Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Loading...

Cari Tahu Kejutan Diskonnya Sekarang !

Translate

Rahasia Masakan Lezat Dengan 3 Macam Bumbu Dasar ini

Pernah lihat tukang masak di restoran malakukan atraksi memasak aneka masakan khas indonesia yang sangat lezat dengan sangat cepat tapi tetap pakai bumbu dan rempah asli khas indonesia ? Mau tau rahasianya ? tenang aja bund, setelah menyimak artikel ini, maka bunda pasti bisa juga memasak seperti itu, karena di artikel ini kita akan bahas, bumbu dasar apa saja sih yang di pakai para master chef untuk menyajikan masakan - masakan khas nusantara yang super lezat itu ! Pada Prinsipnya ada 3 macam Bumbu dasar khas indonesia yang sudah di racik terlebih dahulu sebelum para chef tersebut memulai atraksi memasaknya, yaitu yang biasa kita sebut Bumbu Dasar Putih, Bumbu Dasar Merah dan Bumbu Dasar Kuning, Untuk Bumbu dasar Putih dan Merah sering kita jumpai sehari - hari saat kita beli nasi goreng abang tek - tek gerobak yang suka keliling di sekitar rumah kita. dan untuk bumbu dasar kuning, biasa kita jumpai di Kedai Soto. Umumnya memang seperti itu, tapi ketiga bumbu dasar tersebut juga di applikasikan dengan baik oleh para master chef di restoran berbintang loh ! sehingga jika ingin bisa pandai memasak masakan lezat dan cepat, kita harus mau belajar membuat atau menyiapkan sendiri ketiga jenis bumbu dasar tersebut di dapur kita masing - masing. Sebelum mencobanya silahkan simak salah satu video tutorial tentang bagaimana caranya meracik ke tiga bumbu dasar tersebut, selamat menyimak !







Sebenarnya, Bumbu Dasar Putih, Merah dan Kuning ini, ada yang sudah jadi atau buatan pabrik dan di kemas secara khusus, sehingga kita tidak perlu repot - repot lagi meraciknya sendiri, tinggal buka toples atau bungkusnya, dan langsu bisa di pakai deh untuk bikin masakan lezat di rumah, apa saja merek dan jenis bumbu dasar siap pakai yang banyak di jual di minimarket, hingga supermarket, untuk lebih jelasnya dan untuk menambah pengetahuan kita, silahkan kalian cari tahu dengan cara -->
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan



Sebelum kalian menemukan artikel ini, mungkin sering bertanya - tanya, kalau saya masu masak ini dan itu, harus menyiapkan bumbu apa saja ya ? hmm, setelah membaca artikel ini, semua jadi mudah kan bund ? Mau masak sop tinggal buka kulkas, ambil sayuran, daging dan bumbu putihnya yang sudah bunda siapkan di toples kecil, mau masak rendang, tinggal buat santan kelapa dan ambil daging di kulkas serta ambil ketiga bumbu tersebut, bumbu putih untuk aroma bawangnya, bumbu merah untuk rasa pedasnya dan bumbu kuning untuk penguat citarasa nusantaranya serta menciptakan warna masakan yang penuh selera. dan Kalau mau masak telur balado, tingga beli telur ayam di warung kemudian gunakan bumbu dasar putih dan bumbu dasar merah, selanjutnya tinggal di masak deh. Nah begitu mudahnya kan bund, Belajar Memasak itu emang gak susah kok, asal mau banyak cari tahu dan berani mencoba.


Bumbu Dasar Racikan Sendiri Jelas Lebih Fresh dan Lebih Asli Citarasanya !

Seiring pekembangan jaman, banyak sekali anake bumbu masak instant yang di tawarkan oleh perusahaan - perusahaan pengolah bumbu masak kepada kita melalui iklan - iklan masakannya yang mengiurkan, walaupun sebenarnya gambar yang kita lihat tidak seenak dengan aslinya. Mungkin bagi kita yang sibuk dan gak punya waktu banyak untuk memasak, bumbu - bumbu instant tersebut akan banyak menolong kita ketika ingin memasak lebih cepat. Jika Bunda ingin pandai memasak, sebisa mungkin hindarilah menggunakan bumbu masak instant, mengulek dan meracik bumbu masak sendiri tentunya akan beda rasanya, selain bunda mendapat " Rasa Capek / Lelah " Tapi ada kepuasan tersendiri loh ! Citarasa Nusantara itu Gak Pernah Bohong Loh Bund ! Kalau semua bumbu - bumbunya kita persiapkan sendiri dari bahan - bahan yang fresh, pasti hasil dan rasa masakannya juga akan terasa wow ! Untuk itulah di kesempatan kali ini kita akan belajar, bagaimana mempersiapkan 3 macam bumbu dasar yang kita akan kita racik sendiri dengan panduan Resep - resep Spesial di bawah ini :


