Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

LightBlog

Sample Gratis, Silahkan Ambil !

Translate

Rabu, 09 Mei 2018

Mengenal 10 Jenis Susu Sapi Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kue Dan Memasak

Susu Sapi sudah terkenal sejak jaman kuno sebagai salah satu bahan dasar untuk melezatkan Masakan dan aneka kue, susu sapi yang di pergunakan pada jaman dulu pada umumnya adalah susu sapi segar yang langsung di masak atau di olah sebagai campuran masakan dan aneka kue, mengapa susu sapi yang di pergunakan ? hal ini karena volume susu yang di hasilkan seekor sapi jauh lebih banyak di bandingkan susu hewan ternak lainnya seperti kambing dan unta, selain itu susu sapi banyak mengandung aneka mineral dan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, diantaranya Kandungan Protein, Karbohidrat dan Vitamin yang larut dalam air dan mudah di cerna oleh tubuh manusia, tidak terlepas dari manfaatnya, maka seiring perkembangan jaman dan perkembangan tehnologi pangan, maka mulailah di temukan aneka macam olahan turunan susu sapi segar, yaitu keju dan mentega butter, namun selain produk turunan susu sapi segar tersebut, berdasarkan cara atau proses pengolahannya maka terciptalah aneka Jenis susu sapi yang pada umumnya di gunakan untuk melezatkan masakan dan membuat kue - kue yang enak pada jaman moderen ini. Pada kesempatan kali ini kita akan memperlajari pengetahuan tentang Aneka Jenis Susu Sapi Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kue Dan Memasak - Sedikitnya ada 10 Jenis Susu Sapi Yang Pada Umumnya Bisa dipergunakan Untuk Membuat Kue Dan Memasak pada jaman moderen yang serba instant ini. Mari kita simak satu persatu 10 jenis susu tersebut serta pemanfaatanya untuk memasak apa saja !



Susu Pasteurisasi ( Pasteurized Fresh Milk )






Ini adalah susu Sapi Murni cair yang telah mengalami proses pasteurisasi, yaitu proses pemanasan pada suhu Stabil di kisaran 72– 75° C selama 15 detik untuk menghilangkan organisme yang berbahaya dan merugikan, termasuk bakteri pembusuk sehingga lebih tahan lama. Kemudian Susu sapi tersebut didinginkan pada suhu 10° C, lalu dikemas di dalam botol atau karton steril, sehingga  susu ini  bisa bertahan beberapa hari di dalam suhu lemari es, Susu jenis ini sering disebut Pasteurized Fresh Milk Dalam Kemasan, Jadi susu jenis pasteurisasi ini hanya bisa dikonsumsi sebelum tanggal kedaluwarsa sekitar 1-2 minggu sejak tanggal produksi, walaupun kemasannya sama tapi berbeda dengan susu UHT yang bisa disimpan  dalam waktu yang  cukup lama, kurang lebih 6 bulan s/d 1 tahun. Susu Jenis Pasteurisasi selain di minum langsung juga bisa untuk campuran adonan aneka kue basah dan campuran aneka minuman segar.



Susu Homogen   ( Homogenized Milk )






Susu Jenis ini adalah pengembangan dari susu pasteurisasi yang kemudian diproses dengan tekanan uap tinggi agar lemak susunya tidak berkumpul di permukaan, tetapi merata dalam susu, sehingga saat direbus susu harus diaduk-aduk agar lemaknya tidak terpisah,  Jenis Susu Sapi homogen ini dapat disimpan di lemari es selama 1 Minggu, dan di eropa dan amerika biasanya susu ini untuk campuran sereal dan bisa juga untuk memasak masakan western serta aneka kue, fla dan campuran pudding, kopi, dan coklat hangat



Susu UHT ( Ultra High Temperature Milk )





UHT adalah Susu Murni cair yang dipanaskan dengan suhu 137° C. - dengan dipanaskannya susu murni tersebut maka kuman-kuman dan bakteri pada susu akan hilang seketika, walau proses hanya 3 detik yang bertujuan untuk mnghilangkan bakteria dan mikroorganisme, justru 3 detik tersebut memastikan bahwa tidak rusaknya vitamin dan protein pada kandungan susu murni tersebut,  ternyata susu ini awet selama berbulan-bulan pada suhu ruang sebelum dibuka kemasannya, jika sudah di buka kemasannya maka harus segera di habiskan,  biasa Susu UHT tawar (plain) sering di gunakan untuk pengganti santan untuk memasak, membuat aneka pudding dan kue, dan juga bisa di minum langsung.



