Statistiche web -->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

BELAJAR MASAK PAKAI GADGET

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi

Lazada Kasih Kejutan Diskon Lagi
Diskon Besar - besaran 12.12 Popok Dan Susu Formula

Teknik Dasar Memasak Bagi Pemula Yang Mau Belajar Masak

Cara Cepat Supaya Pintar Masak dengan mempelajri Tehnik Dasar memasak Tradisional dan Moderen

MEMPELAJARI TEKNIK - TEKNIK DASAR MEMASAK AGAR BISA JADI TUKANG MASAK YANG AHLI MEMASAK MASAKAN ENAK DAN LEZAT.


Jika ingin menjadi seorang juru masak yang pandai memasak, bukan berarti menempuh pendidikan formal keahlian memasak menjadi satu - satunya jalan, seperti layaknya para Juru Masak atau Chef Terkenal, sekalipun dalam dunia kuliner seorang juru masak tentu saja harus memiliki skill dan harus mampu menguasai Tehnik - tehnik dasar memasak dengan baik, sekali lagi kita pahami bahwa bisa menempuh pendidikan memasak secara formal itu adalah sangat baik, tapi bukanlah jalan satu - satunya agar kita bisa menjadi juru masak yang handal dan sukses, terbukti sudah banyak orang awam yang tidak punya latar belakang pendidikan juru masak, tetapi sekarang sukses menjadi pengusaha kuliner terkenal dan mampu mengelola bisnisnya dengan baik serta berkembang sampai ke seluruh pelosok dunia, bahkan seorang ibu rumah tangga pun bisa sukses di dunia kuliner dan menjadi ahli memasak ketika ia mau belajar untuk mengembangkan kemampuan dirinya di bidang kuliner. Jadi setelah membaca artikel ini, apakah kalian sudah siap bertekad menjadi juru masak yang sukses ? ya setidaknya menjadi juru masak yang dapat di andalkan serta di banggakan oleh keluarga tercinta.

APA TUJUAN UTAMA KITA BELAJAR MEMASAK ?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita tentukan terlebih dahulu, apa sebenarnya motivasi kalian mau belajar memasak ? apakah karena tuntutan dari keluarga ? ataukah tuntutan ekonomi yang memaksa kalian menempuh jalan menjadi juru masak ? atau karena hobby atau ketertarikan kalian di dunia kuliner ? Motivasi boleh berbeda tapi tujuan bisa tetap sama yaitu belajar menjadi Juru Masak yang sukses dan dapat di andalkan ! dan itu sangat bisa di mulai dari siapa pun saja yang mau belajar, walaupun kalian sama sekali belum bisa memasak, mungkin paling bisanya memasak Indomie dan menggoreng telur saja ! Tidak apa - apa ! walaupun kalian baru bisa masak indomie dan menggoreng telur saja tapi setidaknya kalian sudah tahu bagaimana cara menyalakan kompor, memasak air, menggunakan pengorengan, tahu gimana caranya mengaduk masakan ( indomie ) dan tahu bagaimana cara membalikan telur menggunakan Spatula / codet dari sisi yang satu ke sisi yang lain saat telur berada di dalam penggorengan panas. ini sudah cukup sebagai modal semangat kalian untuk mulai mengembangkan diri menjadi juru masak handal yang pandai membuat masakan - masak enak dan pandai menduplikasi resep - resep masakan lezat.

KALAU MAU BELAJAR MEMASAK ITU HARUS MULAI DARI MANA ?

Pertanyaan ini yang sering kali muncul dalam pikiran seseorang yang baru mau mulai belajar memasak dan pada umumnya di alami oleh para pasutri khususnya para ibu - ibu muda yang baru mulai membina rumah tangga, demi penghematan apa boleh buat harus bisa masak, namun bisa masak saja bukan berarti masalah tersebut sudah selesai, masakan yang tidak diolah dengan baik akan menjadi tidak sedap ketika di santap bersama keluarga tercinta, bahkan yang menyantapnya suatu saat akan protes dan mungkin membuat kalian sedikit kecewa. Jangan Khawatir masalah semacam ini bisa kita selesaikan kok dengan cara belajar. Gimana belajarnya ? dan kita harus mulai dari mana ? jawabanya Mulai dari Teknik Dasar Memasak, karena teknik dasar memasak itu adalah pedoman awal bagi juru masak untuk memaksimalkan hasil masakan yang mereka buat agar terasa enak dan lezat saat di santap. Udah siap mulai memahami dan mempraktekan apa itu Teknik dasar memasak ? Yuk Lanjut !




TEKNIK DASAR MEMASAK ITU APA ?