Resep Bumbu Dasar Putih
Walaupun di sebut Bumbu Dasar Putih, tapi bukan berarti warnanya putih seperti garam loh, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambarnya di bawah ini






Warna agak kecoklatan kan, bukan putih ! karena bumbu dasar putih ini di racik dari Bahan - bahan dasar  bawah putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, merica / lada gula putih dan garam, untuk lebih jelasnya bisa simak resepnya di bawah ini :


Bahan – Bahan Yang Di Perlukan Untuk Meracik Bumbu Dasar Putih
16 butir bawang merah
10 siung bawang putih
6 butir kemiri, ( jangan lupa di sangrai ya )
1 sendok teh ketumbar butiran dan jangan lupa di sangrai juga
1 sendok teh lada putih atau merica butiran ( di sangrai juga ya )
11/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir

Cara meracik dan membuat bumbu dasar putih

Kumpulkan semua bahan – bahan di atas dan kemudian haluskan dengan Blender atau Ulekan sampai halus, Setelah Halus kemudian ditumis sebentar sampai sedikit harum saja, kemudian dinginkan dan  simpan di dalam toples kaca atau wadah kedap udara, jika ingin lebih awet biasa masukan ke dalam kulkas.

Masakan yang mempergunakan Bumbu Dasar Putih adalah : Sop, Rawon, Aneka Tumisan / oseng-oseng, gudeg, Tempe Bacem, sampai dengan  Opor  Juga bisa loh pakai Bumbu Dasar Putih ini !



Resep Bumbu Dasar Merah
Kalau Bumbu dasar yang satu ini memang Sama dengan warnanya yaitu merah, warna merah berasal dari Cabai Merah dan Tomat, untuk lebih jelasnya bisa lihat ganbar di bawah ini :






Bahan – Bahan Yang Di Perlukan Untuk Meracik Bumbu Dasar Merah ( Pedas )


500 gram cabai merah besar, buang bijinya dan iris menjadi beberapa bagian
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 Butir Kemiri ( di sangrai dulu ya )
50 gram gula merah, sisir halus
1 sendok teh garam
Jika Suka Bisa Tambahkan Sepotong Kecil Terasi Goreng


Cara meracik dan membuat bumbu dasar merah

Kumpulkan semua bahan – bahan di atas dan kemudian haluskan dengan Blender atau Ulekan sampai halus, Setelah Halus kemudian ditumis sebentar sampai sedikit harum saja, kemudian dinginkan dan  simpan di dalam toples kaca atau wadah kedap udara, jika ingin lebih awet biasa masukan ke dalam kulkas.

Masakan yang mempergunakan Bumbu Dasar Putih adalah : Sambal Kentang, Semur, Rendang, Orek Tempe, Aneka Pepes, Sambal Goreng, Gulai, Bumbu Rujak dan Aneka Balado



Resep Bumbu Dasar Kuning
Bumbu kuning adalah salah satu ciri khas masakan Nusantara, ada banyak jenis masakan khas indonesia yang menggunakan bumbu kuning dan warna kuning pada bumbu dasar kuning tersebut adalah berasal dari kunyit, untuk lebih jelasnya bisa lihat ganbar di bawah ini :







 
















Bahan – Bahan Yang Di Perlukan Untuk Meracik Bumbu Dasar Kuning

20 butir bawang merah
12 siung bawang putih
6 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar butiran, disangrai terlebih dahulu
1 sendok teh merica butiran, disangrai terlebih dahulu
4 cm lengkuas
4 cm kunyit
3 cm jahe
1,5 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir


Cara meracik dan membuat bumbu dasar merah

Kumpulkan semua bahan – bahan di atas dan kemudian haluskan dengan Blender atau Ulekan sampai halus, Setelah Halus kemudian ditumis sebentar sampai sedikit harum saja, kemudian dinginkan dan  simpan di dalam toples kaca atau wadah kedap udara, jika ingin lebih awet biasa masukan ke dalam kulkas.

Masakan yang mempergunakan Bumbu Dasar Putih adalah : Aneka Soto Kuning, Aneka Acar Kuning, ayam goreng, Aneka Sayur kari, Nasi kuning, Aneka Pepes, dan aneka masakan nusantara yang berbahan bumbu kunyit.


Selain Bumbu Dasar Putih, Merah dan Kuning, yang menjadi modal dasar untuk masak enak dan lezat, sebenarnya sih masih ada bumbu - bumbu lainnya yang lebih spesial terutama untuk aneka masakan jaman now, di antaranya


--->  SELANJUTNYA ->
 
Loading...