-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Rempah dan Bumbu Masak Apa Saja Yang Wajib Ada di Dapur Kita

Jenis - Jenis Rempah Khas Indonesia

MENGENAL BERBAGAI MACAM JENIS REMPAH YANG SERING DI GUNAKAN SEBAGAI BUMBU MASAK MASAKAN KHAS INDONESIA


Jaman dahulu para ibu - ibu rumah tangga harus mengenal dan hafal dengan semua jenis bumbu masak alami yang biasa di pergunakan untuk memasak di dapur, karena pada waktu itu semua bumbu dapur harus di olah sendiri, tidak seperti jaman sekarang ini, yag tersedia aneka jenis bumbu masak instant yang siap di gunakan kapan saja di butuhkan. Tapi bagaimana pun juga, untuk mendapatkan rasa masakan yang lezat itu harus di tambah dengan "bumbu cinta" artinya proses memasak yang di lakukan oleh bunda sendiri mulai dari awal perencanaan memasak termasuk memilih bahan - bahan masakan yang di perlukan sampai dengan proses membersihkan serta mengolahnya menjadi masakan, inilah yang di sebut "bumbu cinta"  sehingga ada istilah Tak ada masakan yang seenak masakan ibu di rumah. Oleh sebab itu, sekali pun anda adalah wanita moderen yang sibuk dan tak punya banyak waktu memasak untuk keluarga, namun tak ada salahnya jika suatu ketika anda bisa luangkan waktu sejenak di hari libur untuk membuat masakan dengan "bumbu cinta" dan di sajikan kepada keluarga anda. Ketika anda mulai belajar memasak, anda harus mulai mengenal aneka jenis bumbu dapur khas indonesia, kami akan bantu anda mempelajarinya melalui artikel di bawah ini :


Jika Tak Kenal Bumbu / Rempah ini Maka Masakan Pun Jadi Tak Enak ! inilah kira - kira istilah yang cocok bagi anda yang bertekad ingin belajar masak enak dan lezat buat keluarga tercinta  Mari kita simak apa saja bumbu masak yang harus anda kenali terlebih dahulu sebelum mulai belajar memasak !  dan apa saja fungsi serta bagaimana citarasanya.

MACAM - MACAM REMPAH YANG DI PAKAI UNTUK BUMBU DAPUR DAN CARA MENGOLAHNYA :

KEGUNAAN JAHE

Kalau yang namanya Jahe pasti semua orang sudah tahu, akan tetapi kita tahunya manfaat Jahe bagi kita sebagai orang yang awam yaitu untuk campuran minuman wedang jahe dan dapat berguna menghangatkan tubuh, tetapi dibalik hal itu, ternyata Jahe jugadapat berfungsi sebagai bumbu masakan, misalnya untuk penguat rasa pada masakan kari ayam ataupun kari ikan dengan ditambahkan sepotong Jahe sebagai penyedap aroma maupun cita rasanya, ketika masakan tersebut di campurkan sedikit Jahe, maka aroma masakannya akan menjadi tambah sedap dan dapat menyamarkan bau anyir / amis pada daging ikan.

MANFAAT ASAM JAWA

Kenapa di sebut asam jawa, ya karena buah asam ini banyak tumbuh di pulau jawa, Asam jawa, asam atau asem adalah sejenis buah yang masam rasanya, biasa digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan Indonesia sebagai perasa atau penambah rasa asam dalam makanan.

Asam jawa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan antara lain untuk :

  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga sirkulasi oksigen tetap optimal
  • Menjaga fungsi saraf
  • Menjaga berat badan
  • Mengontrol diabetes
  • Menjaga kekebalan tubuh

Cara memanfaatkan Asam Jawa yang benar dalam memasak adalah dengan menggunakan air asamnya saja, caranya yaitu rendam dalam air hangat, aduk lalu saring. Namun tidak ada salahnya juga jika ingin menggunakannya langsung secara utuh. Asam jawa juga berfungsi untuk memberi rasa masakan menjadi lebih mewah. Yang banyak digunakan dan dijual di pasaran adalah asam yang sudah tua tanpa kulit dan tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup. Contoh masakannya adalah Sayur Asem.




