-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Angkak Itu Apa, Gunanya Buat Masak

Apa Itu Angkak ? What is Red Yeast Rice From China

MENEMUKAN KEGUNAAN ANGKAK UNTUK MEMBUAT MASAKAN YANG SEHAT DAN LEZAT

Banyak yang bilang angkak itu bagus buat proses penyembuhan penderita penyakit Demam Berdarah, dan yang paling utama yaitu Kandungan HMG-CoA  atau biasa di sebut monacolin / lovastatin / statins terbukti sangat effektif untuk menurunkan kolesterol jahat LDL dan Trigliserida pada tubuh manusia, wow ! sebenarnya apa sih Angkak itu ? Jadi penasaran deh ! Kalau di lihat dari bentuk fisiknya, bentuk angkak itu  mirip dengan butiran beras namun berwarna merah, sepertinya ini adalah butiran beras yang diolah menjadi warna merah. Memang benar bahwa Angkak ini adalah Produk fermentasi dari butiran beras menggunakan kapang Manascus sp dari negara China, dimana angkak sudah terkenal sejak jaman  Dinasti Ming yang berkuasa pada abad ke-14 sampai abad ke-17. Namun beras  yang di gunakan bukanlah sembarang beras loh, konon katanya sih beras ini hanya ada di China, sebab proses pembuatan Angkak harus menggunakan beras Putih Jenis tertentu dari china yang kemudian dibiakkan dengan sejenis Ragi Khusus bernama Manascus selama beberapa hari sehingga mengubah warna beras putih tadi menjadi menjadi berwarna merah, jadi warna merah pada Angkak itu alami bukan dari pewarna buatan. Secara Turun temurun, Angkak di pergunakan oleh masyarakat China dan Keturunannya sebagai salah satu bumbu masak dan pewarna makanan alami. Sifat warna merah pada Angkak tidaklah dangkal jika terkena kulit manusia, rasa serta aromanya pun cukup harum dan khas.


Bagaimana Angkak itu di Buat, dan bagaimana prosesnya Angkak itu bisa berubah warna menjadi merah secara alami, silahkan simak cuplikan Video pembuktiannya berikut ini :




Sebelum kita pelajari bagaimana menggunakan Angkak untuk mengolah berbagai makan khas china yang lezat, mari kita cari tahu produk angkak berkwalitas dan terpercaya dari berbagai merek mulai dari kemasannya, belinya di mana beserta kisaran harganya yang banyak di jual di Indonesia, untuk informasi lebih lengkapnya bisa cari tahu dengan cara : 


Beikutnya mari kita jawab pertanyaan ini, Angkak Itu Apa dan Gimana Menggunakannya Untuk Masak Masakan Lezat ? Angkak yang ada di pasaran ada dua jenis, Angkak basah dan Angkak Kering, kalau Angkak Basah Mirip tape ketan yang berwarna kemerahan agak sedikit berair dan dikemas dalam kemasan botol, angkak basah ini agak sulit di temukan di indonesia, Sedangkan Angkak Kering lebih mudah di dapatkan baik di supermarket maupun di pasar - pasar tradisional, biasanya dikemas dalam kemasan plastik saja dan sebelum digunakan untuk memasak, biasanya butiran angkak yang masih berbentuk beras harus digiling terlebih dahulu hingga halus dan menjadi bubuk.

Aneka Resep Masakan Lezat Yang di Olah Menggunakan Angkak.

SUP AYAM ANGKAK KHAS TIONGKOK

Menu masakan Khas China yang berbahan bumbu angkak dan sudah sangat terkenal kenal di indonesia  adalah sup ayam angkak sederhana, dengan aroma khas angkak yang berpadu dengan kaldu ayam dan aroma jahe, menjadikan sup ini cocok sekali untuk meningkatkan stamina dan menghangatkan badan di saat sedang musim hujan, mari kita coba memasaknya sendiri di rumah dengan panduan Resep Berikut ini


:


