Statistiche web -->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Apa Itu Gochujang Bumbu Masak Korea 고추장 Yang Lagi Viral

 
Pasta Cabe Khas KoreaGochujang 고추장

Mencari Tahu Apa Itu Gochujang Bumbu Masak Khas Korea 고추장 Yang Lagi Viral dan Bagaimana Cara Memanfaatkannya Untuk Memasak Masakan Lezat Khas Korea.


Hi Bunda, udah tahu belum yang namanya Gochujang 고추장  ? itu loh pasta cabai khas korea yang lagi viral karena masakannya yang pedas dan lezat, buat para pecinta masakan pedas khas korea pasti tidak asing lagi dengan bumbu masak yang satu ini. Nah walaupun kalian sudah tahu dan bahkan pernah mencicipi masakan yang menggunakan bumbu Gochujang 고추장 ini, tidak ada salahnya kalian menambah pengetahuan tentan bumbu masakan tersebut, dengan cara mengenal Gochujang 고추장 lebih dalam lagi, apa sebenarnya Gochujang 고추장  itu ? terbuat dari bahan - bahan apakah Gochujang 고추장 itu ? atau bahkan ada yang mau tahu bagaimana proses pembuatan Gochujang 고추장 ? mari simak artikel ini sampai tuntas ya, kita akan bahas secara lengkap mengenai bumbu masak khas korea yang satu ini, mulai dari bahan - bahannya, cara membuatnya sampai dengan kegunaan Gochujang 고추장 untuk bikin masakan korea yang super lezat.

Table Of Content

1.Apa Itu Gochujang 고추장
1.1. Sejarah Pertama Kali dibuatnya Gochujang 고추장 
1.2. Bahan Utama Gochujang 고추장
1.3. Ciri Khas Citarasa Gochujang 고추장
1.4. Cara Membuat Gochujang 고추장

2.    Kegunaan Gochujang 고추장 
2.1. Contoh Resep Masakan Yang Menggunakan Gochujang 고추장
2.2. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Gochujang 고추장 Bagi Kesehatan
2.3. Merek dan Kisaran Harga Gochujang 고추장 
 

1. Apa Itu Gochujang 고추장

Apa Itu Gochujang 고추장

Gochujang atau koch'ujang adalah pasta cabai yang diolah sedemikian rupa melalui proses fermentasi sehingga menghasilkan citarasa yang khas yaitu rasanya yang pedas dan sedikit manis, namun ini bukan sembarang pasta cabai, karena bahan dasar pembuatan Gochujang ini bukan hanya buah cabai yang pedas, tetapi perpaduan antara beras ketan dan bubuk cabai khas korea, dimana proses pembuatannya melalui proses fermentasi yang di masukan kedalam tempayan tembikar berukuran besar / onggi dan di butuhkan waktu yang cukup lama agar proses fermentasinya bisa sempurna yaitu memerlukan waktu 2 hingga 3 bulan lamanya.

1.1. Sejarah Pertama Kali di Buatnya Gochujang 고추장

Sejarah Pertama Kali di Buatnya Gochujang 고추장 Onggi

 
Pada umumnya masyarakat Korea memiliki keterampilan fermentasi yang cukup baik dari generasi ke generasi, dan keterampilan memfermentasi makanan tersebut sudah di terapkan sejak ratusan tahun yang lalu pada makanan yang bernama gochujang, kimchi, dan juga deonjang, dimana ketiga macam makanan  khas korea yang sudah viral di kalangan masyarakat dunia saat ini ternyata sudah sangat populer korea sejak tahun 1700-an, sejaranya di mulai pada tahun 1500 - an dimana bumbu Gochujang  ini mulai dikenal di korea ketika Jepang  memperkenalkan  cabai  di  Negeri Korea  kurang lebih pada tahun  1592 dan kira – kira selama pertengahan periode Dinasty  Joseon 조선 왕조 antara tahun 1392-1910