APA ITU ADAS MANIS


Bentuk Adas Manis


Banyak di antara kita yang belum tahu bentuk Adas manis, atau istilah latinnya Pimpinella Anisum, sekarang jadi tahu bentuk Adas Manis itu cantik seperi bunga ya ! nah rempah adas manis ini adalah merupakan sejenis tumbuhan yang berasal dari Laut Tengah dan juga Asia Barat. Tumbuhan ini memiliki tinggi hampir sekitar satu meter dengan bentuk daun sedikit menyirip menyerupai bulu. Adas manis ini berbentuk lonjong dengan panjang 3 sampai 5 mm. Adas manis juga memiliki rasa yang sedikit manis dengan aroma yang sangat khas. Tak heran jika rempah ini sering digunakan sebagai bumbu penyedap pada beberapa jenis masakan, karena  bumbu masak ini dapat memperbaiki rasa masakan, adas manis juga sering digunakan untuk campuran salad dan bahan pengganti seledri untuk sup.

KEGUNAAN SERAI

Kalau Daun dan batang Serai yang biasa di sebut sereh sih kita semua pasti sudah tahu bentuknya seperti apa, Sereh / Serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan sama halnya dengan daun salam. Cara penggunaan serai untuk memasak yaitu dengan dikeprak terlebih dahulu serainya sebelum digunakan atau dicampurkan dengan bahan masakan yang lain.

Serai juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia di antaranya :
  • Untuk Menurunkan tekanan darah
  • Untuk Mengobati gangguan pencernaan
  • Untuk Mencegah penyakit kanker
  • Untuk Memperhalus dan Memperindah kulit

MANFAAT BIJI PALA

Biji Buah Pala dalam bahasa latinnya Myristica fragrans adalah merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Biasanya pala digunakan sebagai bumbu dasar pada masakan. Dengan aromanya yang khas biasa digunakan untuk membuat semur. Cara penggunaannya dalam masakan adalah diiris, cukup sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak karena pala ini memiliki aroma yang cukup tajam.

Selain digunakan untuk bumbu masakan, Biji Pala Juga Bisa Untuk :

  • Mengobati insomnia (sulit tidur)
  • Mengobati pusing kepala
  • Menghilangkan jerawat dan noda
  • Mengatasi rasa mual, dan
  • Meringankan penyakit maag

BUMBU MASAK MERICA / LADA

Semua Pastilah sudah tahu bagaimana bentuk Merica, ada yang pernah lihat masih dalam bentuk butiran atau sudah di giling halus dan biasa di gunakan untuk bumbu masak di dapur, Merica atau Lada ini adalah salah satu bumbu dapur yang menjadi favorit para ibu rumah tangga. Rasanya yang pedas segar itu kerap membuat makanan terasa begitu menggugah selera.Biasanya merica digunakan dalam masakan ayam goreng, sayur sop, dan banyak lainnya, Merica termasuk bumbu dapur yang harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ingin praktis saat memasak menggunakan merica, sekarang ini sudah banyak dijual merica bubuk di pasaran yang siap pakai.

APA ITU KAPULAGA

Apa Itu Kapulaga


Banyak di antara kita yang juga tidak mengenal bumbu masak bernama Kapulaga ini, Kapulaga adalah sejenis buah yang sering digunakan sebagai rempah (bumbu) untuk masakan tertentu dan juga untuk campuran jamu. Biasanya kapulaga banyak digunakan untuk bumbu  masakan seperti kari atau gulai, karena membuat rasa masakan tersebut menjadi lebih sedap, kalau penasaran dengan bentuk aslinya silahkan ke pasar dan cari di tukang jual rempah - rempah pasti ada di sana.

KEGUNAAN LENGKUAS / LAOS

Kalau yang namanya Lengkuas atau Laos kalian juga pasti sudah tahu bentuknya seperti apa, ya mirip - mirip jahe sih, Lengkuas ini adalah salah satu bumbu dapur alami yang sering di pakai untuk memasak karena  lengkuas dapat memberikan cita rasa dan aroma khas yang kuat pada masakan. Selain itu, lengkuas mampu menonjolkan cita rasa pedas dari bumbu yang berbahan dasar cabai, bawang putih, dan bawang merah. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan lengkuas sebagai serundeng atau kremes untuk masakan ayam goreng dan empal goreng, dalam hal ini Lengkuas atau laos adalah merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Tekstur dan bentuk lengkuas hampir mirip dengan jahe tetapi warna kulitnya terang kemerahan dan dagingnya agak keras jika dipotong. Biasa dikeprak terlebih dahulu sebelum digunakan dalam masakan.

