-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Apa itu Gula Palem ( Palm Sugar ) Dan Kegunaanya

Apa itu Gula Palem Palm Sugar dan apa Kegunaanya untuk Membuat Kue

MENCARI TAHU KEGUNAAN GULA PALEM ( PALM SUGAR ) UNTUK MEMBUAT KUE YANG LEZAT

Gula pada umumnya berguna sebagai pemanis alami makanan, yang biasa kita kenal sehari - hari biasanya gula tebu atau gula pasir dan gula merah yang biasa di sebut gula jawa, namun selain gula pasir dan gula jawa, masih banyak jenis gula alami lainnya yang berguna sebagai pemanis makanan diantaranya adalah gula aren, gula jagung dan gula Palem. Nah pada kesempatan ini, kami ingin memperkenalkan Palm sugar atau Palm Zuiker atau Brown Sugar atau sebutan lokalnya Gula Palem ini kepada anda yang hobby membuat kreasi makanan dan kue - kue lezat, Gula yang berwarna kecoklatan ini memiliki aroma yang wangi dan cukup khas bagi pecinta gula palem. Ada yang menyebutnya gula semut, ntah kenapa di sebut demikian, mungkin karena warna dan bentuknya yang mirip dengan rumah semut yang bersarang di tanah, terlepas dari sebutan itu mari kita ketahui apa sebenarnya gula palem ini.

PALM SUGAR / GULA PALEM TERBUAT DARI APA

Secara umum gula palem adalah gula kristal yang terbuat dari cairan bernama Nira atau Sari Batang Pohon Palem yang dimasak hingga menguap kadar airnya dan di kristalkan lalu di haluskan hingga menjadi butiran gula, sekilas bentuknya memang seperti gula pasir namun warnanya agak kecoklatan dan memiliki aroma harum di banding gula pasir, sehingga gula palem ini banyak digunakan untuk membuat kue dan taburan makanan. Selain itu gula Palem ini ternyata mengandung lebih banyak zat-zat yang baik untuk tubuh seperti zat besi, kalsium, magnesium, protein, vitamin A dan vitamin B1, bahkan Terdapat kandungan garam mineral yang baik untuk tubuh kita.

Di Amerika dan eropa, gula palem ini di sebut coconut plam sugar, berikut video penjelasan para ahli tentang manfaat Palm sugar tersebut - selamat menyimak :





MANFAAT GULA PALEM ( PALM SUGAR )

Selain rasanya yang lezat jika di pakai untuk membuat kue - kue yang manis rasanya, Ternyata Palm sugar atau Gula Palem ini juga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, di dalam Palm Sugar  terkandung kadar  Sukrosa yang cukup tinggi yaitu mencapai 70 % dan terdapat 10 % kandungan gula invert yaitu campuran glukosa dan fruktosa, gula palem ini juga mengandung Protein dan beberapa mineral lainnya, seperti fosfor, tembaga, kalsium, kalium, magnesium, natrium, zat besi, zinc, serta mangan, walaupun tidak banyak kandungan mineralnya namun Palm Sugar bisa di katakan memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup lengkap, sehingga Palm sugar memiliki manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan tubuh manusia, diantaranya dapat mencegah munculnya gejala Kurang darah / Anemia, Menjaga kesehatan pencernaan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. selain itu gula Palem dapat memberi rasa kenyang di perut, sehingga bisa menekan nafsu makan yang berlebihan, sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet untuk mengganti konsumsi gula pasir dengan gula palem.

Untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana,  bisa anda dapatkan informasinya dengan cara :



Soal Citarasa, Jelas Gula Pelem Terasa Lebih Harum dan Pas manisnya saat di konsumsi baik sebagai taburan atau topping makanan atau sebagai campuran olahan makanan manis, Gula Palem Mampu menciptakan sensasi rasa manis yang nyaman di lidah dan aman untuk di konsumsi.

GULA PALEM / PALM SUGAR BISA UNTUK BIKIN MAKANAN APA ?

Secara umum Gula Palem dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman beralkohol tradisional namanya Tuak, namun Gula Palem / Palm Sugar ini juga bisa kita pakai untuk memasak cemilan jaman now yang lezat, contohnya :

RESEP BOLU KUKUS PALM SUGAR

Bahan Untuk Membuat Bolu kukus Gula Palem

  •     200 gram gula palem
  •     50 gram gula pasir
  •     1 butir telur
  •     200 ml santan
  •     1 helai daun pandan
  •     1,5 sdm tepung terigu
  •     250 gram tepung terigu
  •     0,5 sdm emulsifier
  •     125 ml minyak goreng


Cara / Proses Bikin Bolu Kukus Gula Palem

  1. Kocok telur menggunakan mixer selama 5 menit. Kemudian tambahkan 1,5 sendok makan tepung terigu, lalu kocok kembali hingga bahan tercampur merata.





  2.  Rebus gula palm bersama 200 ml santan dan daun pandan.

  3. Kemudian masukkan rebusan air gula tadi dan minyak sayur ke dalam adonan. Masukkan secara bergantian.

  4. Kocok kembali dengan kecepatan rendah dan tambahkan emulsifier.

  5. Masukkan 250 gram terigu ke dalam adonan dan aduk hingga merata.

  6. Setelah itu tuang adonan ke dalam cetakan dan kukus selama 15 menit.

---> SELANJUTNYA