Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

LightBlog

Promo Bukalapak

Translate

Kamis, 31 Mei 2018

Cara Bikin Kue Putu Asli Kampung Halaman




RESEP KUE PUTU ASLI TEPUNG BERAS KHAS KAMPUNG HALAMAN

Nuasa Kampung Halaman akan Terasa kembali ketika kita belajar bikin kue jaman dulu yang bernama kue putu ini, aroma khas dari asap kukusan dan selongsong cetakan bambu membuat kita bisa bernostalgia sejenak dengan nuasan kampung halaman kita, Tentunya kita masih ingat dengan suara kukusan tukang kue Putu yang mirip suara peluit, bunyi tersebut di hasilkan dari lubang uap di kukusannya. di jaman moderen bunda masih bisa membuat kue Tradisional ini, hanya saja alat kukusannya kita gunakan panci kukus dan agar terasa alaminya cetakan kue putu tetap terbuat dari selongsong bambu. Untuk bahan - bahan tetap sama seperti jaman dulu, yaitu tepung beras yang berpadu dengan gula merah, mari kita coba membuatnya dengan panduan Resep Berikut ini :



Bahan – Bahan Yang di Perlukan untuk Membuat Kue Putu :

350 tepung beras

150 gram gula merah, ( di sisir )

300 ml air matang

½ sdt garam

2 Lembar daun pandan ( untuk pewangi )

Pasta pandan warna hijau secukupnya ( beberapa tetes saja sebagai pewarna )

150 gr kelapa parut setengah tua, kukus dengan sedikit garam

Bahan dan Alat untuk Bikin Kue Putu, dari segi Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, sebagain bisa bunda dapatkan informasinya
dengan cara    --------->

http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan




Proses Membuat Kue Putu :

Langkah pertama rebuslah 300 ml air bersama dengan daun pandan dan juga beberapa tetes pasta pandan sebagai pewarna hijau sampai air yang anda rebus mendidih. Setelah mendidih angkat dan diamkan sampai hangat. Setelah hangat masukan sedikit demi sedikit tepung beras sambil tetap diaduk aduk terus, dan jika sudah berbentuk seperti butiran butiran bisa bunda diamkan dahulu.

Siapkan saringan yang kasar. Kemudian masukan adonan diatas ke dalam saringan kasar tersebut. Gosok gosok hingga adonan berbentuk seperti butiran halus kemudian tampung di wadah.

ambilah selongsong bambu ( cetakan kue putu ) dan bunda bisa masukan adonan diatas ke dalam selongsong tersebut. Lubangi bagian tengahnya dengan menggunakan ujung sendok atau jari untuk nanti di beri isian gula merah. Tutup kembali lubangnya menggunakan adonan tapi jangan ditekan. Cukup anda ratakan saja.

lalu susun cetakan yang sudah di isi di dalam panci kukus ( langseng ) yang sudah di alasi dengan daun pisang.

Kukus di dalam panci dengan api yang panas selama kurang lebih 30 menit. Selagi masih hangat, keluarkan kue putu yang sudah matang dari selongsong atau cetakanya dengan alat pendorong berbentuk seukuran lubang cetakan ( biasanya terbuat dari kayu )


Untuk selongsong atau cetakan kue putu termasuk kayu pendorongnya, bunda bisa buat sendiri dari bambu atau bisa beli di toko online yang jual alat – alat cetakan kue tradisional.




---> SELANJUTNYA


Loading...