Kata Gochujang berasal  dari  kata gochu  고추 yang artinya  cabai  dan  jang  장 yang artinya bumbu.  Jadi Gochujang artinya  bumbu  cabai  atau  pasta  cabai, jika dilihat  sejarahnya gochujang / pasta cabai yang sejak dulu sudah dikonsumsi oleh masyarakat korea sebagai bahan makanan tersebut dipercaya dapat menjaga kesehatan. Sejak ratusan tahun yang lalu masyarakat korea mengonsumsi gochujang, namun sampai saat ini tidak ada catatan yang di buat yang dapat mengungkap sejak kapan Gochujang di produksi oleh masyarakat korea, mungkin karena masyarakat pada masa itu gochujang sudah terlalu umum oleh mereka, jadi tidak ada yang mencatatnya, mungkin saja sejarah gochujang sudah berlangsung selama ribuan tahun lalu dan bukan di mulai dari Tahun 1700-an, karena memang gochujang ini telah dianggap sebagai sumber nutrisi oleh masyarakat pada zaman dahulu dan bukan hanya kalangan masyarakat biasa saja yang mengonsumsi dan menggemari gochujang, bahkan keluarga Raja Yeongjo dari Dinasti Joseon juga ikut mengkonsumsinya.

1.2. Bahan Utama Gochujang 고추장

 
Bahan Utama Gochujang 고추장

Salah satu ciri khas gochujang asli korea yaitu memiliki warna yang sangat merah dengan rasa pedas dan sedikit manis, dari rasa dan warnanya dapat kita ketahui bahwa citarasa khas gochujang tersebut berasal dari campuran bubuk cabai, bubuk beras ketan yang di fermentasi sehingga menghasilkan adanya rasa manis pada pedasnya cabai, tetapi walau rasanya hampir sama, ternyata resep gochujang ini berbeda – beda menurut jaman serta daerah pembuatannya, karena ada juga Gochujang yang di campur tepung kedelai atau tepung gandum sebagai pengganti tepung ketan, serta ada yang di tambahkan garam dan kecap asin sebagai pelengkap citarasa bahkan ada yang menambahkan sedikit gula agar rasa manisnya lebih terasa, namun proses pembuatannya tetap sama yaitu melalui proses fermentasi yang cukup panjang hingga menimbulkan perpaduan rasa pedas manis yang pas.
 

1.3. Ciri Khas Citarasa Gochujang 고추


Ciri Khas Citarasa Gochujang 고추장

Gochujang adalah bumbu atau saus penambah citarasa masakan khas korea, sebagai penambah atau penguat rasa masakan tentu saja Gochujang memiliki rasa yang unik, karena banyaknya varian Gochujang maka sampai saat ini masih belum ada yang dapat mendefinisikan citarasa original dari Gochujang ini, tetapi umumnya rasa ciri khas citarasa Gochujang asli korea adalah asam, pedas dan gurih, ketiga rasa tersebut berpadu secara alami dalam proses fementasi yang cukup lama, yang pasti sehabis menyantap makanan khas korea yang di campur dengan Gochujang badan terasa lebih hangat dan bersemangat, rasa pedas dan gurihnya membuat masakan yang hangat menjadi lebih sedap.

1.4. Proses dan Cara Membuat Gochujang 고추 

Gochujang Asli khas Korea di buat dalam waktu yang cukup lama dimana masa fermentasinya ada yang sampai dengan 1 tahun lamanya, walaupun biasanya dalam rentang waktu 2 atau 3 bulan Gochujang original khas korea yang proses pembuatannya di masukan kedalam onggi atau tempayan tembikar berukuran besar ini sudah bisa di cicipi. Selain Gochujang tradisional buatan rumahan, kini sudah banyak Gochujang buatan pabrik yang harganya mungkin lebih murah di bandingkan Gochujang buatan tradisional yang harganya bisa lebih mahal beberapa kali lipat di bandingkan Gochujang buatan pabrik. Tetapi banyak juga loh yang mencoba membuat Gochujang sendiri di rumah dengan panduan resep berikut ini :

Bahan – Bahan Untuk Membuat Gochujang  :

    3,5 liter air
    500 gr tempe
    750 gr bubuk cabai, sangrai
    750 ml madu
    150 gr tepung ketan
    200 gr garam kasar, sangrai