MANFAAT DAUN SALAM

Daun salam merupakan daun jenis rempah-rempah yang biasa di gunakan untuk masakan di Indonesia mau pun di daerah lainnya terutama untuk masakan kari. Daun salam digunakan sebagai pengharum masakan. Boleh menggunakan daun salam utuh yang masih segar (baru dipetik) atau yang sudah kering dikarenakan rasa masakan yang akan dihasilkannya sama saja.

APA ITU BUMBU MASAK ANDALIMAN

Apa itu Bumbu Masak Andaliman


Pasti jarang yang tahu bumbu masak yang satu ini, Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah. Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai "merica batak". Masakan khas Batak seperti arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan. Selain digunakan sebagai rempah/bumbu untuk memasak, ternyata andaliman mengandung senyawa terpenoid yang mempunyai aktivitas antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan berperan penting untuk pengewet alamai dan mempertahankan mutu makanan.

APA ITU KLABET

Apa itu Biji Klabet dan apa Kegunaan Klabet Untuk Memasak


Rempah yang biasa di sebut Fenugreek atau biji klabet itu berbentuk butiran mungil seperti kerikil banyak digunakan dalam racikan menu berempah. Sering dijadikan bumbu masakan India, Pakistan, dan Sri Lanka. Di Indonesia sendiri, rempah klabet juga sering dimanfaatkan di wilayah Aceh, sebagai bumbu dalam masakan kari, gulai, dan juga kalio. Cara untuk menggunakan klabet pada masakkan yaitu dengan menambahan klabet yang sudah disangrai  lalu dimasukkan ke dalam masakkan. Klabet yang sudah disangrai biasanya memberikan aroma semerbak yang enak.
 

KEGUNAAN TEMU KUNCI


Temu Kunci Untuk Masak Apa

Sebagain besar dari kita pasti sudah tahu rempah khas nusantara yang namanya Temu Kunci, bumbu masak ini adalah sejenis rempah-rempah yang bagian rimpangnya digunakan sebagai bumbu dalam masakan khas nusantara dan sebagian besar masakan khas Asia Tenggara. Bentuk temu kunci agak berbeda dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah. Salah satu keluarga jahe ini merupakan rempah asli Jawa dan Sumatra. Temu kunci berbentuk seperti umbi akar yang mirip dengan jari telunjuk, memanjang, kulitnya berwarna cokelat muda, dan sangat tipis. Bagian dalam temu kunci berwarna kuning muda dengan aroma yang segar dan khas. Temu kunci bisa digunakan dalam membuat sayur bening, hidangan ikan, selada dan urapan. Cara mengolahnya yaitu pilihlah umbi akar yang tua, kupas lalu memarkan agar aromanya keluar  atau iris halus lalu tumis dengan bumbu lain.

MANFAAT KENCUR

Kalau rempah yang satu ini udah pada tahu dong, namanya Kencur dalam nama bahasa Jawa serta bahasa Indonesia, sedangkan kencur ini dikenal di berbagai tempat dengan nama yang berbeda-beda: cikur (bahasa Sunda), ceuko (bahasa Aceh), kencor (Madura), cekuh (bahasa Bali), kencur, sukung (bahasa Melayu Manado), asauli, sauleh, soul, umpa (bahasa-bahasa di Maluku), serta cekir (Sumba). Umumnya Tekstur kencur lebih kecil, warna kulitnya cokelat (agak gelap) dan warna dagingnya putih kekuningan. Aromanya sangat khas dan digunakan untuk masakan tertentu seperti membuat aneka peyek. Tidak hanya untuk bumbu masakkan saja jamu tradisional pun menggunakan kencur sebagai komponennya. Jika ingin kencur tahan lama,simpan dalam wadah yang kering.

