-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Caranya Membuat Masakan Tetap Terasa Gurih Tanpa Micin - MSG

Begini Caranya Masakan Bisa Tetap Gurih Tanpa Micin atau MSG

MENCARI TAHU CARA BIKIN MASAKAN TANPA MICIN / MSG TAPI TETAP GURIH DAN LEZAT

Selain Belajar Memasak Enak, Kita Juga mau belajar memilah bahan masakan mana yang lebih baik untuk kesehatan tubuh keluarga kita untuk jangka panjang, sesuai dengan judul artikel yang kami buat, tentunya kita akan membahas bagaimana caranya kita menggantikan Micin / MSG dengan bahan - bahan alami yang lebih ramah terhadap kesehatan kita di masa yang akan datang, seperti yang kita ketahui bersama bahwa Penyedap Rasa Buatan yang biasa kita kenal dengan nama MSG atau micin tidaklah begitu baik pengaruhnya terhadap kesehatan kita di masa yang akan datang jika di konsumsi dalam jangka waktu yang lama. berbagai bahaya zat yang bernama monosodium glutamate atau MSG ini memicu Gangguan Jaringan otak sebagai salah satu faktor menurunnya kwalitas kecerdasan manusia, hingga gangguan hati, jantung dan sistem pencernaan. Jika kita bayangkan citarasanya MSG tidaklah sebanding dengan Resiko kesehatan yang di tumbulkannya, oleh sebab itulah, mari kita mulai budayakan Hidup sehat alami tanpa MSG sepanjang hari bersama keluarga tercinta. Lalu bagaimana dengan citarasa masakan Emak di rumah, jika tidak pakai micin pastilah rasanya kurang enak karena kurang gurih. Sebagai Tukang Masak, tentunya kita harus bisa menciptakan masakan sehat yang lezat, Tentu saja Masih banyak bahan - bahan alami yang setara lezatnya atau gurihnya jika di bandingkan dengan MSG, dan tentunya aman untuk di konsumsi dalam waktu yang panjang, salah satunya adalah garam Himalaya yang berwarna Pink, tidak perlu repot, tinggal tambahkan kedalam masakan saja maka makanannya akan menjadi lebih sedap tanpa MSG, Garam Himalaya ini kandungan mineralnya memang agak beda dengan garam laut, Garam jenis ini hanya ditambang dari pegunungan himalaya yang memiliki citarasa asin yang gurih ketika di gunakan sebagai penyedap masakan. Walaupun selain Garam Himalaya, ternyata masih banyak bahan lainnya mulai dari Kaldu hewani, kaldu jamur hingga tumbuhan yang memiliki rasa gurih terhadap masakan, namun yang paling praktis ya Garam Himalaya.



Kwalitas, Merek dan Harga Garam Himalaya serta Belinya di mana,  bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara :



Jika anda ingin lebih sedikit Repot, anda tidak perlu membeli garam himalaya yang berwarna Pink karena harganya cukup mahal jika di bandingkan dengan micin atau MSG, ada beberapa bahan pengganti MSG yang lebih alami yaitu sbb :


Berikut Cuplikan Videonya yang bisa membuka wawasan anda tentang bahan - bahan pengganti MSG tersebut !




Kuah Kaldu Pengganti MSG

Baik itu kaldu Ayam, atau kaldu hewani lainnya, semua memiliki citarasa yang gurih alami dari tulang dan dagingnya, salah satu kaldu yang sering di pakai untuk memasak adah kaldu ayam dan kaldu daging sapi, lagi - lagi kaldu sapi dan ayam ini ada yang sudah di kemas secara instant, namun apakah mengandung monosodium glutamate atau zat lainnya kita tidak tahu, yang jelas jika mau lebih aman sedikit repot gpp lah demi kesehatan keluarga tercinta. Lebih baik kita buat sendiri kaldunya, cara buatnya bisa baca di artikel yang sudah kami rangkum di ---> http://www.ayobelajarmasak.com/cara-membuat-kaldu-ayam-sehat-bening.html

Cara Bikin Kaldu dari Tulang Sapi Untuk Penyedap Masakan

  • Rebus 1 kg tulang sapi di air hingga mendidih beberapa saat, kemudian buang air rebusan pertama agar rasa amis dan kotoran dan darah yang menempel di tulang sapi dapat keluar.

  • Selanjutnya siapkan panci besar dengan air mendidih.

  • Setelah itu  masukan tulang tambah sayur-sayuran, seperti daun bawang, wortel, sledri, bawang putih, bawang bombay, jahe juga daun salam.





  • Masak sambil sisihkan lemak yang mengambang di permukaan kaldu setiap 20 menit sekali agar kaldu tetap bening

  • Setelah air kaldu menyusut hampir setengahnya, angkat dan saring.

  • Dinginkan kaldu dan siap digunakan untuk penyedap masakan pengganti Micin

  • Jika ingin disimpan lama, masukkan ke dalam kantong plastik dan bekukan di dalam lemari es

Gunakan Keju Sebagai Penyedap Masakan

Pernah Makan Keju ? Taukan Rasanya ? ya gitu deh rasanya, asin - asin gurih, karena keju memiliki nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dan dapat digunakan sebagai penyedap rasa pengganti micin, oleh sebab itulah keju memilki rasa yang unik yaitu antara rasa asin dan gurih.

Gunakan Udang Basah atau Udang Kering Atau Terasi Sebagai Penyedap Masakan

Jika anda pecinta Aroma Terasi yang sedap, maka ada punya sulosi yang tepat untuk menggatikan MSG dengan secuil terasi sebagai penyedap masakan, terasi rasanya gurih - gurih sedap karena terbuat dari udang, namun masalahnya tidak semua orang doyan terasi dan tidak semua masakan cocok di padukan dengan aroma terasi, alternatif lainnya adalah menggantikan terasi dengan daging udang segar, atau bisa juga dengan udang kering ( ebi )

Gunakan Bawang Putih dan Bawang Merah Goreng Untuk Penyedap Masakan

Bawang Putih dan Bawang Merah Goreng, selain Mengharumkan Masakan Juga sedikit berfungsi sebagai penyedap rasa jika di padukan dengan sedikit gula, citarasa sedapnya akan muncul kepermukaan masakan anda.

Gunakan Santan Untuk Menyedapkan Masakan

Walaupun santan terkadang tidak baik bagi kesehatan jika di konsumsi berlebihan, setidaknya tidak sebahaya zat yang bernama monosodium glutamate atau MSG, yang penting komposisi campuran santan pada masakan anda tidak terlalu kental, bagaimana takaran atau komposisinya agar masakan anda bisa tetap Terasa Gurih Tanpa Micin / MSG silahkan anda praktekan sendiri, selain santan tentu saja masih banyak bahan - bahan atau bumbu masakan yang gurih untuk menyedapkan masakan. apa saja itu ?


---> SELANJUTNYA