Susu Steril  ( Sterilzed Milk )



Jenis susu sapi ini adalah turunan dan sus homogen yang dipanaskan hingga 110° C sehingga menjadi lebih kental,  kemudian diikemas dalam botol atau kaleng steril, sehingga bisa bertahan sampai tahunan,  susu jenis ini, terutama yang rasanya tawar sering di gunakan untuk memasak aneka sup karena lebih kental dan aneka kue bolu serta kue kering yang menggunakan fla di tengahnya seperti pie susu, susu ini juga biasanya bisa di minum langsung.



Susu Evaporasi ( Evaporated Milk )




Ini adalah jenis susu sapi murni yang kental namun rasanya tawar, karena hampir sebagian kandungan airnya sudah angkat dengan cara diuapkan, sehingga cairan susu evaporasi ini menjadi kental, biasanya di gunakan untuk masak masakan bersantan ( penganti santan ) dan juga sering  digunakan sebagai pengganti krim untuk kopi dan fla pudding. Selain itu bisa juga di gunakan untuk campuran aneka kue basah.



Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana,  bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan





SKM - Susu Kental Manis ( Sweetened Condensed Milk )




SKM adalah susu yang kental dan manis sekali karena ditambah gula,  biasanya digunakan untuk siraman es campur, martabak manis, dan pancake, bisa juga digunakan untuk membuat kue atau puding, tetapi di kurangi pemakaian gulanya,  Sweetened Condensed Milk atau SKM ini tidak cocok untuk campuran masakan karena rasanya yang terlalu manis.



Susu Bubuk Full Cream dan Skim





Susu Bubuk Full Cream adalah susu  sapi segar yang dikeringkan sehingga berbentuk bubuk., Jenis susu bubuk ini kandungan lemaknya cukup tinggi sehingga disebut Susu full cream, rasanya cukup gurih, ada juga susu bubuk yang dibuang sebagian lemaknya (low-fat), dan yang tanpa lemak sama sekali (skim/non-fat). – susu bubuk ini biasanya untuk membuat adonan kue – kue kering dan bolu panggang







Cultured Buttermilk






Jenis susu ini sebetulnya adalah cairan sisa hasil pemrosesan mentega,  hasil olahannya berbentuk cairan kental dan bisa langsung diminum atau untuk campuran membuat kue, biasanya Cultured Buttermilk di keringkan hingga menjadi bubuk agar mudah di gunakan untuk bahan membuat aneka kue,  Jika dicampur dengan soda kue, buttermilk bisa menjadi bahan pengembang, sehingga buttermilk biasa di gunakan untuk membuat aneka kreasi bolu panggang yang lembut dan wangi susu.


Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana,  bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan





Yogurt





Yogurt adalah hasil fermentasi susu yang dihasilkan oleh bakteri Streptococcus dan Lactobacillus penghasil asam laktat, walupun rasanya hampir mirip susu sour milk atau susu asam, tapi lebih kental, selain di minum langsung, Yogurt juga bisa untuk membuat saus salad dan berbagaimacam kue – kue masakini yang membutuhkan penguat rasa asam yang lezat dan wangi.




Sour Milk







Susu jenis ini rasanya asam, karena merupakan hasil fregmentasi susu segar sehingga rasanya asam, susu Jenis Sour Milk ini adalah produk import, jika susu asam jenis ini sulit dicari, anda bisa membuatnya sendiri. Campur 300 ml susu cair dengan 1 sdm air jeruk lemon atau cuka, aduk-aduk, diamkan selama 10 menit hingga kental, susu asam siap digunakan. – Kegunaan Sour Milk ini adalah sebagai penguat Rasa pada masakan dan kue.

Contoh Resep Kue Yang Menggunakan Bahan Campuran Sour Milk ( Susu Asam )
adalah : Coconut Lemon Cake





SELENGKAPNYA



Informasi Untuk Bahan Aneka Susu Sapi Olahan Pabrik Yang Biasa Digunakan Untuk Membuat Kue Dan Memasak baik Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana,  bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan





Loading...