KEGUNAAN KUNYIT

Begitupula dengan yang namanya Kunyit, Masakan tradisional Indonesia tidak terlepas dari bumbu ini. bumbu yang masih tergolong dalam keluarga rempah-rempah ini mempunyai ciri-ciri seperti jari tangan, kulitnya bergaris-garis dengan warna cokelat kekuningan dan tipis. Aroma kunyit sangat khas dan sedikit pahit. Kunyit mempunyai warna kuning dan jika sudah berumur tua hampir mendekati orange, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Kunyit yang berwarna kuning ini akan lebih mudah dikupas kulitnya jika dibakar dulu hingga berwarna kehitaman. Biasanya kunyit dipakai untuk mewarnai nasi kuning, bumbu opor, kari dan gulai. Tidak hanya digunakan sebagai pewarna makanan saja, kunyit juga berfungsi untuk menghilangkan bau amis dari masakan. Kunyit sebaiknya disimpan dalam wadah terbuka dan kering. Jika ingin praktis dan tidak suka jari terkena warna kuning dari kunyit, sudah banyak dijual kunyit bubuk di pasaran.

MANFAAT DAUN KETUMBAR

Ini juga gak perlu di kasih lihat gambarnya, karena pasti udah pada tahu, Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang popular. Daun ketumbar hampir sama dengan peterseli dan daun seledri. Cara membedakan  daun ketumbar biasanya paling mudah dari daun yang lain. Sebab bentuk daunnya lebih bundar daripada seledri dan peterseli. Selain itu, daun ketumbar biasanya memiliki warna hijau yang lebih terang.

KEGUNAA DAUN JERUK UNTUK MEMASAK

Apalagi kalau Daun jeruk (Citrus Hystrix) - daun jeruk ini adalah daun yang berasal dari tanaman / pohon jeruk dan biasa digunakan sebagai bumbu pada beberapa makanan Indonesia. Daun ini berwarna hijau tua, bentuknya bulat sampai lonjong, dan pinggirannya tumpul. Aromanya yang segar membuat daun jeruk banyak digunakan sebagai bahan campuran pada berbagai masakan, kue, bahkan minuman. Untuk makanan, biasanya daun jeruk dibiarkan utuh untuk ditumis atau direbus bersama bumbu lainnya, atau diiris halus untuk taburan. Untuk hasil maksimal, biasanya daun jeruk dicabik-cabik dan dibuang tulang daunnya terlebih dahulu sebelum dimasak.


REMPAH BUMBU MASAK LAINNYA YANG PERLU KITA KETAHUI


Apa Itu Bumbu Ngohiong / Ngohiang

Apa Itu Bumbu Ngohiang Atau Ngohiong

Ini juga salah satu bumbu dapur yang banyak di gunakan, Perpaduan berbagai jenis rempah menjadi satu menjadi salah satu ciri kuliner Asia. Salah satu bumbu khas masakan Cina yang bisa mengoyang lidah penikmatnya. Ngohiong yang populer dengan sebutan 'five spice powder' merupakan perpaduan rasa dari lima bumbu yang dicampur jadi satu. Adas, cengkeh, merica, pekak dan kayu manis dan ditumbuk jadi satu. Menciptakan rasa manis, asam, pedas, pahit dan asin. Bumbu yang wangi unik ini biasanya dipakai untukmembumbui hidangan  panggang seperti ayam dan daging.

Kini ada yang sudah instant siap pakai loh bund, Bahan aneka bumbu masak instant di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana,  bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara :

Keluak

Buah Kepayang, kluwek, keluwek, keluak, atau kluak (Pangium edule Reinw. ex Blume; suku Achariaceae, dulu dimasukkan dalam Flacourtiaceae) adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tumbuh liar atau setengah liar. Orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu pula sebagian orang Jawa Tengah) dan di Toraja disebut pamarrasan. Keluak mempunyai tekstur kulit yang keras, berwarna abu-abu. Daging buahnya berwarna cokelat tua kehitaman dan bertekstur lunak. Daging buah itulah yang dipakai sebagai bumbu. Biji keluwek dipakai sebagai bumbu dapur masakan Indonesia yang memberi warna hitam pada rawon, daging bumbu kluwek, brongkos, serta sup konro.

Jintan

Jintan (Trachyspermum roxburghianum syn . Carum roxburghianum) merupakan tumbuhan menjalar yang bijinya dapat digunakan untuk rempah-rempah dan obat-obatan. Biji tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk masakan India.Tanaman ini banyak dibudidayakan di India dan Asia Tenggara. Aromanya sangat harum, agak manis dan menjadi campuran bumbu hidangan tradisional di berbagai daerah Nusantara. Masakan yang sering menggunakan jintan adalah opor, gulai atau kari. Penggunaannya sebaiknya disangrai atau dihaluskan bersama bumbu lain saat akan diolah. Jintan juga tersedia dalam bentuk bubuk, yang
dikemas dengan botol.

