penggulung sushi ini, yuk Baca dulu deh artikelnya, siapa tahu kalian jadi tertarik membuka usaha restoran sushi, atau minimal bisa membuat Makizushi sendiri di rumah.

Ok, sebelum kita lanjut membahas bagaimana fungsi dari Alat Penggulung Sushi ini, mengenai Harga alat makisushi tersebut bahan dan kwalitasnya serta Belinya di mana, info lengkapnya bisa kita dapatkan informasinya dengan cara    --------->


Ada beberapa varian Makizushi Misalnya Makizushi varian Tuna roll atau salmon roll klasik Umumnya, sushi varian tersebut hanya diisi oleh irisan ikan tuna atau salmon mentah sebelum digulung, atau Sushi varian Ahi Roll berisi irisan daging ikan, acar mentimun, lobak putih dan daging alpukat, ada juga Makizushi varian shrimp tempura roll yang isinya udang tempura, daging alpukat dan irisan mentimun, kemudian kalau makizushi varian Phoenix roll isinya ikan salmon atau ikan tuna, stik kepiting, daging alpukat serta, agar ada sensasi kriuknya, bisanya isian makizushi varaian ini di tembahkan adonan tempura yang sudah di goreng.


Varian Makizushi Yang Paling Enak


Cara Menggulung Makizhusi Menggunakan Makisu

  • Langkah Pertama kita siapkan dulu selempeng tikar bambu ( Makisu ) kemudian bersihkan makisu tersebut dengan cara di siram air panas dan keringkan.

  • Setelah makisu kering maka langkah selanjutnya mari kita taruh selembar rumput kering nori di atas tikar bambu tersebut, biasanya makisu untuk penggulung makizushi ini memiliki sisi permukaan yang kasar dan halus, nah jangan sampai kebalik ya guys, coba deh letakkan nori diatas sisi permukaan makisu yang kasar ( bagian dalamnya )

  • Selanjutnya kalian bisa taruh sekepal bola nasi di atas permukaan rumput laut keringnya, dan pejet-pejet pakai sedok atau ratakan kepalan nasinya hingga menyebar kesemua permukaan rumput laut kering tersebut, jangan lupa beri jarak sekitar 2,5 cm di antara ujung terjauh nori dan tepian tikar bambu agar nanti mudah pada saat proses menggulungnya.


  • Yuk kita mulai meletakkan sekepal nasi di tengah-tengah nori, lalu kita bisa meratakannya secara manual, bisa pakai sendok atau bisa pakai jari tangan kita yang pastinya sudah bersih ya, untuk meratakan nasi di permukaan nori tersebut, tapi biar gak lengket basahi dulu tangan kalian dengan campuran air dan cuka beras, ( belum tahu apa itu cuka beras ? nanti kita bahas di bawah ya ! ) o ia perhatikan ya, kalian jangan sampai menekan terlalu kencang atau melumatkan nasi nya sampai gepeng, soalnya kalau sampai hancur nanti nasi tidak bisa melekat dengan benar ketika digulung.

  • Setelah Nasinya udah rata, kalian bisa mulai susun bahan – bahan lainnya di atas lepengan nasi tersebut, caranya bisa meletakkan seluruh bahan secara berderet, dimulai dari ujung nasi yang paling dekat sampai merata ke seluruh permukaannya, perhatikan lagi, bahwa setiap bahan harus disusun dalam satu baris tersendiri secara bersisian.
 
Untuk menyesuaikan dengan selera lidah orang indonesia biasanya makizushi yang di jual disini berisi daging atau ikan yang sudah dimasak terlebih dahulu, tetapi jika anda ingin mempertahankan rasa original makizushi khas jepang maka anda bisa pakai daging ikan mentah sebagai isiannya, dan perhatikan kwalitas daging ikannya, artinya wajib menggunakan ikan mentah yang sudah dibersihkan dan diproses dengan benar agar tidak terinfeksi cacing pita.

Langkah - langkah Menggunakan Makisu !

  1. Peganglah sisi ujung Makisu dengan jari telunjuk dan jempol anda, selanjutnya mulailah menggulung sushi dari sisi yang berisi bahan – bahan pertama tadi , kemudian angkat lapisan rumput laut keringnya dan segera lipat sampai menutupi susunan bahan – bahan pertama tadi, pada langkah ini anda harus pastikan posisi isian tetap rapi serta lengket ke nasi nya ketika digulung.





  2. Lanjutkan menggulung makizushi anda, hingga ujung lembaran rumput laut kering yang satu lagi nempel ke nasinya, kemudian letakkan di atas makisu dan lanjutkan proses menggulung makizushi secara manual, jangan lupa lakukan dengan hati-hati dan teliti supaya ketebalan sushi tetap konsisten.

  3. Setelah anda berhasil menggulung makizhusi, kemudian lanjutkan dengan cara memadatkan roll sushi tersebut, caranya hanya dengan menggelindingkan roll sushi tersebut ke arah depan dan belakang, gelindingkan beberapa kali sampai tekstur makizushi nya terasa cukup padat tapi jangan terlalu padat juga sih nanti jadi gak mirip makizushi tapi malah jadi lontong, nah dengan demikian saat di potong – potong nanti isinya tidak berantakan !

  4. Langkah Selanjutnya adalah memotong - motong Roll Makizushi, nah kalau udah mau potong – potong roll makizushinya, sebaiknya anda biarkan dulu makizushi roll nya  sejenak, ya kira – kira setengah jam gitu, biar menyatu dan meresap dulu semua bahanya, selain itu juga memberi kesempatan lapisan nori yang garing menjadi lebih lembab hingga nantinya lebih mudah saat di potong - potong, nah sambil nunggu anda bisa bikin gulungan makizushi berikutnya.

 
--->  SELANJUTNYA ->