Tehnik Dasar Memasak itu adalah bagaimana cara kita mengolah bahan masakan hingga menjadi sebuah hindangan masakan yang enak dan lezat. Pada dasarnya Tehnik dasar memasak itu meliputi :

  •     Bagaimana Cara memasak dengan Media Air ( Rebus dan Kukus )
  •     Bagaimana Cara Memasak dengan Media Minyak ( Goreng dan Tumis )
  •     Bagaimana cara Memasak dengan Media Panas Kering ( Panggang / Oven dan Bakar )

Gak pake susah, yang penting kita pahami dan pelajari serta mulai praktekan satu persatu tehnik dasar memasak tersebut sampai feeeling memasak kalian muncul dan mahir mengolah masakan tersebut, perjalanan waktu dan latihanlah yang akan membuat kalian menjadi juru masak yang mahir mengolah semua jenis masakan. dan tehnik dasar memasak itu tidak hanya meliputi cara memasak / mengolah bahan - bahan masakan saja, tetapi termasuk bagaimana cara memilih bahan - bahan masakan yang akan kita gunakan, cara membersihkan dan menyiapkan bahan - bahan masakan, cara membaca dan memahami komposisi bahana pada resep masakannya, sampai dengan cara kita menggunakan pisau untuk memotong bahan - bahan masakan tersebut. kalau di bahan satu persatu tampak ribet dan banyak sekali teorinya, ok kita gak akan panjang lebar membahas teori, mari langsung praktekan Langsung Tehnik dasar Memasak Itu berikut cara memilih, membersihkan dan menggolah bahan - bahan masakanya hingga menjadi masakan yang enak.

APA SAJA YANG MINIMAL HARUS DI MILIKI JIKA INGIN MULAI BELAJAR MASAK ?

Apapun bidang keahlian yang ingin kita pelajari tentu saja kita harus memiliki alat - alat dan fasilitasnya, misalnya orang ingin mahir menjahit tentu saja ia harus punya mesin jahit dan perlengkapanya, begitu pula jika kita ingin belajar memasak dan ingin menjadi juru masak yang pandai memasak setidaknya minimal kita harus memiliki alat - alat memasak sbb :
  1. Pisau Dapur : Di Dunia Memasak, Pisau Dapur Banyak sekali jenisnya, mulai dari Pisau untuk memotong daging, pisau untuk slicing, pisau untuk mengiris sayuran, pisau untuk mengupas kulit sayuran, sampai pisau untuk memotong bahan - bahan masakan yang keras semuanya menggunakan pisau yang berbeda, tapi sebagai pemuli minimal kita harus Memiliki 1 buah Pisau Dapur Serbaguna yang bisa digunakan mengupas, mengiris dan memotong baik itu sayuran maupun daging.

  2. Telenan : Kalau Punya Pisau ya harus lengkap dengan pasangannya yaitu Namanya Talenan atau tatakan untuk memotong bahan - bahan masakan, telenan itu banyak juga jenisnya, ada yang terbuat dari Batang Kayu Keras seperti kayu pohon jati, ada juga yang terbuat dari bahan fiber anti gores dan ada juga yang berbahan dasar plastik food grade, untuk pemula gak usah beli sebuah talenan yang mahal - mahal, yang penting fungsinya bisa buat tatakan untuk memotong bahan - bahan masakan, minimal memiliki satu buah talenan sederhana yang terbuat dari papan kayu atau lempengan plastik tebal.

  3. Kompor : Fasilitas yang wajib ada adalah Kompor, walaupun kompor untuk memasak itu juga banyak jenisnya, misalnya kompor yag di bedakan berdasarkan tungku apinya, untuk menumis pakai tungku api model Teratai ( contohnya kompor tukang nasi goreng ) lalu adalagi kompor tungku api lilin yang ada api kecil di bagian tengahnya ( contohnya kompor tukang Bakpao / tukang siomay ) dan masih banyak lagi jenis kompor lainnya, tapi kalau buat pemula yang penting punya kompor, minimal cukup kompor rumah tangga saja, misalnya kompor gas 1 atau 2 tungku.

  4. Panci : Panci Juga ada banyak sekali macamnya, Mulai dari Panci Uap ( Panci Presto ) Sampai dengan panci Khusus Slow Cooker, tapi bagi pemula yang baru mau belajar masak, cukuplah kita minimal punya i buah panci aluminium ukuran sedang saja untuk merebus bahan - bahan masakan

  5. Wajan :  Fungsi wajan untuk menggoreng dan menumis bahan - bahan masakan, jenis wajan juga banyak sekali mulai dari wajan kramik, wajan teflon anti lengket sampai dengan wajan murah yang berbahan dasar alumunium, tapi minimal kita punya 1 buah wajan alumunium ukuran sedang sudah cukup.