Sup Ayam Merah Penambah Darah dan Gizi



Bahan – bahan yang di perlukan untuk memasak sup ayam angkak


    1 ekor ayam kampung ukuran sedang
    2 sdm angkak
    2 Ruas Jahe
    1 sdt garam ( sesuai selera )
    ½ sdt lada bubuk
    100 ml kaldu ayam ( bisa di ganti dengan kaldu instant bubuk atau blok )
    500 ml Air

Proses / cara memasak Sup Ayam Angkak


  
Cucilah dan potong daging ayamnya sesuai dengan selera

   Kupas Kulit Jahenya, cuci  dan iris tipis

   Tumbuk butiran angkak hingga halus ( berbentuk bubuk )

   Didihkan 500 ml air hingga mendidih lalu masukkan bahan-bahan seperti ayam, jahe, garam, angkak,
   lada bubuk dan kaldu ayam. Masak hingga mendidih dan daging  ayam menjadi empuk, jika sudah
   matang, matikan api dan Sup Ayam Angkak siap disajikan selagi hangat untuk meningkatkan stamina

SUP GURAME ANGKAK KHAS HONGKONG

Selain Sup Ayam Angkak, msakan Lezat lainnya adalah sup Gurame Angkak yang super lezat ini akan mengoyang lidah anda dan memberikan sensasi makan yang lezat dan sehat, berikut resep dan cara membuatnya :


Bahan – bahan yang di butuhkan untuk memasak sup gurame angkak

    1 Kg daging ikan gurame fillet
    1 butir telur ( di kocok lepas )
    1 butir jeruk nipis
    Garam secukupnya
    60 gram Tepung Bumbu Instant ( Tepung Kentucky )
   
Bahan – Bahan  Pelengkapnya :

    3 siung bawang putih ( cincang kasar )
    3 ruas jahe ( kupas, cuci dan geprek )
    2 sdm minyak goreng untuk menumis
    1 ikat sayur asin, rendam sejenak dengan air bersih, angkat dan dipotong kecil - kecil
    1 buah lobak dipotong – potong kecil sesuai selera
    2 buah tahu putih ( digoreng dan di potong kotak – kotak )
    1 sdm angkak
    1200 ml air
    400 ml susu cair putih / bisa di ganti santan
    Garam, lada, dan bumbu penyedap rasa intant secukupnya ( sesuai selera )
    1 ikat daun wansui  ( daun ketumbar ) atau bisa di ganti dengan daun sledri
    Minyak wijen secukupnya
    Perasan 1 butir jeruk nipis

Proses memaak sup gurame angkak

Potong – potong daging ikan gurame fillet sesuai selera, lumuri jeruk nipis serta garam, diamkan selama 15 menit. Lalu lumuri telur kocok dan taburi tepung kentuckynya, kemudian goreng di minyak panas sampai kecoklatan, angkat dan  tiriskan.

 Haluskan Butiran Angkak hingga menjadi bubuk dan  direbus bersama 1200 ml air sampai mendidih.

Potong – potong  sayur asin, setelah di rendam dan dicuci jangan lupa diperas airnya, agar rasanya tidak getir dan ke asinan

Langkah Berikutnya Tumislah bawang putih dan jahe sampai harum dan kecoklatan dan sisihkan,

Rebus lobak sampai lunak dengan kuah air angkak, setelah lobaknya empuk masukan sayur asin, tahu goreng, tumisan bawang putih dan jahe, garam, lada, dan penyedap rasa ( masako/ megi )

Masukan susu cairnya atau santan aduk terus sampai mendidih, koreksi rasanya jika sudah pas dan gurih. Serta sudah  mendidih matikan api.

Daging Ikan gorengnya  jika ingin di sajikan baru dimasukan kedalam kuah sup, supnya terjaga citarasa dan tektur daging ikannya, jangan lupa diberi jeruk nipis, minyak wijen dan taburan daun wansui atau di ganti dengan daun sledri.

Selamat Makan !


Selain Masak Sup, Kit bisa juga gunakan angkak untuk memasak masakan lainnya yang di kukus atau di goreng.
 
Ada yang tanya juga Kalau Bikin Daging Panggang Merah Itu Gimana ya ?  apakah warnainnya bisa pakai Angkak ? mari kita jawab pertanyaan tersebut...