Proses Pembuatan Gochujang :

  • Irislah tempenya dan sangrai hingga kering, bisa juga dipanggang di dalam oven hingga kering kemudian blender tempenya hingga halus, jika ada yang masih bergerindil atau kasar bisa dihaluskan lagi.
  • Kemudian campurkan air dengan tepung ketan, masak hingga mengental dan tidak ada yang menggumpal dan aduk-aduk terus adonan hingga menjadi kental hingga seperti slime.
  • Langkah Berikutnya tuang adonan ketan ke dalam baskom, tuang madu ke dalamnya, kemudian aduk hingga merata.
  • Berikutnya masukan bubuk cabai dan tempe bubuk, kemudian sampai merata.
  • Langkah terakhir masukkan garam kasar dan aduk rata, pada tahap ini tekstur adonannya akan sangat kental dan pekat.
  • Langkah berikutnya adalah memasukan adonan kedalam wadah kaca yang bisa ditutup rapat, pastikan wadah yang digunakan sudah bersih dan dalam keadaan kering, Taburi atas gochujang di dalam wadah toples dengan sedikit garam sebelum ditutup untuk memberikan pengawet alami dan jemurlah di bawah terik sinar matahari selama beberapa hari dimana Proses penjemuran penting dilakukan agar gochujang mengalami proses fermentasi.
  • Setelah dijemur, simpan gochujang di dalam kulkas, dan biarkan beberapa bulan bahkan bisa tahan sampai 1 tahun selama wadah steril dan isinya tidak terkena air, semakin lama warna gochujang jadi lebih gelap karena terjadi proses fermentasi alami.
Resep di atas adalah proses pembuatan Gochujang versi jaman now dengan memasukan ke dalam kulkas, namun Jika anda ingin membuat Gochujang versi asli korea maka anda harus membuatnya di iklim korea yang sejuk dan dingin, silahkan anda simak video proses pembuatannya di bawah ini !


2. Kegunaan Gochujang 고추장


Manfaar Gochujang Sebagai Bumbu Masak

Gochujang merupakan salah satu bumbu masak khas korea yang sangat penting untuk melezatkan berbagai jenis masakan khas Korea, gocujang juga bisa dicampurkan langsung ke dalam nasi dan diaduk seperti sewaktu memakan bibimbap, Gocujang juga bisa di gunakan sebagai bumbu untuk membuat jjigae (gochujang jjigae), untuk merendam / memarinasi daging (gochujang bulgogi), membuat menu masakan tteokbokki, dan umumnya juga digunakan sebagai bumbu penyedap rasa untuk masakan naengmyeon, Gochujang juga dapat berfungsi sebagai saus cocolan untuk menyantap berbagai macam jenis gorengan. Mau tahu masakan khas Korea apa saja yang semakin lezat jika di tambahkan Gochujang sebagai pelengkap citarasanya ? Mari simak artikel ini sampai tuntas !

2.1. Contoh Resep Masakan Yang Menggunakan Gochujang 고추장

A. Gochujang Jjigae 고추장 찌개 With Beef


Resep Gochujang Jjigae (고추장 찌개) with beef

Bahan – Bahan Yang Di Perlukan Untuk Memasak Gochujang Jjigae  :

  • 250 gr daging sapi ( Potong Kecil – kecil / sesuai selera )
  • 1 buah wortel, kupas ( potong dadu seukuran potongan daging )
  • 1 buah kentang, kupas ( potong dadu seukuran potongan daging )
  • 3 lembar kubis / kol ( iris kotak - kotak )
  • 1 buah Paprika ( Iris Tipis )
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kotak
  • 3 sdm gochujang ( Pasta Cabai Khas Korea )
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 sdm cabai bubuk ( Untuk Penambah Level Pedas )
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1 LiterAir
  • 1 buah jeruk nipis

