-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Resep Es Potong Jaman Dulu Dengan Rasa Kekinian Jaman Now

Cara Bikin Es Potong Jadul

MENCARI TAHU CARA BIKIN ES POTONG JADUL JAMAN DI SEKOLAHAN DULU

Jadi ingat jaman dulu kah ? Yang sebelah kiri adalah es potong jadul dulu di sebut es potong unyil rasa santanya terasa banget karena es potong ini berbahan dasar santan kelapa, susu dan tepung maizena di tambah sari buah atau potongan buah - buahan, sehingga rasanya cukup lezat, dulu kalau beli gak cukup 1 potong, kadang beli selonjor di makan sendiri loh hmmm... tapi seiring perkembangan jaman es potong jadul seperti ini sudah sulit kita jumpai apalagi yang ada gambar plastik unyilnya, tapi jangan kuatir di jaman kekinian atau jaman now katanya es potong model jadul tadi masih bisa kita nikmati bersama anak cucu kita di rumah loh, kita bisa buat sendiri di rumah plus citarasa baru jaman sekarang yang lebih komplit rasa buahnya, mari kita coba membuatnya dengan panduan resep di bawah ini : 

Bahan – Bahan yang di perlukan untuk Bikin Es Potong Jadul  :

  • 2 Sdm Tepung maizena 2 sdm Susu bubuk rasa vanila
  • 200 ml Santan
  • 300 ml Air Matang
  • 100 gr Gula ( tambahan lebih banyak jika suka manis )
  • ½ sdt Garam
  • Beberapa tetes pasta atau perasa makanan
  • Plastik kecil untuk es lilin + karet gelang
  • Beberapa batang Tusuk sate


Bahan - bahan di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, sebagian bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara :  

Sebagai tambahan rasa Bunda bisa menambahkan beras ketan atau kacang hijau yang telah diolah sebelumnya, coklat dan berbagai macam buah segar seperti melon, stroberi, alpukat, daging kelapa, nangka, durian dan buah – buahan laiinya.

Beginilah Penampakan Jenis Es Potong Jaman Dulu yang masih eksis sampai saat ini - yang ingin tahu silahkan lihat di video berikut ini :



Proses Membuat Es Potong Jadul Jaman Sekolah Dulu

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan dan sebuah wadah. Campurkan santan dengan air dan aduk sampai merata. Tambahkan susu, tepung maizena, gula, garam dan pasta perasa makanan ke dalamnya. Aduk sampai semua tercampur, terutama tepung maizenanya jangan sampai masih mengumpal.

  2. Taruh campuran di atas ke dalam panci yang diletakkan di atas kompor. Nyalakan kompor dengan api kecil, sambil diaduk-aduk terus agar tidak gosong, Setelah terlihat letupan-letupan buih air, segera matikan kompor.

  3. Selanjutnya proses pendinginan, diamkan sebentar agar uap panas menghilang. Ini sangat penting agar plastik tidak mudah pecah sekaligus baik untuk kulkas. Uap panas di freezer akan menciptakan bunga es yang mengurangi dinginnya kulkas.

  4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan campuran tersebut ke dalam pelastik. Setelah uap panas mulai menghilang, tuang sedikit – demi sedikit ke dalam pelastik ( bisa menggunakan corong agar lebih mudah ).



  5. Jika Bunda ingin menambahkan buah maka potong buah kecil-kecil buah segarnya dan masukkan ke dalam pelastik tersebut sebelum larutan es potong di masukan.

  6. Jangan mengisi plastik terlalu penuh agar mudah di ikat dengan karet. Lakukan beberapa kali proses pengemasan ini sampai campuran habis.

  7. Kemudian masukan kedalam freezer sampai es potong tradisional buatan bunda membeku,. kurang lebih 10 jam, tergantung kestabilan suhu lemari es bunda

  8. Setelah mulai mengeras atau membeku, keluarkan dari frezer lalu potong dan tusukkan batang kayu. Sebenarnya bisa tanpa memotong, cukup dibuka plastiknya tapi kalau tidak dipotong bukan es potong dong namanya.

Selain Es Potong, jaman dulu Juga ada Namanya Es Goyang, ingat gak cara bikinnya dengan mengoyang - goyangkan Gerobaknya, Resepnya sih gak Beda Jauh dengan Resep Es Potong di atas, hanya cara bikinnya aja yang agak berbeda.


---> SELANJUTNYA