-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Apa Kegunaan Daun Salam di Dalam Masakan

Bentuk daun Salam

MENCARI MANFAAT DAUN SALAM UNTUK MEMASAK

Jika kita suka mencicipi Masakan Khas Nusantara Maka Aroma dan bentuk Daun Salam ini Bukanlah sesuatu hal yang baru bagi anda, Namun pada kenyataannya di jaman moderen saat ini, kegunaan daun salam di dalam menciptakan masakan khas Nusantara yang Lezat itu sudah pelahan - lahan mulai di lupakan oleh generasi yang di sebut generasi jaman now. Jika kita melihat beberapa puluh tahun ke belakang, Daun salam ini begitu populer di kalangan ibu - ibu rumah tangga yang hampir sebagian besar pandai meracik masakan khas nusantara yang lezat - lezat. Nah Bagi kalian yang belum tahu apa itu Daun Salam, maka artikel ini akan menjelasakannya kepada kalian mengenai apa itu Daun salam dan apa saja kegunaannya untuk menciptakan masakan - masakan yang lezat. Memang secara sepintas daun salam hanyalah tampak seperti daun biasa pada umumnya, tetapi jika sudah dipadukan dengan aneka bumbu khas nusantara maka aroma daun salam ini akan muncul berbaur dengan bumbu - bumbu lainnya sehingga terciptalah aroma masakan yang lezat serta menggugah selera makan kita.

Bagi anda yang tinggal di perkotaan mungkin agak sulit menemukan Daun Salam Segar, karena tanaman atau Pohon Daun Salam ini jarang sekali kita jumpai di area perkotaan, sekalipun dapat kita temukan daunnya sudah tidak lagi segar karena sudah di petik beberapa hari yang lalu dan di bawa ke kota untuk di jual di pasar - pasar tradisional maupun pasar moderen, Tetapi walaupun Daun Salamnya sudah tampak layu atau tidak segar, bukan berarti daun salam tersebut tidak bisa di gunakan untuk memasak masakan enak, karena aroma khas daun salam tidak di tentukan daun salam tersebut masih segar atau sudah layu, bahkan di supermarket biasanya di tersedia Daun Salam yang sudah di keringkan dan di kemas secara moderen serta higienis, untuk informasi lebih lengkapnya bisa cari tahu contoh produknya dengan cara :


di Luar Negeri Pada umumnya Daun Salam atau istilah sananya bay leaves itu sering dipergunakan sebagai bumbu pelengkap untuk memasak agar makanan menjadi lebih harum dan lezar, fungsi Daun salam adalah sebagai bumbu penyedap di dalam masakan, dapat dicampurkan pada masakan dalam bentuk daun yang sudah dikeringkan ataupun masih dalam bentuk daun segar





BERBAGAI MACAM MASAKAN YANG MENGUNAKAN DAUN SALAM SEBAGAI PENYEDAP AROMA DAN CITARASA

Ibu – Ibu Rumah Tangga yang suka memasak pasti sering menggunakan daun salam sebagai penyedap dan pengharum masakannya, karena secara turun – temurun sejak jaman nenek moyang kita, rupanya. Daun salam ini sudah di gunakan sebagai cara tradisional untuk menambah cita rasa pada masakan seperti,
  • Sup Ayam Kaldu Daun Salam
  • Sayur Asam Daun Salam
  • Sayur Bening Brambang Daun Salam
  • Kare Ayam
  • Rendang
  • Semur Jengkol Daun Salam
  • Tongkol Suwir Daun Salam
  • Sayur Bayam Bening Daun Salam
  • Ikan Kembung Ungkep Daun Salam
  • Gule Ikan Daun Salam
  • Ceker Ayam Kecap Daun Salam
  • Ikan Goreng Kunyit Daun Salam
  • Tumis Daun Katuk Daun Salam
  • Telur Puyuh Rempah Daun Salam
  • Pepes Jamur Tahu Daun Salam

Selain Memberikan citarasa khas yang lezat pada masakan, ternyata Daun Salam juga banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan, karena Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada daun salam sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan vitamin A dan C dan juga asam folat serta berbagai mineral di dalam sehelai daun salam menjadikan daun salam menjadi bumbu masak yang kaya nutrisi. Ketika kita menambahkan beberapa helai daun salam ke dalam kaldu sup, kari, hidangan nasi kuning, serta makanan lezat lainnya ternyata tidak hanya memberikan citarasa yang lezat pada hidangan masakan tersebut, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan lainnya yaitu :

CARA MANFAAT DAUN SALAM BAGI KESEHATAN TUBUH MANUSIA

1.Melancarkan Saluran Pencernaan

Daun salam memiliki manfaat yang baik pada sistem pencernaan manusia karena dapat membantu mengurangi toksisitas tubuh yang membuatnya berfungsi dengan baik, dimana Senyawa organik yang ditemukan dalam daun salam ternyata sangat efektif untuk mengatasi sakit perut dan menenangkan sindrom iritasi usus besar, selian itu Enzim unik di dalam daun salam juga membantu menyehatkan pencernaan manusia.

2. Mencegah Terjadinya Peradangan di Dalam Tubuh

Fungsi atau manfaat lain dari daun salam adalah mmemiliki sifat antiinflamasi, dengan kehadiran phyto-nutrisi unik yang disebut parthenolide, rupanya daun salam dapat mengurangi peradangan secara signifikan, salah satunya adalah radang sendi

3. Daun Salam Bisa Membantu Mengatasi / Meringankan Stress

Dalam rangka mengelola stres kita dengan lebih baik, kita bisa juga mencoba tambahkan beberapa helai daun salam ke dalam menu masakan harian kita, ternyata kandungaan linalool pada daun salam dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam tubuh manusia, sehingga. Daun Salam yang harumnya khas ini dapat berguna untuk menenangkan diri dan memerangi gejala depresi pada manusia.

Ini Hanya Beberapa Khasiat dan Kegunaan Daun Salam, masih banyak lagi fungsi lainnya Daun Salam baik untuk memasak maupun untuk obat herbal alami, yuk kita cari tahu lebih lengkap lagi !