Proses Memasak Gochujang Jjigae

  1. Potong semua sayuran dan daging sesuai ukuran yang di inginkan kemudian sisihkan
  2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak, masukan Gochujang, bawang bombay dan bawang putih serta bumbu lainnya kemudian Tumis bersama daging dengan api sedang selama 3 sampai 4 menit sampai harum serta dagingnya hampir matang, bisa di tambahkan sedikit air agar gochujang tidak gosong.
  3. Setelah itu masukan kentang dan wortel serta tambahkan air secukupnya, besarkan api kompor dan tutup wajan dengan tutup panci agar kentang dan daging menjadi lebih cepat empuk
  4. Jika di rasa cukup matang, silahkan anda masukan irisan sayuran lainnya, seperti irisan kubis dan paprika.
  5. Langkah berikutnya masukan kecap ikan, dan bubuk cabai untuk meningkatkan level pedas masakan anda, aduk – aduk dan biarkan mendidih, lalu matikan api kompor
  6. Sajikan di mangkok besar dan peras air jeruk nipis di atasnya untuk menambah rasa segar masakan Gochujang Jjigae anda, selamat mencicipi !

B. Gochujang Bulgogi 고추장 불고기

Resep Gochujang Bulgogi 고추장 불고기


Bahan – Bahan yang di Perlukan Untuk Memasak Gochujang Bulgogi 고추장 불고기

  •     250 gram daging sapi irisan tipis ( a la yoshinoya )
  •     100 gram kol  (iris kecil-kecil)
  •     1 buah bawang bombay
  •     1 buah paprika ( bisa di ganti cabai hijau atau cabai merah besar )

Bumbu Untuk Proses Marinasi Dagingnya
  •     2 sdm gochujang
  •     4 siung bawang putih (haluskan)
  •     1 ruas jahe (haluskan)
  •     2 sdm kecap asin
  •     2 sdm minyak wijen
  •     2 sdm madu
  •     garam secukupnya
  •     Secukupnya kecap manis (  secukupnya )
Topping
  • 1 sdm wijen ( yang sudah di sangrai )

Proses Memasak Gochujang Bulgogi 고추장 불고기

  1. Langkah pertama adalah melakukan Marinasi daging dengan campuran Gochujang, bawang putih, jahe, kecap asin, gula, garam, kecap manis dan minyak wijen dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman agar bumbu lebih meresap lagi.
  2. siapkan panggangan / oven dan beri olesan sedikit minyak wijen di permukaan sisi untuk memanggang. Panaskan panggangan hingga cukup panas untuk memasak daging.
  3. Saat panggangan sudah panas, taruh daging yang sudah dimarinasi di atasnya, kemudian masak
    Gochujang Bulgogi 고추장 불고기 sampai daging agak terbakar dan matang. jangan lupa untuk rajin membalik daging setiap 2 menit per sisi.
  4. Setelah matang, sajikan dengan taburan wijen sangrai di atasnya.

2.2. Kandungan Nutrisi dan Manfaat Gochujang 고추 Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Pada Gochujang

Ukuran Porsi: 1 sdm (15 g)

Per porsi :
  • Energi: 63 kj, 15 kkal
  • Lemak: 0,00 g
  • Protein: 0,00 g
  • Karbohidrat: 3,00 g
  • Gula: 2,00 g
  • Sodium: 410mg
Bagi Masyartakat Korea Gochujang  merupakan bahan  makanan  yang  sangat bermanfaat bagi  kesehatan. Karena :

  • Kaya akan protein, lemak, dan vitamin    
  • Mengandung karotin / karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Gochujang juga kaya zat Capsaicin ( zat yang berasal dari Cabai ) yang berkhasiat sebagai anti bakteri dan mengurangi lemak di dalam tubuh sehingga cukup baik bagi yang sedang berdiet.
  • Gochujang  mengandung  banyak Protein yang bermanfaat untuk membangun  jaringan otot.
  • Gochujang  mengandung Vitamin B2  yang  penting  untuk  pengolahan  kalori dari   lemak   dan   karbohidrat,   vitamin   B2   untuk menjaga kesehatan   fungsi Tiroid ( Kelenjar   pada   leher )   dan   menstabilkan   metabolisme.
  • Gochujang  juga mengandung  Vitamin C,  yang  sangat  penting  untuk  daya  tahan  tubuh, dimana  Vitamin  C  memiliki  antioksidan  yang  diperlukan  tubuh  untuk  melindungi  sel  dari  kerusakan  radikal  bebas,  penyebab  utama  kanker,  serta mencegah penyakit jantung.
  • Gochujang   mengandung  Kalori   yang   bervariasi,   kalori  dalam   Gochujang  berkisar  dari  10  sampai  45  kalori  persendok  makan. 

