-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Bedanya Tepung Panir Dengan Tepung Roti

Perbedaan tepung roti dengan tepung panir

MENCARI TAHU BEDANYA TEPUNG PANIR DENGAN TEPUNG ROTI

sering kali ketika kita baca resep ada disebutkan Tepung Panir, sebenarnya apakah tepung panir itu, jika di lihat dari bahannya bisa di pastikan Tepung panir itu adalah tepung yang terbuat dari roti kering yang di haluskan, jadi kesimpulannya Tepung panir adalah tepung roti, tetapi tetap ada bedanya apalagi jika di lihat dari fungsi kegunaannya antara tepung panir dengan tepung roti, nah karena sebutannya itulah maka kami sebut hanya beda tipis antara apa itu tepung panir dan apa itu tepung roti, di artikel ini kita akan bahas dan jelaskan bagaimana yang di maksud beda tipisnya itu, tetapi walaupun berdeda yang pasti kedua jenis Tepung ini umunya digunakan sebagai bahan lapisan luar gorengan agar terasa lebih renyah dan terasa nyesss serta lebih menggugah selera dari segi penampilanya. Wajar saja jika banyak orang yang mengira tepung roti dan tepung panir itu sama, tapi sebenarnya jika di paksakan sebenarnya tetap ada bedanya, nah berikut ini penjelasannya :

Apa Itu Tepung Roti





Ketika kita sudah menyimak video di atas, maka sekarang anda akan tahu, ternyata Tepung Roti itu benar - benar terbuat dari roti segar tanpa kulit yang dikeringkan dan digiling menjadi butiran kecil seperti remah - remah, dimana Tepung roti mempunyai tekstur yang lebih kasar dan butirannya lebih besar dari tepung panir dan dengan warna yang cenderung putih. Tepung roti mudah dibeli di pasaran dalam berbagai macam kemasan. Tepung ini biasanya digunakan untuk membuat nugget, tempura ikan dan seafood. Ada juga panko, sejenis tepung roti yang sering digunakan untuk tempura karena menghasilkan lapisan yang lebih bertekstur besar dan renyah daripada tepung roti biasa.


Apa Itu Tepung Panir

Masih sama dengan Sama dengan tepung roti, bahan dasar Tepung Panir juga terbuat dari roti yang dikeringkan. Tapi roti yang digunakan untuk membuat tepung panir adalah roti dengan kulit pinggirannya yang digiling menjadi butiran yang lebih kecil daripada tepung roti. Karena terbuat dari roti dengan kulit, tepung panir memiliki warna yang lebih gelap di bandingkan dengan tepung roti. Tepung panir sering digunakan sebagai bahan lapisan risoles, kroket, pisang pasir, dan bahan campuran dalam adonan rolade atau galantin lainnya.

Berbagai Macam Tepung Roti dan Tepung Panir di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya dimana, kalian bisa dapatkan informasinya dengan cara :



TEPUNG ROTI dan TEPUNG PANIR (BREAD CRUMB) Tepung roti/panir di bedakan menjadi beberapa jenis yang berbeda tekstur dan warnanya sehingga beda pula kegunaanya.Tepung roti banyak dijual di pasaran, tetapi membuat sendiri juga cukup mudah karena umumnya terbuat dari roti tawar yang dikeringkan.

Sebenarnya anda bisa bikin sendiri tepung ini dari roti tanpa kulit ( untuk tepung roti) dan roti dengan kulit ( untuk tepung panir ), yang disobek-sobek lalu dipanggang hingga kering. Selanjutnya hancurkan menggunakan food processor atau chopper atau blender kering.  Semakin lama proses pemanggangan, akan semakin gelap warna tepung yang dihasilkan

Macam - macam Tekstur Tepung Roti dan Tepung Panir di kelompokan sesuai dengan funsinya :

Tepung Roti Putih Kering

Biasanya digunakan untuk membalut ikan, ayam, daging atau sayuran sebelum digoreng.Membuatnya: letakkan roti tanpa kulit pada loyang datar selembar-selembar lalu jemur di bawah matahari sampai kering atau dioven dengan suhu 120° hingga kering tapi tidak kecoklatan. Lalu haluskan dengan food processor atau dengan cara menumbuknya di dalam kantung plastik. Tepung ini dapat bertahan 1 bulan dalam wadah kedap udara.

Tepung Roti Coklat Kering

Biasanya untuk taburan masakan panggang seperti potato gratin atau untuk risoles dan kroket. Cara Membuatnya sama seperti membuat tepung roti putih kering. hanya suhunya lebih panas hingga roti berwarna kecoklatan.

Panko Flour atau Tepung Panko ( Apa Itu Tepung Panko )

Tepung Panko adalah varian Tepung roti dengan tekstur yang lebih kasar dari tepung roti biasa, ada yang berwarna kuning keemasan, juga putih, biasa digunakan untuk  makanan jepang seperti Katsu atau Tempura. Rasanya lebih garing dan renyah, lalu apa lagi ?


---> SELANJUTNYA