-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Apa itu Ang Ciu dan Apa Kegunaanya Untuk Masak

Apa itu Ang Ciu dan Apa Kegunaanya Untuk Masak

MENCARI TAHU KEGUNAAN ANG CIU UNTUK MEMASAK


Apa Sih Ang Ciu Itu ? Bagi Pecinta Chinese Food Pasti Tau Gimana Rasanya Ang Ciu tersebut, Biasanya Ang Ciu itu Di gunakan Sebagai penguat Citarasa masakan, Ang Ciu umumnya di tambahkan saat menumis masakan, agar aroma masakannya menjadi lebih dominan, selain itu pasti anda sering melihat bagaimana atraksi tukang masak atau koki chinesse food, dimana di api dari kompor biasa sampai naik ke permukaan wajan, salah satu trik memasak yang fenomenal tersebut adalah karena pengaruh dari bumbu masak yang bernama Ang Ciu ini.

Lalu apa sih sebenarnya Ang Ciu itu ? Terbuat dari Apakah Ang Ciu Tersebut ? dan gimana sih rasanya ? Mari kita jawab satu - persatu pertanyaan tersebut ya !


Namun sebelum kita mengetahui Apa itu Ang Ciu, kalian bisa cari tahu terlebih dahulu Merek Ang Ciu Beserta kwalitasnya yang banyak di jual di pasaran indonesia saat ini dengan cara :



Okay, ! Mari kita bahas apa itu Bahan Masakan Chinesse yang bernama Ang Ciu, Pada dasarnya Ang Ciu ini tidak hanya di pergunakan di masakan Pesta atau masakan mewah ala Restoran chinesse Food, karena Trend yang berkembang dan aroma dari Ang Ciu ini yang khas, maka banyak pedagang chinesse food kelas kaki lima pun yang menggunakan ang ciu ini sebagai salah satu bumbu penyedap masakannya, Makin penasaran kan jadinya Ang Ciu itu apaan sih ? Di Pasaran atau Supermarket Ang Ciu ini Botolnya mirip dengan botol kecap dengan tulisan aksara china, Ang Ciu Itu dalam Bahasa China Artinya Arak Tape Ketan, atau Arak Masak, Ang ciu adalah jenis bumbu masak yang kadar alkoholnya cukup tinggi, hal inilah yang membuat Ang Ciu akan bereaksi terhadap api kompor saat di tuangkan ke dalam masakan dengan suhu panas tinggi.  Kalau di restoran Jepan, khususnya pada masakan jepang yang di tumis, umumnya menggunakan sejenis mirin atau sake yang juga mengandung alkohol seperti Ang Ciu ini untuk bumbu masakannya. Rasa Ang Ciu itu cendrung asam dan beraroma menyengat, namun ketika di padukan dengan bumbu masak seperti bawang putih dan cabai, akan menciptakan aroma masakan chinese yang sangat khas dan Lezat.


Secara umum di seluruh dunia, Ang Ciu itu di kenal dengan Istilah Sari Tape Ketan, Gimana Proses Pembuatan Ang Ciu Yang Biasanya Untuk Masakan Chinese Food itu ? atau Bagaimana sih Caranya Bikin Ang Ciu itu ?

Proses pembuatan Ang Ciu secara Garis Besar dari ketan Ketan Putih yang di cuci bersih dan di masak layaknya kita masak nasi, kemudian di dinginkan dan di tambahkan ragi tape ketan secukupnya, selanjutnya tinggal masukan ke dalam tempayan atau boleh juga ke dalam wadah plastik seperti produk Tupperware, Setelah 3 hari kemudian di tambahkan dengan arak putih sebanyak dan tambahkan bubuk angkak kemudian di diamkan sampai 35 hari. Maka Ang Ciu tersebut sudah siap di gunakan untuk memasak ! untuk lebih jelasnya bisa simak videonya di bawah ini :




Menurut penelitian, kandungan alkohol pada ang ciu adalah sekitar 15% ! ada lagi yang namanya rhum dan mirin, ini juga bumbu dapur untuk masakan khas Jepang berupa cairan beralkohol berwarna kuning, terasa manis karena mengandung gula hingga 50%.


Selain Arak Merah atau Ang Ciu, ada juga Huang Jiu / arak kuning yang Terbuat dari biji - bijian yang diragikan dan tidak disuling, arak ini tidak terlalu keras kadar alkoholnya dan juga sering di pergunakan untuk memasak. Warna Huang Jiu beranekaragam, mulai dari kuning terang sampai yang kemerah - merahan juga ada !


Huang Jiu adalah Ang Ciu Warna Kuning Import

ALTERNATIF PENGGANTI ANG CIU



Bahan Tanpa Alkohol Pengganti Ang Ciu


Namun bagi anda yang tidak tidak sempat mencari Ang Ciu atau tidak suka dengan Aroma Alkohol namun ingin tetap mendapatkan citarasa dari aroma khas Ang Ciu ini, maka Alternatifnya adalah dengan mengganti Ang Ciu dengan campuran kecap asin dan perasan Air jeruk limau, atau jika ingin lebih kuat lagi aroma khas chinese foodnya bisa di tambahkan beberapa irisan tipis Jahe

Bagaimana cara meraciknya ? berapa saja Takarannya yang pas ? kemudian kita bisa siapkan bahan - bahan tersebut dengan takaran sbb :


--->  SELANJUTNYA ->