-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Resep Donat Kentang Yang Lagi Viral

Cara Bikin Donat Kentang Yang Gampang

MEMBUAT DONAT KENTANG YANG LAGI VIRAL DENGAN CARA PALING MUDAH



Kalau kita jalan Рjalan ke mall, dengan mudah kita akan mendapatkan penjual Donat Kentang ini yang aromanya sangat harum dan sangat lezat, Rasa Donat Kentang memang terasa lebih enak, lebih legit dan teksturnya lebih lembut saat di gigit dan di kunyah, Donat kentang ini sudah lama terkenal dan telah menjadi cemilan favorite para generasi milenial yang hobby nongkrong di caf̩, Pada dasarnya Tekstur Donat Kentang ini juga lebih lembut di bandingkan donat biasa, walaupun harganya tidak terlalu berbeda jauh dengan harga donat biasa, dengan rasanya yang lebih legit dan pastinya sangat lezat menjadikan Donat Kentang ini menjadi Viral dan sangat terkenal di seluruh penjuru dunia, nah mumpung kalian lagi di rumah Aja nih, gak ada salahnya kalau bunda coba bikin deh sendiri Donat Kentang yang Lezat ini dengan panduan Resep sbb :

Bahan - Bahan Untuk Bikin Donat Kentang :

  • 400 gram tepung terigu serbaguna
  • 6 gram ragi instan  ( 1 Bungkus )
  • 100 ml air Es
  • 15 gram susu bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 gram gula pasir halus
  • 250 gram kentang yang sudah di kukus dan di kupas kulitnya
  • 1 butir telur ayam
  • 35 gram mentega
  • 100 gram gula tepung untuk taburannya


Bahan dan Alat untuk Bikin Kue Donat Kentang, baik dari segi Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara :

Cara Membuat Donat Kentang :

Langkah pertama bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mempersiapkan peralatan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat kentangnya, beberapa peralatan yang akan kita butuhkan untuk membuat donat Kentang antara lain adalah baskom, loyang, wajan dan sebuah kocokan.





Setelah Bunda mempersiapkan peralatan diatas, maka langkah berikutnya adalah menaburi loyang yang sudah dipersiapkan dengan menggunakan tepung terigu secara merata.

Kemudian berikutnya bersihkan kentangnya dengan cara cuci dengan menggunakan air yang bersih sampai kotoran pada kentang hilang, kemudian Potong kentang menjadi beberapa bagian.

Berikutnya Rebuslah air di dalam panci, kemudian tunggu sampai mendidih, baru masukkan kentang tersebut kedalamya, rebuslah kentang sampai empuk dan matang secara merata.

Setelah Matang segera angkat  kentang tersebut dari panci dan kupas kulitnya, setelah itu selagi masih hangat kentangnnya segera haluskan secara merata sampai dengan kentang menjadi hancur dan halus secara merata.dan  Sisihkan di dalam sebuah mangkuk untuk kemudian diamkan beberapa waktu sampai dingin.

Langkah berikutnya kita akan membuat adonan donatnya, langkah pertama adalah memasukkan tepung terigu bersama denan ragi instan, gula pasir, susu bubuk dan juga baking powder dalam sebuah wadah atau baskom yang sudah kita siapkan tadi, kemudian sduk-aduk bahan ini secara merata hinga semuanya tercampur dengan sempurna.




Setelah adonan donat tercampur dengan sempurna, baru bisa ditambahkan dengan kentang yang sudah di hancurkan tadi kedalam adonannya, kemudian aduk- aduk lagi sampai semua bahannya tercampur merata.

Langkah berikutnya kita bisa masukkan telur ayam kedalam adonan bersama dengan air es sedikit demi sedikit dan segera uleni sampai kalis hingga semua bahan di dalam adonan tercampur secara merata, jangan lupa sambil memasukkan margarin / mentega dan juga garam kedalam adonannya, lalu terus aduk -aduk dan uleni sampai tekstur adonannya terasa kenyal elastis, uleni terus sambil dibanting-banting dan ditarik-tarik secara merata adonannya.

Setela bunda capek dan adonan sudah elastis maka selanjutnya diamkan adonan tersebut selama kurang lebih setengah jam hingga adonan menjadi mengembang.

Sebelum di bentuk, kempeskan dulu adonannya dengan mengunakan tangan dan timbang adonan masing-masing 20 gram, lalu  dibulatkan dengan menggunakan tangan,. setelah itu, lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan cetakan agar lebih rapih dan nantinya berbentuk kue donat.

Setelah di bentuk, kemudian masukkan adonan tersebut kedalam loyang yang telah ditaburi dengan tepung terigu, lalu biarkan beberapa saat sampai adonan mengembang secara merata selama kurang lebih setengah jam.

Langkah selanjutnya siapkan sebuah wajan teflon dan panaskan minyak goreng didalamnya, tunggu sampai minyak panas secara merata, baru Goreng adonan donat tersebut didalam minyak panas tersebut, goreng hingga matang merata dan berwarna kuning kecoklatan, dan angkat serta tiriskan minyaknya.

Langkah Terkahir Sajikan donat di atas piring dan taburi dengan menggunakan gula tepung secara merata selagi masih hangat.


Selamat Mencoba !

Tips Anti Gagal Bikin Donat Kentang !

Kentang Bisa di kukus dan lumatkan sewaktu masih panas sampai benar-benar hancur.

Baru Boleh dicampurkan ke dalam adonan tepung apabila kentang sudah dingin atau menurun suhunya hingga suhu ruangan

Selain menggunakan kentang, sebenarnya ada beberapa jenis bahan lagi yang bisa kita gunakan didalam adonan donat yang lezat, yuk kita pelajari caranya juga !


--->  SELANJUTNYA ->