Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Loading...

Lazada Kasih Kejutan Lagi ! Ambil Voucher Belanjanya Sekarang !

Translate

Cara Memasak Makanan Dengan Teknik Boiling

Di dalam dunia masak - memasak ala Resto, kita mengenal yang namanya tehnik mengolah makanan atau istilah umumnya di kenal dengan sebutan tehnik memasak makanan, bagi orang awam mungkin istilah tehnik memasak makanan ini akan terasa asing, karena yang kita tahu biasanya bukan tehnik memasak tapi cara memasak di dalam resep masakan, memang benar bahwa cara memasak suatu masakan yang biasanya tercantum di Resep buku resep masakan tersebut masih berhubungan dengan tehnik memasak yang akan kita bahas kali ini, Mungkin diantara kita pernah mendengar istilah " Boiling "  ini adalah sebuah istilah standart yang biasa di gunakan oleh para master chef, atau koki atau tukang masak profesional.  Apa itu Tehnik Boiling ? Bagaimana prosesnya dan apa manfaatnya kita menggunakan tehnik Boiling ini dengan baik dan benar ? mari kita bahas lebih mendalam di artikel ini


Untuk lebih memahami artikel yang akan kita bahas mengenai Tehnik Boiling ini, mari kita simak penjelasannya terlebih dahulu pada video berikut ini :







Setelah menyaksikan Video di atas, maka secara garis besar, kita sudah tahu bahwa Tehnik Boiling ini adalah sebuah tehnik memasak dengan cara merebus, tetapi tidak sampai di situ saja, Tehnik memasak  Boiling ini bukan sekedar merebus makanan, tetapi bagaimana agar dapat menciptakan taste yang khas dari hasil rebusan tersebut, untuk itu di perlukan perlengkapan masak atau peralatan masak yang bisa mendukung tehnik Boiling tersebut, untuk mengetahui macam - macam alat jaman now yang biasa di gunakan para chef untuk memasak dengan tehnik Boiling ini, kita bisa cari informasinya lebih lengkap dengan cara  --->
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan


Perlengkapan dan peralatannya sudah tahu seperti apa ? nah selanjutnya kita akan bahas bagaimana sih teknik Boiling ini bisa kita terapkan sehari - hari di dapur kita !


Bagi kalangan Chef Boiling memang sudah cukup familiar, bahkan ketika di dalam pelajaran kuliner sering di jelaskan hal ini, dimana teknik boiling itu sendiri sebenarnya proses memasak yang sangat sederhana atau simple banget, karena hanya dengan cara merendam bahan masakan di dalam air, lalu rebus sampai mendidih. Tapi Gak sebatas itu loh, namanya juga tehnik, pasti ada aturan juga ! Bagi kita  yang belum tahu, apa itu teknik boiling ?, cara memasak makanan yang sangat simpel dan sebenarnya suadah biasa kita lakukan, Contohnya Ketika kita masak Indomie rebus atau merebus sayuran untuk pecel  misalnya, Nah Teknik secara tidak sadar sudah kita praktekan, namum sering kali cara memasak dengan cara merebus ini dianggap kurang baik, karena harus menunggu waktu yang lama ketika merebus, sebab suhu yang di pakai harus berkisar di kisaran 100 derajat celsius, sebab dengan teknik Boiling ini kita akan tahu bahwa jika kita merebus sayuran dengan air yang terlalu panas maka kandungan nutrisi dan vitamin di dalam sayuran akan hilang.


APA YANG DI MAKSUD DENGAN MENDIDIH ?





Ketika kita memasak atau membaca resep, sering kali kita mendapatkan tulisan memasukan bahan masakan ketika air sudah mendidih,  Mendidih adalah suatu kondisi ketika terjadinya perubahan suatu zat mulai dari fase cair menjadi fase gas. Dimana suhu ketika  zat cair tersebut mendidih berada pada tekanan 1 atmosfer , inilah yang di disebut titik didih. Namun di dunia masak ala para chef profesional, mendidihnya suatu bahan atau cairan yang di masak harus terukur dengan suhu yang pas, agar citarasa dan kadungan vitamin serta nutrisi pada bahan makanan tersebut tidak rusak


CARA BOILING SAYURAN AGAR TETAP TERJAGA NUTRISI DAN VITAMINNYA !

Kenapa sih Merebus Bahan makanan itu harus pakai cara seribet ini, semua demi Taste Loh ! Masakan Yang Lezat itu perlu perlakuan khusus loh ! makannya kita belajar tentang hal ini. Perlu kita ketahui bahwa Panas yang dihasilkan saat memasak sayuran dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran, terutama vitamin dan mineralnya. Beberapa vitamin memang dikenal tidak tahan terhadap panas, seperti vitamin C dan vitamin B. Kedua vitamin ini termasuk ke dalam vitamin larut air yang juga dapat larut bersama air pada proses pemasakan. Oleh sebab itu Kita Perlu memahami Tehnik Merebus makanan yang Tepat, Tehnik inilah yang di sebut Boiling Tecnique


Terdapat banyak cara dalam memasak sayuran, mulai dari perebusan, pengukusan, sampai menumis sayuran dengan sedikit minyak. Masing-masing proses memasak ini tentu memiliki efek yang berbeda-beda terhadap sayuran.


1. Cuci sayuran dengan air mengalir, jangan direndam

Sebelum memasak sayuran, Anda perlu mencucinya terlebih dahulu. Mencuci sayuran berguna untuk menghilangkan bakteri, kuman, maupun pestisida yang menempel pada sayuran. Cuci sayuran pada air mengalir dan jangan pernah mencoba untuk merendamnya. Merendam sayuran hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang, seperti vitamin C. Perlu diketahui bahwa vitamin C sangat rentan terhadap panas, air, dan udara.

2. Potong sayuran dalam bentuk besar-besar

Untuk sayuran yang banyak mengandung vitamin larut air, seperti vitamin C, potonglah sayuran dalam bentuk besar atau Anda juga bisa memasaknya dalam bentuk yang utuh. Hal ini berfungsi agar tidak banyak kandungan nutrisi yang hilang selama proses pemasakan. Semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak nutrisi yang dapat hilang saat proses pemasakan.

Jika  ingin mendapatkan potongan sayuran yang lebih kecil, Anda dapat memotongnya lagi setelah selesai dimasak. Sebagai contoh, Anda dapat merebus kentang utuh dengan kulitnya, kulit kentang juga mengandung nutrisi yang banyak sehingga sayang untuk dibuang. Kemudian, setelah selesai direbus, Anda dapat memotong kentang menjadi bagian yang lebih kecil agar mudah untuk dimakan.

3. Jaga waktu, suhu, dan air saat memasak

Pada saat memasak, sebaiknya kita perhatikan waktu, suhu, dan juga jumlah air minimum yang digunakan untuk merebus makanan,  perhatikan waktu masaknya jangan terlalu lama, jaga suhu agar tidak terlalu tinggi, dan jumlah cairan yang terlalu banyak dapat membuat semakin banyak nutrisi yang hilang pada sayuran. Semakin sedikit air yang dipakai untuk memasak, semakin banyak nutrisi yang dapat dipertahankan, terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin larut air.


Itu kalau merebus sayuran, nah bagaimana kalau merebus daging ?


--->  SELANJUTNYA ->