-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Mengenal Jenis Santan Kelapa Dan Kegunaannya Untuk Memasak

Contoh  Jenis Santan Kelapa Dan Kegunaannya

MENCARI TAHU JENIS - JENIS SANTAN KELAPA DAN FUNGSINYA UNTUK BIKIN KUE DAN MEMASAK

Seiring perkembangan jaman, demi kepraktisan memasak maka lahirlah berbagai penemuan baru santan kelapa yang di kemas agar lebih awet dan praktis di gunakan tanpa mengurangi citarasa khas santan kelapa itu sendiri, dahulu kala orang akan sangat report jika ingin memasak masakan bersantan karena harus memarut kelapa dan memeras santannya, namun saat ini sudah tersedia aneka jenis santan kelapa siap pakai, baik itu yang berbentuk cair maupun yang berbentuk bubuk. Ternyata Santan kelapa banyak di gunakan untuk memasak aneka masakan dan kue khas indonesia, Lalu bagaimanakah perbedaan citarasa dan kegunaan antara santan kelapa parut dengan santan kelapa instant baik itu bubuk maupun cair ? sebelum kita mengatakan mana yang lebih enak, mari kita simak dulu fungsi dan kegunaan masing - masing jenis santan kelapa tersebut, karena rasa enaknya santan kelapa tergantung peruntukannya untuk memasak apa.


Bahan Santan Kelapa Olahan Pabrik di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana,  bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara :


Untuk Menambah Pengetahuan anda tentang bagaimana proses mendapatkan santan kelapa secara moderen, silahkan simak video di bawah ini :




Penjelasan Macam - macam jenis Santan Kelapa Serta Kegunaannya :

Santan Kelapa Parut / Peras Segar Cair

Santan ini murni terbentuk dari hasil perasan parutan kelapa asli, santan di ambil dari parutan daging kelapa tua dan tentunya yang berdaging tebal. Menurut para tukang masak santan murni ini mempunyai cita rasa yang alami dan bisa dengan mudah digunakan di semua masakan. Namun santan jenis ini harus segera di olah atau dimasak karena tidak tahan lama atau mudah basi, untuk mendapatkan kwalitas santan yang baik dan tidak cepat basi, gunakanlah air matang hangat saat memeras santan kelapa.

Santan Kelapa Parut / Peras  Beku

Sama halnya dengan santan peras segar cair, santan beku ini juga dapat kita peroleh secara tradisional yaitu dengan mengambil permukaan santan kental dan di bekukan di dalam lemari pendingin, santan beku ini bisa bertahan beberapa hari dengan syarat masih dalam kondisi beku, santan jenis ini biasanya bisa kita gunakan untuk campuran minuman dan kue - kue tradisional, kalau untuk masakan yang memerlukan proses pemanasan cepat sebaiknya anda jangan gunakan santan beku, selain kurang bisa menyerap kedalam masakan santan beku ini mudah pecah saat dimasak terburu - buru.

Santan Kelapa Instan Cair

Santan Jenis ini adalah santan jaman now, atau jaman moderen, santan ini memiliki tekstur yang cukup kental di banding santan kelapa perasan,  santan ini di proses oleh pabrik dengan peralatan moderen  dan mengalami penambahan guar gum ( sari tumbuhan lain ) atau biasanya mengandung saripati jagung,sehingga menghasilkan sedikit rasa manis yang dapat berfungsi mengawetkan santan sekaligus berfungsi mengentalkan larutan santan. karena agak sedikit manis, maka santan jenis ini hanya cocok untuk membuat kue dan masakan manis.

Santan Kelapa Olahan Pabrik

Santan jenis ini juga merupakan  salah satu golongan santan instan, di mana  santan ini terbuat dari daging kelapa asli yang di peras santannya  melalui proses penguapan lalu dikeringkan dalam suhu tinggi  hingga menjadi bentuk bubuk, santan jenis ini cukup alami rasanya dan cocok untuk berbagai masakan asin yang memerlukan bahan santan, untuk proses memasaknya perlu di larutkan terlebih dahulu dengan air hangat baru di campurkan kedalam masakan.


Untuk Proses pembuatan santan Bubuk sebenarnya tidaklah sulit, berbekal alat sederhana dan oven sebenarnya kita sudah dapat memproses santan kelapa segar menjadi santan bubuk yang lebih awet jika di simpan dalam waktu yang lama.