-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Apa itu Citrun - Kegunaan Citric Acid Untuk Bikin Kue

Apa Itu Acid Citrun dan Kegunaannya

MENCARI TAHU APA SAJA MANFAAT DAN KEGUNAAN ACID CITRUN UNTUK MEMBUAT MAKANAN


Hai Mom.... Pernah dengar atau pernah lihat salah satu bahan pembuat kue dan sirup yang bernama Asam Citrun atau bahasa Inggrisnya Citric Acid ? Jika belum tahu atau bahkan belum pernah lihat, nah inilah kesempatannya kita mengenal lebih dekat apa itu Citrun atau Citric Acid dan apa saja kegunaannya, bahasa lain dari sitrun adalah Asam Sitrat, sebelum kita mengetahui kegunaanya, mari kita kenali terlebih dahulu terbuat dari apakah citrun ini ?  Citrun tergolong sebagai asam organik dengan kadar asam yang lemah, kandungan asam sitrat umumnya bisa kita temukan pada buah jeruk, contohnya  pada jeruk lemon, limau , jeruk nipis dan jeruk purut, kandungan asam citrun pada jeruk hanya mencapai 8% dan  bisa digunakan  untuk bahan pengawet makanan yang baik dan bersifat alami, selain itu citrun juga digunakan sebagai penguat  rasa asam pada makanan dan minuman  Zat asam organik ini juga berfungsi sebagai anti oksidan, kadungan Asam sitrat terdapat pada berbagai jenis buah yang bersifat asam seperti buah mangga dan kedongdong.


Berikut ini Video penjelasannya, selamat menyimak !




Acid / Asam Citrun untuk bahan membuat sirup atau penguat rasa aneka pudding dan kue kini sudah tersedia sitrun berkwalitas dan aman di konsumsi yang sudah dikemas serta siap digunakan untuk memasak, informasi Merek dan Harga Citrun tersebut serta Belinya di mana,  bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara :



Selain untuk penguat rasa makanan dan minuman, asam sitrat juga berfungsi untuk mengkatalisasi hidrolisa sukrosa ke dalam bentuk gula selama penyimpanan dan juga sebagai penjernih gel yang dihasilkan. Banyaknya asam sitrat yang ditambahkan pada produksi permen berkisar antara 0,2 s/d 0,3%

Sedangkan pada industri makanan, asam sitart ini bisanya digunakan sebagai bahan antioksidan yang dapat mempertahankan atau meningkatkan rasa dan aroma jus buah atau es krim. Selain itu masih banyak fungsi asam sitrun dalam industri makanan lainnya serta di dalam aneka Resep masakan yang membutuhkan citarasa asam pada makanan tersebut.

Bagaimana Takaran Penggunaan Asam Sitrat / Citric Acid / Acid Citrun di dalam Makanan

Pada Dasarnya tidak ada aturan atau takaran yang tepat untuk mengaplikasikan Acid Citrun / Citric Acid atau Asam sitrat ke dalam makanan, sama halnya dengan takaran gula dan garam yang jumlah takarannya bisa di sesuaikan dengan selera masing – masing, karena umumnya Acid Citrun ini merupakan asam organik lemah yang ditemukan pada daun dan buah tumbuhan genus Citrus / keluarga jeruk-jerukan, dan  Senyawa asam ini biasanya digunakan sebagai penambah rasa masam pada makanan dan minuman ringan, dana juga dapat berfungsi sebagai bahan pengawet makanan yang baik dan alami, Selain itu Asam sitrat ini juga terdapat pada berbagai jenis buah dan sayuran pada konsentrasi yang lebih tinggi, umumnya mencapai 8% pada bobot kering, contohnya pada buah jeruk lemon dan buah belimbing besi / wuluh.


--->  SELANJUTNYA ->