Statistiche web -->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

BELAJAR MASAK PAKAI GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi
Diskon Besar - besaran 12.12 Popok Dan Susu Formula

Apa Itu Fermipan dan Apa Kegunaanya

Apa Itu Fermipan dan Apa Kegunaanya

KEGUNAAN FERMIPAN DI DALAM CARA MEMBUAT KUE YANG ENAK

Fermipan adalah Ragi Instan atau ragi Kering berisi Micro Organisme ber sel satu dari keluarga fugus spesies Saccharomyces cerevisiae  dan Berfungsi Sebagai Bahan Pengembang Roti dan kue.  di dalam Resep aneka Roti, donat dan beberapa jenis kue ada bahan yang bernama Fermipan, apakah itu ? dan apa fungsinya jika di campurkan dengan bahan - bahan Roti, donat dan beberapa jenis kue ? mari kita jawab pertanyaan ini satu persatu dengan lengkap, agar anda benar - benar paham dengan manfaat dan fungsi bahan kue yang bernama Fermipan ini. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk membuat Roti atau donat kita membutuhkan campuran bahan pengembang agar roti atau donat yang kita buat bisa mengembang dengan sempurna, wangi dan lembut. Bahan pengembang yang di butuhkan salah satunya adalah ragi, Sehingga di dunia bakery terkenal dengan ragi kering atau ragi instant yang sangat digemari masyarakat sebagai bahan pengembang roti. Di dalam ragi kering ini berisi mikro organisme bersel satu yang hidup dari keluarga fungus, spesies Saccharomyces cerevisiae dan merupakan jamur pemakan gula yang akan mengeluarkan gas CO2. Proses inilah yang dimanfaatkan para pembuat roti agar adonan roti bisa mengembang.  Bagaimana  Proses applikasinya pada roti, kue dan donat ? mari kita simak bersama di bawah ini :

Bahan Fermipan di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara  :



Salah satu jenis ragi kering atau ragi instan yang terkenal adalah Merek Fermipan, Fermipan bentuknya seperti butiran-butiran kecil agak kasar yang berwarna coklat terang,
Cara kerja ragi instant Fermipan ini akan aktif jika berkumpul dengan gula, tepung ( karbohidrat ) dan air. Nantinya, fermipan akan mengubah gula dan tepung menjadi karbondioksida sehingga adonan dapat mengembang / mekar.

Fermipan Atau Ragi Instan Bisa di Pergunakan Untuk Apa Saja :

  1. Sebagai Bahan Pengembang Untuk Proses Pembuatan Roti

  2. Merupakan Bahan Campuran Untuk Bikin Donat

  3. Untuk Bahan Pengembang Adonan Cakue

  4. Untuk Bikin Kue Mangkok Supaya Lebih Mengembang

  5. Untuk Campuran Adonan Martabak Agar Lebih Empuk dan Tekturnya Bercarang

  6. Buat campuran Adonan Kue Bantal Supaya Bisa Mengembang sempurna

  7. Di Campurkan dengan Adonan Kue Surabi agar Tekturnya Jadi Bercarang

  8. Bisa Buat Bikin kulit Bakpau menjadi lebih mengembang sempurna


Di adonan roti pasti terdapat tepung dan gula yang telah dicampur dengan fermipan, kita diamkan beberapa saat agar fermentasi terjadi. Selanjutnya microorganisme dalam ragi akan mengubah karbohidrat dan gula menjadi gas karbon dioksida dan alkohol. Gas yang terperangkap di dalam adonan akan mendorong roti untuk mengembang. Reaksi ini jugalah yang membuat roti kita mempunyai bau khas saat dipanggang.

Apa Bedanya Fermipan dan Ragi Kering Lainnya



Apakah Fermipan Harus di Aktifkan Terlebih Dahulu Seperti Ragi Kering Pada Umumnya ?

Fermipan adalah Termasuk Kategori Ragi Instan, Kalau ada kata Instan artinya sama dengan gak pake ribet, Sebenarnya Ragi Instant atau Biasa yang kita kenal dengan nama Fermipan tidak perlu lagi di aktifkan terlebih dahulu seperti ragi kering pada umumnya yang harus di aktifkan terlebih dahulu dengan campuran gula dan air, namun jika anda tidak yakin dengan kwlitas fermipannya apakah masih bagus atau tidak maka mengatifkan Fermipan dengan cara tersebut boleh juga di lakukan.

Cara Mengaktifkan Ragi Kering

Siapkan Air Hangat dengan suhu air dikisaran antara 37 hingga 43° C. harap perhatikan sebab kalau airnya terlalu dingin, ragi tidak akan aktif dan  jika airnya terlalu panas, raginya bisa mati. Jadi Pastikan dulu jumlah air yang akan digunakan, agar tidak melebihi jumlah yang dianjurkan di dalam resep

Setelah air dan ragi kering siap di aduk hingga larut, kita bisa campurkan sedikir gula, karena Gula akan menyediakan nutrisi bagi ragi untuk segere aktif dan memicunya agar ragi tersebut mulai melakukan proses metabolisme, bisa juga kita gunakan setetes sirop atau sedikit tepung terigu.


Cara Mengatifkan Ragi Kering


Setelah itu diamkan beberapa menit, dan biarkan ragi berkembang hingga berbusa dan menjadi banyak, nah kalau sudah mengembang / berbusa itu tandanya ragi / Yeast sudah aktif dan siap di gunakan untuk mengembangkan adonan kue atau roti.

