-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Cara Membuat Pillow Cake Yang Lembut dan Enak


Langkah - Langkah Cara Bikin Pillow Cake Yang Paling Mudah

MENCARI TAHU TEKNIK BIKIN PILLOW CAKE YANG SUPER LEMBUT DAN ENAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE CHIFFON

Kalau Kita Terjemakan Ke Bahasa kita sehari - hari mungkin ada yang bilang Pillow Cake itu Kue Bantal, Tapi Walaupun Bentuknya Mirip bantal, tapi ini Bukan Kue Bantal yang kalian maksud loh, tapi pillow cake ini lebih mirip dengan kue - kue mahal yang ada di cafe - cafe terkenal, dari sisi rasa juga termasuk kue dengan rasa premium, kalau di luar negeri mungkin lebih mirip penampilannya dengan Japanese Sponge Cake atau kalau di Taiwan Namanya Taiwanese Cheese cake, kalau di eropa namanya Castela Cake, ada juga yang nyebut kue Pillow Cake dengan sebutan Cotton Soft Sponge Cake mungkin bentuk teksturnya yang mirip spon atau katun yang lembut ya pokoknya kita sih nyebutnya Kue Bantal Premium aja deh biar Lebih gampang ingatnya. Tapi kalau kalian sudah cobain Kue Pillow Cake ini, di jamin tak akan mudah lupa deh dengan kue ini, Aroma Keju dan Tektur kuenya yang super lembut akan memanjakan selera kita loh ! Meskipun Penampilan Pillow Cake ini agak Mirip Japanese Sponge Cake, Tapi kalau tektur kuenya jelas berbeda banget, Pillow cake itu tidak menggunakan air dalam proses pembuatan adonannya dan proses pemanggangannya, tetapi kalau Japanese Sponge Cake membutuhkan air dalam proses adonan dan pemanggangnya, oleh sebab itu tekstur Japanese Sponge Cake Cenderung  lebih basah jika dibandingan dengan pillow cake yang lebih kering tapi tetap lembut. Ada Banyak sekali Varian Pillow Cake, tapi yang cukup populer adalah Pillow Cake Rasa Keju ( Cheese ) - Warna Kuenya yang Terang membuat suasana menjadi lebih indah ketika menikmati sepotong Pillow Cheese Cake ini di pagi hari, apalagi jika di temani sama " kamu " .


Kalau kalian Pernah Makan Bolu Chiffon Kira - kira Tektur dari Pillow Cake ini Mirip sekali, hanya saja perpaduan Rasa Cheese dan tepung terigunya akan membuat rasa Pillow cake ini menjadi lebih unik dan lezat, Pillow Cake ini Awalnya Populer di Korea Selatan, Taiwan dan Hongkong, dan Belakangan ini mulai Populer juga di Negeri Panda China, kalau di indonesia sih masih cukup jarang sih, paling juga Kue Bantal Versi Lokal alias Kue Odading yang banyak di sini mah. Hmm pasti kalian mulai penasaran dengan Citrarasa Kue Pillow Cake ini apalagi yang Rasa keju, ia Rasa Keju, soalnya Pillow Cake ini juga ada loh varian rasa lainnya, seperti Pillow Cake pandan, Rasa Coklat, Rasa Matcha dan Pillow Cake Rasa Kopi. Tapi kali ini kita mau buat yang Rasa Original dulu ya, Yaitu Pillow Cake Rasa Keju. Yuk kita bikin kuenya dengan panduan Resep Berikut ini :

Bahan - Bahan Untuk Bikin Pillow Cake Cheese 

  • 100 gram Minyak Sayur ( Boleh Pakai Coconut Oil / Minyak Kelapa )
  • 120 ml susu cair ( Pakai Yang Rasa Plain / Tawar )
  • 125 gram Tepung Terigu Protein Rendah  ( Pakai Terigu Berkwalitas Ya )
  • 15 gram Tepung Maizena
  • 1 sdt Baking Powder
  • 1/2 sdt Garam
  • 8 Butir Telur, ( Pisahkan kuning dan putihnya )
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 1/4 sdt cream of tartar
  • 140 gram gula pasir halus ( pakai gula castor )
  • 11 lembar Slice Melted Cheddar Cheese

Perlengkapan Yang di Butuhkan Untuk Membuat Pillow Cake Orignal

  • 1 Buah Loyang 20 x 20 cm
  • Alumunium foil ( Secukupnya )
  • Baking Paper / Kertas ( Secukupnya )

Untuk Bahan - bahan dan perlengkapan di atas, baik kwalitas, Harga serta Belinya di mana, bisa kita dapatkan informasinya dengan cara :