Kesimpulannya Gochujang itu mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin di antaranya zat betakaroten dan vitamin C pada pasta cabai tersebut dapat bermanfaat sebagai agen anti-karsinogenik dan anti-mutagenik, karena Gochujang selain berfungsi sebagai penambah cita rasa makanan khas Korea, juga bermanfaat sebagai makanan yang dapat meredakan stres, karena masakan yang pedas umumnya dapat menghasilkan keringat yang membuat badan lebih segar, hal ini merupakan reaksi kimia capsaicin dalam tubuh. Dimana capsaicin sendiri diyakini memiliki efek anti-bakteri, mencegah penyakit dan membantu proses pemulihan tubuh dengan membersihkan sistem tubuh, mengurangi kandungan lemak, hingga mencegah obesitas.
 

2.3. Merek dan Kisaran Harga Gochujang 고추

Contoh Gochujang Produksi Dalam Negeri


Karena Pasta Cabai Khas korea ini sudah begitu Viralnya, maka tidaklah sulit mencari produk – produk Gochujang di indonesia, ada tersedian banyak sekali merek Gochujang yang di jual di indonesia, salah satunya Gochujang dari Java Super Food yang terbuat dari bahan-bahan pilihan berkualitas, dan
memiliki aroma serta rasa pedas yang unik khas negeri asalnya korea.

Berikut ini beberapa Merek Gochujang yang cukup terkenal dan dapat kita beli di supermarket terdekat dengan kisaran harga serta kemasan yang variatif

  • KIKKOMAN Gochujang 250 gr repack     Rp 25.500
  • KIKKOMAN Gochujang 300 gr               Rp 35.500
  • Mamapickles Saus Gochujang 400 gr     Rp5 0.000
  • Sajo Gochujang 500 gr     Rp55.000
  • Ssamjang Gochujang 500 gr     Rp 44.500
  • Daesang Gochujang 1 kg     Rp128.000
  • KIKKOMAN Gochujang 2 L     Rp 140.100
  • KIKKOMAN Gochujang 5 L     Rp 285.000
  • Sajo Gochujang 15 kg     Rp 660.000
  • Chung Jung Gochujang 14 kg     Rp 668.000
  • Daesang Gochujang 14 kg     Rp7 40.000
Untuk Gochujang Tradisional asli korea harganya bisa 5 – 10 kali lipat dibanding gochujang buatan pabrik yang di jual di supermarket, jika anda ingin mencicipi Gochujang Asli buatan Tradisional Korea anda bisa membelinya sendiri dari korea atau titip teman – teman yang ada di korea, jika kalian berkunjung ke korea jangan lupa kunjungi daerah Suncang  Village untuk mendapatkan gochujang yang asli dari korea, karena di korea  terdapat sebuah desa  wisata  yang  menawarkan  paket  wisata  bagi  turis  untuk  mengunjungi  tempat pembuatan  Gochujang  secara  tradisional, di sana anda dapat   mengetahui   sejarah   Gochujang,   serta berpartisipasi  langsung  dalam  pembuatan  Gochujang secara langsung.


Reference :

[1] Soon young chung.2002.Korean Home Cooking
[2] Han, Bok Jin. 2006,  우리가 정말 알아야 할 우리 김치 백 가지
Seoul, Hyun Amsa
[3] Han, Bok Ryeo. 2006, 우리가 정말 알아야 할 우리 음식 백 가지
1 Seoul, Hyun Amsa
[4] Lee, Cecilia Hae Jin. 2006, Eating Korean, New Jersy. USA