-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Mengenali Jenis - Jenis Coklat Untuk Bahan Membuat Kue

Jenis - Jenis Coklat Untuk Bikin Kue

MENGENAL ANEKA JENIS COKLAT / CHOCOLATE UNTUK MEMBUAT KUE DAN MINUMAN LEZAT

Perlu anda pahami bahwa produk coklat untuk bahan membuat kue itu tentunya berbeda dengan coklat batangan yang siap di di konsumsi, dalam hal ini bahan dasarnya tentu saja tetap sama yaitu dari bji kakao yang di keringkan dan di proses hingga menjadi bubuk coklat, rasa dasar coklat adalah pahit, dan setelah mengalami proses pencampuran dengan bahan susu serta gula maka coklat tersebut rasanya menjadi jauh enak dengan tetap mempertahankan aroma biji kakao yang khas. perbedaan mendasar antara coklat untuk bahan membuat kue dengan coklat siap santap pada umumnya adalah dari kandungan gula, untuk coklat Compound yang biasa di kenal dengan sebutan coklat batangan atau coklat untuk bahan dasar pembuatan kue ini tentu saja rasanya tidak semanis coklat siap konsumsi. Berikutnya di dalam artikel ini akan memuat informasi yang akan membuka wawasan anda yang hobby membuat kreasi aneka kue coklat, agar komposisi bahan coklat dengan bahan lainnya bisa lebih tepat dan menciptakan karya kue coklat varian baru yang luar biasa lezat.


Untuk Penjelasannya secara lebih lengkap tentang bagaimana Jenis - Jenis Coklat Untuk Bahan Membuat Kuesilahkan kalian simak video tutorial berikut ini :







Sebelum kita lanjutkan pembahsan kita mengenai  bagaimana Caranya Mengenali Jenis - Jenis Coklat Untuk Bahan Membuat Kue itu ? Untuk lebih mudahnya mari kita cari tahu terlebih dahulu, jenis - jenis coklat apa saja yang tersedia di negara kita, karena tidak semua jenis coklat itu bisa di dapatkan dengan mudah di pasaran indonesia, untuk mempereroleh Informasi Aneka Jenis Bahan Coklat, dari Segi Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa kalian dapatkan informasinya dengan cara : 

Berikut ini Jenis - jenis coklat yang bisa anda pergunakan untuk membuat kue coklat yang enak !

Coklat Couverture







Menurut para ahli pembuat kue coklat, ternyata coklat jenis couverture adalah jenis coklat yang cukup berkualitas tinggi. Pada umunya coklat jenis ini dibuat dengan campuran mentega dan pasta coklat sehingga menghasilkan rasa yang enak.

Ternyata terdapat beberapa jenis coklat couverture, diantaranya varian bittersweet, semisweet, white, dan milk, harga coklat jenis ini terhitung cukup mahal jika di bandingkan jenis coklat lainnya, salah satu faktor yang membuat harga coklat ini mahal adalah karena dibuat dari campuran mentega, akibatnya couverture tak bisa bertahan lama jika disimpan dalam suhu ruang. Selain itu coklat jenis ini mudah leleh dan tekstur lelehannya lebih cair dari coklat masak lain. Di Jaman Now jenis coklat couverture ini sering dipakai untuk air mancur coklat yang biasa ditemui di acara resepsi pernikahan atau kafe, sehingga para pengunjung bisa menyelupkan biskuit, buah potong, atau marshmellow ke dalamnya air mancur coklat tersebut.

Coklat Compound


Jenis coklat compound ini terbuat dari bubuk coklat dan lemak nabati, dalam hal ini kandungan coklat compound tidak sekaya couverture. sehingga harga coklat compound bisa lebih terjangkau, dan tentunya anda lebih mudah mengolahnya, tentunya bisa disimpan dalam suhu ruang.   sedikitnya  ada 3 varian coklat compound yang bisa dengan mudah kita dapatkan di supermarket atau di toko - toko bahan kue di kota anda, yaitu  Dark chocolate compound : yaitu cokelat batangan yang berwarna pekat, rasa cokelatnya lebih terasa dan tidak mengandung susu. Cokelat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lainnya. Milk chocolate compound : yaitu cokelat batangan yang berwarna cokelat yang merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila. White chocolate compound : yaitu cokelat batangan yang berwarna putih, komposisinya  mengandung cokelat, gula dan caco butter.

Berikut ini contohnya :

Dark Chocolate




Dark Coklat biasa di sebut dengan istilah DCC, artinya coklat masak atau Dark Cooking Chocolate,  Coklat compound ini mengandung produk biji kakao dengan komposisi yang lebih banyak, yakni bubuk coklat, sedikit mentega coklat, dan minyak nabati.  Karena tak ada tambahan gula atau susu, coklat masak cenderung terasa pahit, pekat, dan berwarna gelap. Coklat masak bisa dicampurkan dalam adonan kue atau dipergunakan sebagai topping.


Coklat Susu (Milk Cooking Chocolate)




Varian coklat compound yang satu ini mengandung susu. sehingga di sebut coklat susu dan tentunya berwarna lebih cerah dibanding coklat masak dark chocolate, teksturnya lebih halus, dan rasanya lebih manis karena mengandung gula, ketika digunakan untuk membuat kue, maka takaran gula dalam resep biasanya dikurangi.


Coklat Putih (White Cooking Chocolate)





Varian coklat ini berwarna putih karena tak memakai coklat bubuk (cocoa mass) seperti dua varian produk compound lainnya, tetapi coklat putih tetap memiliki unsur coklat, Intinya, coklat putih terdiri dari mentega coklat, susu, gula, dan vanili. Varian coklat ini biasanya juga untuk membuat kue.

Coklat Pasta




Pasta coklat masak adalah pasta coklat yang sudah melalui proses pabrikasi, varian coklat ini adalah produk turunan dari proses pengolahan biji kakao yang rasanya pahit sekali,  namun untuk pasta coklat masak biasanya sudah berupa ekstrak dari pasta coklat (cocoa mass), tekstur pasta coklat masak cenderung cair dan agak kental, varian coklat ini digunakan untuk memberikan aroma dan rasa pada kue, puding, dan aneka dessert lainnya.

Coklat Choco Chips




Choco chips adalah jenis coklat masak atau DCC yang dicetak jadi bulat-bulat kecil, jenis coklat ini bisa ditemukan di toko kue atau supermarket dengan dua jenis pilihan, yakni choco chips untuk masak dan choco chips untuk topping. Choco chips khusus masak tentunya dibuat untuk campuran bahan kue, sehingga teksturnya mudah leleh. Sedangkan choco chips topping bertekstur lebih padat dan tahan panas sehingga bisa dipanggang dalam suhu tinggi bersama muffin atau cookies.

Coklat Meses





Mungkin anda suka menaburi roti tawar untuk sarapan dengan jenis coklat yang satu ini, meses memang salah satu coklat untuk topping sehingga meses disebut rice chocolate karena bentuknya seperti biji beras. Coklat ini terbuat dari lelehan coklat, mentega coklat, gula, susu, dan lesitin. Meses sangat mudah ditemukan di supermarket, selain untuk topping coklat meses juga bisa untuk isian kue

Coklat Bubuk




Coklat bubuk diolah dari biji kakao yang dikeringkan lalu diproses hingga menjadi bubuk coklat, biasanya banyak digunakan sebagai bahan campuran pembuatan kue.


---> SELANJUTNYA