Apa Itu Slice Melted Cheddar Cheese

Keju Sliece Melted Cheddar adalah keju yang umumnya di peruntukan membuat kue, ketika membeku keju cheddar cenderung keras dan berwarna kuning pucat, tetapi ketika di panaskan akan dengan cepat meleleh dan berwarna kuning cerah, sedangkan Slice Melted Cheddar cheese merupakan salah satu produk keju jenis cheeddar yang sudah di iris tipis atau berbentuk lembaran, Produk Slice Melted Cheddar cheese yang cukup Terkenal adalah Anchor Red Cheddar Cheese Slice, Contoh Produknya seperti di gambar di bawah ini :

Contoh Red Slice Melted Cheddar Cheese

Keju Slice Melted Cheddar Cheese akan meleleh ketika di panggang bersama dengan Adonan Pillow Cake sehingga rasa kejunya akan menyatu dengan Pillow Cake nya, Citarasa Pillow Cake Original Cheese Yang Enak memang terletak pada kwalitas Keju Cheddar yang kita gunakan, oleh sebab itu jika mau Pillow Cakenya enak pakailah Sliece Melted Cheddar Cheese merek terkenal dan terpercaya kwalitasnya seperti Anchor atau Meg.  

APA ITU CREAM OF TARTAR ?

Cream Of Tartar adalah Bahan Pelembut Untuk Pembuatan Kue, Khususnya Kue - kue dengan Tektur Sangat lembut seperti Bolu Chiffon dan Pillow Cake, Cream Of Tartar berbentuk bubuk berwarna putih yang merupakan kandungan bahan dari pemurnian Tartaric Acid hasil dari penyulingan minuman anggur / wine. sehingga jika bahan pelembut kue Cream of Tartar ini ketika di campurkan dengan kocokan putih telur maka kocokannya tidak mudah mengempes dan jika bercampur dengan sirup atau cairan gula maka campuran Cream of Tartar di dalam adonan tersebut akan mencegah gula mengkrital, maka adonan akan mengembang dengan sempurna dan tekturnya jadi sangat lembut. Contoh produk Cream of Tartar bisa lihat gambar di bawah ini :



Contoh Produk Pelembut Kue Cream Of Tartar

PROSES / CARA MEMBUAT PILLOW CAKE YANG LEMBUT


  • Siapkan Loyang Ukuran 20 x 20 dan lapisi dengan Alumunium Foil dan Kertas Roti di atasnya

  • Ayak tepung Terigu, Tepung Maizena dan Baking Powder, Kemudian masukan garam dan aduk rata dan sisihkan

  • Berikutnya Kocok susu dan minyak.di dalam sebuah wadah / baskom, kemudian campuran masukkan tepung yang sudah kita ayak atdi, kemudian kocok hingga adonan tercampur rata.

  • Langkah berikutnya masukkan kuning telurnya dan vanila, kocok lagi hingga adonan tercampur halus dan merata

  • Dalam wadah terpisah mari kita kocok bagian Putih Telur dan Cream Of Tartar hingga berbuih, lalu masukkan gula hingga adonannya tampak putih berjejak atau kaku.






  • Langkah Berikutnya campurkan bagian kocokan putih telur ke dalam adonan kuning telur dan tepung, kemudian aduk balik hingga merata.

  • Kemudian tuangkan 1/3 bagian adonannya kedalam loyang, dan lapisi bagian atasnya dengan lembaran keju ( Sliece Melted Cheddar Cheese ) Contoh cara menyusun lembaran kejuanya bisa lihat gambar di bawah ini 

Cara Menyusun Lapisan Lembaran Keju Cheddar Pada Kue Pillow Cake


  • Kemudian tuangkan 1/3 bagian adonannya lagi kedalam loyang di atas susunan keju, lalu lapisi lagi dengan lembaran keju cheddar, terakhir tuangkan 1/3 adonan terakhir pada permukaan  susunan keju ke dua hingga tertutup rata dan ratakan dengan scraper ( alat perata adonan kue )
  • Masukan loyang ke dalam oven dan panggang selama 30 menit dengan suhu panas sekitar 150 Derajat Celcius, dan kemudian lanjutan memanggang lagi sekitar 30 menit dengan suhu yang lebih panas sekitar 200 – 240 deeajat Cercius hingga kue matang dan bagian atasnya kering.

  • Setelah di panggang kurang lebih 1 Jam, kemudian matikan api, biarkan kue berada di dalam oven selama kurang lebih 10 menit, baru bisa di keluarkan, dan lepasakan kue dari loyangnya dengan cara di hentak – hentak atau di tepuk – tepuk loyangnya dan kemudian setelah kue Pillow cake terpisah dari loyangnya, segera lepasakan Alumunium foil dan kerta roti / baking papernya dari permukaan kue pillow cake.

  • Hmmm Harumnya…. Pillow Cake Rasa Original Cheese Siap di potong – potong dan di nikmati bersama keluarga tercinta.

Enak Banget Ini ... Yuk Cobain Jangan Lupa Simak Video beriku ini Cara Unik Bikin Bolu Kukus Ala Cek Ompong di Dapur @ayobelajarmasak
... !!!

Can...


--->  SELANJUTNYA ->