  6. Codet / Spatula  dan Sendok Sayur / Irus : Untuk Menggoreng dan Menumis kita butuhkan Codet atau spatula dan untuk mengaduk sayuran berkuah kita butuhkan sendok sayur atau irus. 

  7. Perlengkapan Makan : Mangkok, piring, sendok dan gelas ( minimal punya beberapa buah ) tidak apa - apa yang berbahan plastik juga.

Untuk Alat - alat masak dan perlengkapan di atas, baik kwalitas, Harga serta Belinya di mana, bisa kita dapatkan informasinya dengan cara    --------->


Dengan peralatan sederhana di atas kita sudah bisa mulai belajar memasak ratusan jenis bahkan ribuan jenis masakan, nah sekarang mari kita praktekan langsung salah satu jenis masakan tersebut, contohnya : " Tumis Buncis Udang " berikut ini, dan kalau masalah enak dan lezatnya masakan tersebut tergantung nanti cara kita mengolahnya :
Cara Memasak Tumis Buncis Yang Enak


Masakan Tumis Buncis Udang ini akan menjadi Masakan yang Lezat Seperti masakan Restoran jika kita bisa mengolahnya dengan baik dengan memperhatikan Tehnik Dasar Memasaknya yang meliputi hal - hal berikut ini :



Perhatikan Bagaimana Cara Memilih bahan - bahan masakan

Masakan yang lezat dan enak di tentukan sejak awal kita memilih bahan - bahan masakannya, misalnya yang sederhana saja jika kita ingin memasak Tumis Buncis Udang, maka kita harus Pilih Buncis Yang Muda karena kacang Buncis yang sudah terlalu tua banyak serabutnya dan susah di kunyah, tentu saja kalau buncis yang terlalu tua akak tidak enak rasanya jika kita masak dengan cara di tumis, lebih baik lagi kita pilih jenis Buncis Baby yang cepat lunak ketika di tumis dan rasanya juga lebih Fresh karena ada rasa manis - manis sayurannya, Begitu juga dengan udang yang akan kita gunakan, rasa dan aroma buncis yang enak akan rusak jika kita salah memilih udang, jika yang kita dapatkan udang kurang fresh yang hampir busuk maka itu pasti akan merusak citarasa masakan Tumis Buncis Udang tersebut nantinya, Gunakanlah udang yang Fresh yang kepalanya belum Copot dari badan udangnya dan tidak berbau amis yang menusuk atau berbau busuk.

Perhatikan Bagaimana Cara Membersihkan dan Memotong Bahan Masakan  

Selain memperhatikan cara memilih bahan - bahan masakan yang fresh, ketika kita memotong dan membersihkan atau istilahnya menyiangi bahan - bahan masakan tersebut juga harus kita perhatikan dengan baik agar tekstur dan citarasa masakan tersebut tetap terjaga, dalam hal ini, Buncis Harus kita buang bagian ujung pangkal dan Serat Sampingnya agar saat di makan tidak saut / terasa serat kasarnya, lalu saat memotong / mengiris Buncis pun harus kita perhatikan, Bunci yang di potong serong akan terasa lebih manis dan gurih karena sari buncisnya akan keluar dengan sempurna dan bagian inti dan biji buncisnya, berbeda rasanya jika di bandingkan ketika kita memotong / mengiris buncis tersebut dengan lurus / bentuk silinder saja, emang sih memotong buncis bentuk serong jauh lebih sulit dan lama jika kita potong - potong bentuk silinder, selain itu dari segi plating / penampilan, buncis yang di iris serong akan lebih terlihat bagian dalam buncisnya yang bening dan masakan akan tampak lebih cantik serta menggugah selera makan kita. Berikutnya sama halnya dengan buncis, cabai merah dan bawang juga sebaiknya di iris tipis dan menyerong agar lebih menarik penampilannya dan maksimal citarasanya, cabe merah yang di iris serong akan lebih muncul aroma khas cabe merahnya karena irisan serong akan memunculkan lebih lebar lapisan daging cabai tersebut. Kemudian cara menggunakan bahan udang pun harus di perhatikan, udang harus di buang kepalanya agar kumis udang dan kotoran pada kepala udang tidak ikut termasak, sehingga aroma udangnya lebih kuat di bandingkan aroma Fresh kacang Buncisnya, Bagian ekor udang tidak perlu di buang selain dapat mempercantik masakan, ekor udang yang di sisakan juga bisa memberi indikator saat kita menumis udang tersebut apakah sudah pas matangnya atau belum, udang yang under cook ( kurang matang ) ekornya belum terlalu berwarna merah orange dan pasti akan bau amis, sebaliknya udang yang over cook ( terlalu matang ) akan alot dagingnya dan rasa fresh manis daging udangnya akan berkurang, yang pas dan enak ketika ekor udang sudah mulai berwarna merah orange harus langsung di matikan api kompornya, itu tanda kematangan udang yang pas dan enak.    

