-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Mengenal Macam - Macam Minyak Untuk Memasak

Berbagai Jenis Minyak Nabati Halal Pengganti Minyak Goreng Sawit

MENCARI TAHU MACAM - MACAM MINYAK YANG BISA DI PAKAI UNTUK MEMASAK MASAKAN ENAK

Tahukah anda Minyak untuk memasak tidak hanya minyak yang berasal dari kelapa saja baik itu dari biji kelapa sawit maupun daging buah kelapa tua ( kopra yang di keringkan ). Hampir setiap proses memasak anda di dapur sehari - harinya mempergunakan minyak untuk menumis bumbu dan sayuran, menggoreng hingga membuat salad. Jika anda serius ingin belajar menyajikan masakan yang Lezat dan sehat, ada baiknya anda mengenal berbagai macam minyak untuk memasak selain minyak goreng dari kelapa yang biasanya anda pergunakan sehari - hari. Tentu saja masih ada beberapa minyak yang berasal dari tumbuhan ( nabati ) serta biji - bijian yang bisa kita pakai untuk menumis masakan atau pun untuk menggoreng sehingga di dapatkan aroma dan citarasa masakan yang spesial dan lezat. Walaupun harga dari minyak - minyak yang akan kita bahas di bawah ini bisa di katakan lebih mahal jika di bandingkan dengan minyak goreng yang biasa anda pergunakan sehari - hari di dapur, Tapi untuk pengetahuan masak memasak anda tak ada salahnya anda menyimaknya sejenak. Pastilah pengetahuan ini akan sangat bermanfaat bagi anda. Selamat menyimak !

MACAM - MACAM MINYAK UNTUK MEMASAK


Apa Itu Minyak Sawit

Seperti nama dari minya ini yaitu minyak kelapa sawit, Minyak Sawit ini terbuat dari biji kelapa sawit atau CPO, minyak yang banyak mengandung nutrisi senyawa antioksidan berupa zat beta karoten yang cukup tinggi, Minyak Kelapa sawin atau yang kita kenal sehari - hari dengan nama Minyak Goreng  ini paling banyak produksi sehingga bisa di dapatkan dengan harga yang relatif terjangkau di pasaran. Pada umumnya ada dua jenis minyak kelapa sawit yang biasa di jual di pasaran yaitu yang berwarna kuning keemasan dan biasa digunakan untuk menggoreng, dan yang berwarna agak kemerahan yang biasa digunakan sebagai salad oil. Minyak kelapa sawit banyak mengandung asam lemak jenuh sehingga bisa lebih stabil terhadap suhu pemanasan.

Apa Itu Minyak Kelapa

Contoh Minyak Kelapa



Perlu di pahami bahwa minyak kelapa dan kelapa sawit itu berbeda, Bahan baku minyak kelapa adalah kopra (daging buah kelapa yang dikeringkan). Minyak kelapa mengandung lebih banyak lemak, tapi lemaknya tidaklah sama dengan lemak hewani. Sama seperti kelapa sawit, minyak kelapa juga punya banyak kandungan asam lemak jenuh sehingga bisa tahan terhadap proses pemanasan.

Apa Itu Minyak Canola

Apa Itu Minyak Canola


Minyak ini dibuat dari ekstrak biji canola sehingga termasuk juga dalam minyak nabati. Minyak ini aman dikonsumsi dan baik untuk kesehatan karena mengandung omega-3 dan asam lemak tak jenuh. Sehingga anda bisa menggunakannya untuk menurunkan atau mengontrol kolesterol dalam tubuh. Jika ingin menggunakan minyak Canola, anda harus menumis atau menggoreng masakan dengan api kecil, sehingga manfaat dari minyak ini bisa lebih maksimal anda dapatkan. Minyak canola ini paling banyak ditemukan di Amerika,  komoditi utama di sana adalah canola, sehingga minyak goreng yang diproduksi di Amerika kebanyakan menggunakan biji canola. Berbeda dengan Indonesia dan asia yang komoditi utamanya adalah kelapa sawit, sehingga minyak goreng kita banyak menggunakan kelapa sawit

Apa Itu Minyak Wijen

Apa Itu Minyak Wijen


Minyak wijen juga bisa di gunakan untuk memasak dan ini bisa menjadi salah satu salah satu pilihan yang bisa anda pergunakan untuk menumis masakan. Minyak wijen berasal dari pemerasan biji wijen. Sebenarnya minyak ini jarang digunakan untuk menggoreng karena harganya cukup mahal,  Biasanya, minyak wijen hanya dipakai untuk menimis saus salad atau penambah rasa seperti dalam kuah mie ramen dan nasi goreng, aromanya juga khas dan wangi.


