Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

LightBlog

KEJUTAN DISKON LAZADA 12.12 2018

Promo Bukalapak

Translate

Jumat, 07 Juli 2017

Cara Membuat Kaldu Ayam Sehat, Bening, Tidak Bau Amis dan Lezat


Membuat kaldu ayam memang bukan hal yang sulit, tapi membuat kaldu ayam yang berkwalitas, Berwarna Kuning keemasan ( tidak butek ), tidak berbau amis dan lezat, tentunya di perlukan kesabaran dan beberapa Tips agar di dapatkan kwalitas kaldu ayam yang baik, selain lebih lezat dan berkwalitas, membuat kaldu ayam sendiri tentunya akan lebih hingenis dan lebih sehat karena bebas bahan pengawet serta bahan - bahan penyedap rasa yang mengandung bahan kimia, dan anda juga bisa benar - benar menggunakan daging ayam kampung bukan ayam boiler yang banyak mengandung lemak berbahaya. Mari kita buat kaldu ayamnya dengan panduan Resep berikut ini, dan anda Rasakan sendiri perbedaan kwalitas dan citarasanya nanti.



Bahan - Bahan Yang Di Butuhkan :

500 gram daging berikut tulang ayam bagian paha atas dan kaki ayam, boleh di tambah sedikit daging bagian dada

2 Liter air

2 sdt garam halus

1/2 sdt Merica / lada bubuk

1 ruas jahe ( memarkan )

2 batang daun bawang ( Iris halus )


Bahan - bahan di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, sebagian bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan


Proses Membuat Kaldu Ayam Yang Berkwalitas


Panaskanlah  air yang di tuang di panci hingga mendidih, dalam hal ini air harus benar – benar mendidih, setelah air mendidih dan meletup-letup, baru masukkan daging ayam yang masih ada tulangnya.

Harap benar – benar di perhatikan, Jika air belum mendidih jangan masukkan daging ayam, karena jika daging ayam di masukkan, daging akan mengeluarkan darah yang membuat air menjadi butek dan tidak jernih bahkan cenderung kotor. 

Air mendidih akan membuat daging ayam seketika matang, dan mencegah darah ayam keluar yang membuat kaldu ayam menjadi butek.

   
Setelah daging dimasukkan, harap jangan di tinggal,  karena sewaktu-waktu kuah kaldu ayam bisa meluber, senbaiknya panci jangan ditutup dulu. pada proses ini, anda tidak boleh meninggalkan kompor untuk proses penggodokan ini.
   
Berikutnya jangan lupa, masukkan garam secukupnya atau sesuia selera anda,  karena garam akan meresap pada proses membuat kaldu ayam tersebut, untuk menghilangkan bau amis anda bisa tambahkan sedikit merica ( lada ) bubuk 

   
Setelah daging ayam terlihat matang ( padat dan warna daging tidak lagi pucat ), perlahan-lahan kecilkan api namun kondisi air rebusan kaldu ayam masih meletup-letup kecil. Ada letupan dari air mendidih, api jangan terlalu kecil atau sampai letupan hilang.

   
Tusuk daging ayam sekitar tulang dengan garpu dan pastikan dagingnya benar-benar sudah matang. Seringkali sekitar tulang kaki, dagingnya masih belum 100% matang, warnanya masih kemerahan. cegah hal ini terjadi, apalagi darah masih keluar, maka kaldu akan berwarna butek, tidak jernih.


Proses pengecilan api adalah proses awal membuat kaldu ayam dari daging dan tulang ayam yang di rebus tersebut. Tutup panci dan boleh di tinggal.  Namun tetap waspada, jangan lupa perhatikan kompor anda.



Berapa Lamakah Merebus Kaldu Ayam ?



Biasanya merebus kaldu ayam yang pas antara 1-1.5 jam.  Semakin lama, kaldu semakin terkonsentrasi.  Saat menggodok air rebusan berkurang, maka tambahkan lagi dengan Air Panas, Ingat jangan pakai air dingin !  Air dingin akan membuat kuah kaldu menjadi dingin dan letupan berkurang. Akibatnya, jika daging Ayam belum matang seluruhnya, darah Ayam akan keluar dan membuat kaldu butek.

Jika menggunakan kaki ayam dan tulang kaki ayam terutama paha atas, kaldu ayamnya akan lebih banyak dibandingkan menggunakan bagian dada ayam.
Kami sarankan sebaiknya jangan memakai paha bagian bawah ( paha pentung.)  Karena banyak lemah tak jenuh dan kaldunya hanya berisi lemak.  Sedangkan tulang ayam bagian dada, lemaknya sedikit dan air rebusan akan keruh dan butek.

Kaldu yang terkonsentrat, warna kuahnya bening atau kuning keemasan, baunya tidak amis, dan rasanya sangat kental khas kaldu ayam.


Berikutnya anda boleh menambahkan seiris jahe untuk benar – benar menghilangkan bau amis khas kaldu ayam  dan daun bawang yang diiris, kemudian masukan ke dalam kuah kaldu ayamnya, sehingga aroma kuah kaldu ayam terasa seperti kuah kaldu buatan restaurant.
 

Gunakanlah ayam kampung atau ayam organik untuk membuat kaldu ayam ini. Agar Lebih Sehat.

---> SELANJUTNYA

Loading...