Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

LightBlog

Sample Gratis, Silahkan Ambil !

Translate

Senin, 20 November 2017

Belajar Mengenal Aneka Pisau Dapur Dan Kegunaannya

Bagi sebagian besar di antara kita baik yang biasa memasak untuk keluarga maupun yang memasak untuk menyalurkan hobby, tentu saja pisau dapur adalah merupakan peralatan dapur atau perlengkapan kegiatan memasak yang sangat penting, bisa di katakan pisau dapur adalah perlengkapan wajib jika hendak memasak, namun di balik kebutuhan itu, ternyata banyak diantara kita yang belum mengenal jenis - jenis pisau dapur serta kegunaanya, sebagian besar di antara kita mungkin menganggap jenis pisau dapur itu sama saja, paling hanya ukuran pisaunya saja ada yang besar dan ada yang kecil, yang terpenting adalah saat di butuhkan pisau dapur tersebut bisa di gunakan untuk memotong daging dan sayuran. Apakah sebilah pisau di dapur kita udah cukup ? Secara umum memang sebilah pisau saja sudah bisa memenuhi standar untuk memulai kegiatan masak memasak di dapur kita, tetapi tidak ada salahnya jika kita ingin lebih maksimal lagi mengembangkan bakat dan kebutuhan pengetahuan memasak kita, karena memasak itu tak sekedar citarasanya yang lezat, tetapi potongan - potongan bahan - bahan masakan yang akan kita olah sebaiknya bisa tampil semenarik mungkin dan tentunya bisa menggugah selera yang melihat sehingga terpanggil untuk segera mencicipi masakan kita.


Seiring perkembangan jaman, munculah berbagai jenis dan bentuk pisau dapur berdasarkan manfaat dan fungsinya ketika di gunakan untuk mengolah masakan, mulai dari Pisau yang berukuran kecil sampai dengan pisau dapur yang berukuran besar, yang jelas semuanya memiliki kegunaanya masing - masing untuk mempermudah kita memotong bahan - bahan masakan yang akan kita olah.


Mari kita luangkan waktu sejenak untuk menyimak apa saja jenis - jenis, bentuk serta model pisau dapur yang sering di gunakan pada umumnya oleh para tukang masak atau para koki restoran, berikut ini adalah uraian lengkapnya :



Cook's Knife / Pisau Dapur Standart



Pisau dapur ini adalah jenis pisau dapur serbaguna, Pisau dengan ukuran yang pas untuk memotong segala macam sayuran, umumnya sehari - hari digunakan oleh para ibu rumah tangga, pisau jenis Cook's Knife ini memiliki ujung yang runcing dan mata pisau yang lebar serta mampu memotong hampir semua jenis bahan - bahan masakan, namun tentu saja masih banyak kegiatan masak - memasak di dapur yang bahan - bahannya tidak bisa maksimal jika dipotong dengan mempergunakan pisau dapur jenis standart ini, agar lebih maksimal dan lebih bagus hasil potongannya maka kita di sarankan menggunakan pisau jenis lain sesuai dengan keperluan kita di dapur berdasarkan fungsinya masing - masing.



Utility Knife, Kitchen Knife & Slicing Knife ( Pisau Iris )







Utility Knife / Kitchen Knife biasa di kenal sebagai Pisau Iris ( Slicing Knife )- sekilas memang mirip pisau dapur biasa, bentuknya yang hampir mirip dengan Pisau Dapur Standart, tetapi pisau iris ini memiliki desain yang lebih sempit dan tipis, sehingga Fungsinya lebih maksimal ketika di pergunakan untuk mendapatkan irisan bahan masakan setipis mungkin, ketika mengiris bahan-bahan masakan atau mengiris kulit buah pisau ini sangatlah berguna agar irisannya terlihat lebih rapi dan rata.



Santoku Knife - Pisau Cincang Gaya Jepang





Sebenarnya Jenis pisau dapur Santoku ini masih di ketegorikan cook's knife atau pisau dapur standart, hanya saja modelnya di adopsi dari gaya jepang, pisau jenis ini sangat cocok dipergunakan untuk mencincang maupun mengiris sayuran, Pisau jenis santoku ini juga biasanya dipergunakan untuk membuat irisan bahan makanan yang lebih tipis terutama pada daging, dan biasa juga di gunakan untuk menghancurkan atau mencincang bawang putih.



Paring Knife / Pisau Ukir




Jenis pisau yang kecil ini biasanya dipergunakan untuk mengukir sayuran dan buah - buahan sebagai variasi hiasa penampilan masakan agar lebih menggugah selera, jenis pisau dapur yang memiliki bentuk kecil, pendek ini cukup banyak fungsinya,  Karena bentuknya yang cukup kecil, sehingga sangat mudah dan nyaman untuk digunakan mengukir sayuran atau buah sebagai hiasan masakan.



Boning / Fillet Knife - Pisau Pemisah








Pisau yang runcing dan tipis ini berfungsi sebagai pisau pemisah, pastinya sangat tajam mata pisaunya, Karena dengan permukaan pisau yang lebih sempit, sangat cocok di gunakan untuk memotong tulang iga maupun memisahkan daging dari tulang lunak.



Cleaver Knife - Chinese Knife - Pisau Golok






Pisau dapur yang memiliki permukaan cukup lebar ini, biasa di pergunakan oleh tukang masak khas asia, sehingga cleaver knife ini biasa di sebut golok china, dengan permukaan pisau yang lebar dan pipih maka pisau jenis ini biasanya dipergunakan untuk memotong daging bahkan tulang atau mencincang daging hingga halus. Bagi Para Koki asia, pisau ini adalah pisau utama yang mereka pergunakan untuk keperluan memotong apa saja yang mereka butuhkan di dapur.



Bread / Seratted Knife - Pisau Roti






Pisau roti merupakan pisau yang berukuran cukup panjang, dan ini adalah jenis pisau dapur yang di rancang memiliki bentuk panjang dan bergerigi tipis. Pisau ini biasanya di pergunakan untuk memotong roti atau kue yang memiliki tekstur lembut dan halus. Selain memotong roti atau kue, pisau ini bisa untuk memotong sayuran seperti timun dan tomat sehingga bentuk potongannya tampak bergerigi.




SELENGKAPNYA



Untuk Menambah Pengetahuan Dapatkan Info Jenis, Kwalitasnya dan Harganya di -->  SINI

 




Loading...