Apa Itu Minyak Samin
Apa Itu Minyak Samin


Di Indonesia minyak samin sering digunakan untuk martabak, nasi kebuli, atau sop kambing.
Minyak samin yang dalam bahasa Arabnya disebut samn, dalam bahasa Hindi disebut ghee, merupakan mentega yang berasal dari lemak hewani (seperti: sapi, kambing, kerbau maupun unta) yang mengalami proses pemurnian.  Minyak yang diproduksi secara besar-besaran ini banyak dihasilkan di India, Timur Tengah, Afrika Timur dan Afrika Utara.  Minyak yang memiliki aroma khas ini digunakan untuk mengolah berbagai masakan Asia Selatan dan Timur Tengah. Biasanya minyak samin banyak digunakan untuk membuat nasi kebuli, martabak, dan sop kambing.  Selain itu, minyak samin juga digunakan untuk membuat roti cane.

Bahan Aneka Minyak di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana,  bisa kita dapatkan informasinya dengan cara   :


Apa Itu Minyak Zaitun

Apa Itu Minyak Zaitun

Minyak zaitun biasa dikenal juga dengan nama olive oil. Minyak ini dibuat dari buah zaitun dan diproses secara khusus. Minyak ini juga sering dianggap menyehatkan karena mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi. Jika anda ingin menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, anda bisa memasak dengan mempergunakan minyak ini.  Minyak zaitun tidak bisa digunakan dalam suhu panas yang tinggi, sehingga lebih cocok untuk membuat masakan yang proses memasaknya cepat seperti menumis dan menggoreng telur Biasanya, minyak zaitun juga banyak digunakan dalam hidangan Italia atau sebagai saus salad.

Apa Kegunaan Minyak Biji Bunga Matahari

Apa Itu Minyak Biji Matahari



Minyak biji bunga matahari banyak mengandung asam lemak tak jenuh dan asam linoleat. Kedua kandungan ini dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol, namun minyak dari biji bunga matahari ini tidak tahan panas sehingga tidak cocok untuk menggoreng dalam waktu yang lama. Lebih baik di gunakan untuk menumis saja.






Apa Itu Minyak Kacang

Apa Itu Minyak Kacang

Minyak ini merupakan salah satu minyak organik dengan aroma khas kacang-kacangan. Jika membuat  kentang atau ayam goreng paling Lezat jika kita menggunakan minyak kacang. Minyak ini mengandung MUFA atau monounsaturated fatty acids ( jenis lemak sehat yang baik bagi kesehatan ). MUFA ini sangat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah diabetes.

Apa Itu Minyak Mustard

Apa itu Minyak Mustard dan apa kegunaannya ?


Minyak spesial ini dikenal dengan nama moster atau mustar. Minyak ini berasal dari biji tanaman sesawi yang dihaluskan. Di pasaran, minyak ini dijual sebagai minyak sayur (vegetable oil) karena merupakan minyak hasil olahan dan saringan. Minyak ini juga bagus untuk kesehatan karena mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Kalau soal harga dan rasa anda bisa coba sendiri nanti.

Apa Itu Minyak Jagung

Apa Itu Minyak Jagung


Minyak ini dibuat dari ekstrasi atau perasan biji jagung. Tak jarang, orang menggunakan minyak jagung sebagai pengganti minyak kelapa sawit karena kandungan asam lemak tak jenuhnya yang lebih rendah. Minyak jagung juga bisa memberikan rasa gurih dan
crunchy pada gorengan. Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantung, minyak jagung ini cocok untuk menggoreng dan memasak masakan anda sehari - hari . Selain untuk goreng, minyak jagung juga biasa dibuat untuk campuran mayones.