Wijen


Wijen (Sesamum indicum L. syn. Sesamum orientalis L.) adalah semak semusim yang termasuk dalam famili Pedaliaceae. Tanaman ini dibudidayakan sebagai sumber minyak nabati, yang dikenal sebagai minyak wijen, yang diperoleh dari ekstraksi bijinya. Afrika tropik merupakan daerah asalnya, kemudian tersebar ke timur hingga ke India dan Tiongkok. Di Indonesia, tanaman wijen tidak terlalu luas ditanam. Di daerah Gunungkidul, Yogyakarta, terdapat area penanaman wijen yang tidak terlalu luas. Wijen sudah sejak lama ditanam manusia untuk dimanfaatkan bijinya, bahkan termasuk tanaman minyak yang paling tua dikenal peradaban. Kegunaan utama adalah sebagai sumber minyak wijen. Bijinya yang berwarna putih digunakan sebagai penghias pada makanan , misalnya onde -onde , dengan menaburkan di permukaannya. Biji wijen dapat dibuat pasta.

Daun Kari

Daun kari yang terkenal dengan nama lain SALAM KOJA / TEMURUI / KOROBELEK. Tekstur daunnya hampir mirip daun salam tetapi ukurannya lebih kecil.memberi rasa gurih dan aroma khas pada gulai dan kare. Juga cocok ditumis dengan daging sebagai isi martabak telur.

Kemiri

Kemiri (Aleurites moluccana), adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, indian walnut, serta candlenut. Kemiri adalah tumbuhan resmi negara bagian Hawaii.

Manfaat kemiri antara lain:
  • Kemiri sering digunakan dalam masakan Indonesia dan masakan Malaysia dan berfungsi sebagai bumbu penambah rasa gurih. Di Pulau Jawa, kemiri juga dijadikan sebagai saus kental yang dimakan dengan sayuran dan nasi Ketumbar

  • Kemiri juga dibakar dan dicampur dengan pasta dan garam untuk membuat bumbu masak khas Hawaii yang disebut inamona. Inamona adalah bumbu masak utama untuk membuatpoke tradisional Hawai.

Ketumbar


Ketumbar berasal dari Eropa selatan. Bentuk berupa biji kecil-kecil sebesar 1-2 milimeter. Mirip dengan biji lada tetapi lebih kecil dan lebih gelap. Selain itu, terasa tidak berisi dan lebih ringan dari lada.Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu ini. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.Pilih biji ketumbar yang utuh dan berbutir besar. Sebaiknya disangrai terlebih dahulu sebelum digunakan dan simpan dalam toples yang tertutup rapat. Haluskan ketumbar bersama bumbu lainnya sebelum digunakan.

Kayumanis

Kulit kayu manis adalah sejenis rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam beberapa spesies pohon genus Cinnamomum yang digunakan untuk masakan yang manis dan sedap. Kayu manis bila dicampurkan pada masakan, akan menambah segar dan nikmatnya masakan. Akan tetapi, pemberian kayu manis dalam masakan sebaiknya sesuai takaran. Misalnya, untuk masakan berkuah, campurkan kayu manis batangan kurang lebih 5 cm ke dalam seliter bahan cair. Untuk roti, kue atau yang lainnya, cukup tambahkan sekurang-kurangnya sesendok teh kayu manis bubuk. Biasanya, rasa dan aroma kayu manis bubuk lebih tajam dibandingkan kayu manis batangan. Akan tetapi, kayu manis bubuk tidak dapat bertahan lama karena kayu manis bubuk mudah rusak dan aroma kayu manis akan hambar.

Cengkeh

Indonesia merupakan negara penghasil cengkeh terbesar di dunia. Cengkih mempunyai nama latin Syzygium aromaticum. Rempah yang berasal dari daerah Maluku dan Ambon ini mempunyai aroma yang khas seperti sedikit rasanya pedas. Cengkeh biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan di beberapa makanan. Bahkan cengkeh juga bisa digunakan pada pembuatan kue sebagai penguat aroma