Kalau Raginya sudah aktif, ragi tersebut berarti sudah siap dicampurkan kedalam adonan untuk tahap proses pengembangan,  Ragi yang aktif akan bekerja mengubah komponen – komponen di dalam Adonanan Tepung Terigu Yaitu karbohidrat menjadi karbondioksida, maka karbondioksida tersebut yang membuat adonan roti bisa mengembang dangan sempurna.


Adonan Yang sudah di campur ragi Aktif


Kalau Raginya sudah aktif, ragi tersebut berarti sudah siap dicampurkan kedalam adonan untuk tahap proses pengembangan,  Ragi yang aktif akan bekerja mengubah komponen – komponen di dalam Adonanan Tepung Terigu Yaitu karbohidrat menjadi karbondioksida, maka karbondioksida tersebut yang membuat adonan roti bisa mengembang dangan sempurna.

Ketika adonan sudah selesai diuleni bersama ragi aktif, maka adonan akan kita diamkan dan di tutup dengan kain bersih / serbet pada kondisi di dalam suhu ruang sampai adonan mengembang dengan sempurna, Proses inilah yang biasa disebut Proses Proofing, yaitu proses pengecekan apakah ragi bisa aktif bekerja atau tidak. Kalau adonan bisa mengembang, Maka Proses Proofing berjalan dengan baik.

Selanjutnya  adonan tersebut akan kita kempesin lagi dan kemudian kita diamkan lagi hingga kembali mengembang, Proses Proofing yang kedua ini,  adalah untuk membentuk adonan sesuai keinginan.kita, dan jika sudah mengembang lagi, adonan juga siap dimasukkan dalam oven, seiring dengan proses pemanggangan  maka ragi di dalam adonan pun mati,  tetapi gakmusah sedih dan gak usah khawatir karena dengan matinya ragi tersebut, maka proses pengembangan pada adonan pun telah selesai dan Roti yang empuk siap kita konsumsi dengan aman.

Komposisi dan Applikasi Penggunaan Fermipan

Penggunaan Fermipan biasanya sekitar 2% dari takaran tepung, jadi misal kita menggunakan tepung terigu 1 kilo, fermipan yang kita masukkan itu sekitar 20 gram saja. Kita bisa menggunakan fermipan untuk roti yang memiliki tekstur serat dan rongga di dalamnya, misal saja donat, kue bantal, apem, martabak, bakpao.

Sama halnya dengan pengembang kue lainnya kita harus segera menggunakan fermipan setelah kemasannya terbuka. Ragi dapat bereaksi dengan udara yang nantinya mengakibatkan kinerja fermentasi akan berkurang dan hasilnya kualitas adonan roti menurun.

Jika masih ada fermipan yang tersisa setelah pemakaian maka sebaiknya disimpan di tempat yang tertutup dan bersuhu dingin. Setelah selesai gulung bungkus fermipan yang telah dibuka, kunci dengan karet gelang lalu taruh di dalam kulkas. Alternatif lain adalah dengan memasukkan fermipan dari kemasan ke botol plastik kecil. Fermipan bisa bertahan berbulan-bulan jika disimpan dengan baik.

Bagaimana Caranya Menggunakan Fermipan atau Ragi Instant !

silahkan simak Video di bawah ini :





Untuk mengetes kualitas dari fermipan yang lama tersimpan, kita bisa melakukan eksperimen kecil. Ambillah mangkok berisi air hangat, lalu masukkan sedikit bubuk fermipan ke dalam air. Jika muncul buih buih artinya fermipan masih bisa berfermentasi dengan baik seperti tampak pada gambar di atas. Fermipan adalah merek yeast (ragi) kering instant dari Perancis yang sudah dikenal oleh pembuat kue di seluruh dunia. Tidak hanya para profesional saja yang menggunakannya, banyak ibu rumah tangga yang memakai fermipan sebagai bahan pengembang roti alami.

Bahan - Bahan Pengganti Fermipan

Pasti banya  yang tanya, apakah Untuk bikin kue - kue seperti Kue Mangkok, Kue Surabi, Kue Bantal Hingga bikin bakpau harus pakai fermipan ? fungsi fermipan sebenarnya adalah sebagai bahan pengembang alami, sehingga fermipan atau nama lainnya Ragi Instat haze ini bisa kita ganti atau kita subtitusikan dengan bahan pengembang lainnya seperti Soda Kue atau Baking Powder

Perbedaan Manfaat Fermipan dengan Bahan Pengembanga lainnnya Seperti Baking Powder / Soda Kue

Sebanarnya Fermipan dan Baking Powder itu sama – sama masuk dalam kategori Bahan pengembang kue atau istilah di resep masakan di sebut Leavening Agent – namun Baking Powder ini merupakan campuran bahan – bahan  lainnya seperti sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat, dimana bahan – bahan tersebut jika di satukan cairan yang mengandung air pada suhu panas, maka akan menghasilkan karbondioksida, nah karbondioksida inilah yang akan membantu adonan kue menjadi mengembang dengan cepat, sedangkan Fermipan berasal dari Micro Organisme yang sifatnya lebih alami dalam mengembangkan adonan kue, dalam hal ini produk fermipan  yang berisi mikro organisme dan bersel satu akan bereaksi jika kita campurkan dengan bahan air dan gula sehingga juga akan menghasilkan gas karbondioksida ( CO2 ) sama halnya dengan Baking Powder tadi, nah proses reaksi alami micro organisme pada ragi kering tersebut akan membuat adonan kue dan roti menjadi mengembang.


---> SELANJUTNYA