Perhatikan Bagaimana Urutan Memasukan Bahan dan Bumbu Pada Masakan

Berapa lama masakan di masak itu biasanya tertulis jelas di resep masakan, tapi jika kita tidak mempunyai resepnya, kita bisa coba memasaknya dengan bantuan felling masak kita, berbeda dengan urutan ketika memasukan Bahan dan bumbu ke dalam masakan kita ? Jika urutan memasukan bahan salah maka masakan akan menjadi gagal saji atau tetap layak saji tapi tidak enak rasanya, misalnya ketika kita Memasak Tumis Buncis Udang urutan memasukan bahan yang benar adalah Masukan minyak dan panaskan lalu tumis bawangnya hingga tercium bau harum khas bawang goreng ( jangan sampai gosong ! ) kemudian urutan ke dua adalah memasukan bahan - bahan utama yaitu Irisan Bunci, irisan Cabai dan baru kemudian Udangnya, masak dengan api kompor yang besar agar bahan - bahan cepat layu dan matang dan masakan rasanya akan lebih Fresh karena aroma dan nutrisi pada bahan masakan tumisan tersebut tetap terjaga. selanjutnya urutan terakhir setelah memasukan bahan - bahan utama yaitu memasukan bumbu perasa seperti garam, merica / lada, gula putih dan penyedap rasa, aduk - aduk dan koreksi rasanya agar sesuai dengan selera, sebagai acuan, citarasa tumisan yang lezat bisa di ketahui dari :
  • Rasanya : Tidak terlalu Asin dan rasa asinnya berpadu dengan rasa manis / gurih alami dari sayuran, tumisan bawang serta daging udang, sehingga tidak perlu terlalu banyak memasukan MSG dan gula kedalam masakan tersebut.
  • Aromanya : Tumisan yang lezat mengeluarkan aroma khas perpaduan bawang merah dan bawang putih goreng dengan aroma khas Buncis dan daging udang segar, timing / waktu berapa lama bahan - bahan masakan tersebut ditumis akan menentukan seberapa kuatnya aroma tumisan tersebut. Jika di masak terlalu lama bahan akan over cook dan aromanya banyak yang menguap sehingga Tumisan menjadi kurang Lezat.
  • Tekturnya : bahan - bahan tumisan seperti sayuran di masak terlalu lama warna dan tektur khas sayuran tersebut masih terasa saat kita nikmati, sayuran yang lezat adalah sayuran yang teksturnya masih terasa garing dan Fresh saat di kunyah.

Nah, Gampangkan Belajar Masak itu ? Belajar Bikin Masakan yang Lezat itu Gak selalu harus pakai Modal / Biaya Besar - walaupun Hanya Masak Tumis Buncis Udang tapi jika di olah dengan baik maka Citarasa kelezatannya dan juga Nilai kepuasannya akan jauh lebih besar di bandingkan perjuangan kalian.

Silahkan di Praktekan dulu, Jika kalian berhasil dengan panduan artikel ini maka jangan lupa untuk berbagi pengetahuan dengan teman - teman yang lain dengan cara share artikel ini ke media sosial kalian, okay selamat belajar ! di lain kesempatan kita akan Bahan juga Tentang Teknik Dasar Memasak Untuk calon Juru Masak Profesional yang meliputi :

Teknik Memasak Dry Haet Cooking ( Memasak dengan Panas Kering ) yang materinya mencakup Tehnik Roasting, Teknik Baking, Tehnik Griddle, Teknik Grill, Teknik Barbecue, Teknik Pengasapan ( smoking ) dan Teknil Broil.

Tahap selanjutnya kita juga akan belajar Teknik memasak Moist Heat Cooking Yaitu metode memasak bahan makanan dengan mempergunakan cairan panas sebagai penghantar panas, contohnya Teknik Steaming ( Mengukus ), kemudian teknik Boiling ( Merebus ), Teknik Braising, Teknik Simmering, teknik Blancing, teknik Poaching dan teknik stewing.

Lebih lannjut lag kita juga akan belajar Teknik Menggoreng Deep Frying dan Shallow Frying ! intinya masih banyak yag bisa kita pelajari, karena dunia memasak tidak ada habisnya untuk di kembangkan dan di pelajari. 


--->  SELANJUTNYA ->