Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

LightBlog

Promo Bukalapak

Translate

Minggu, 04 Juni 2017

Resep Kue Bika Ambon Medan



RESEP KUE BIKA AMBON KHAS MEDAN

Tekstur dan warna bika ambon memang sangat cantik dan unik, dengan bentuk seperti sarang semut membuat kue ini terasa kenyal - kenyal empuk ketika di gigit, anda ingin mencobanya ?  Kue basah khas medan ini sudah terkenal sejak jaman dulu hingga saat ini kue bika ambon masih menjadi kue basah tradisional yang sangat populer. Kue bika ambon terdiri dari campuran bahan dasar tepung sagu, santan kelapa dan telur ayam yang dibuat menjadi adonan bika bersama tambahan bahan lainnya proses pembuatannya agak sedikit memelukan penanganan khusus di banding kue basah lainnya, karena adanya proses fregmentasi ragi instant ( Fermipan ) yang biasa di gunakan untuk membuat roti, kurang lebih 10 jam, namun secara keseluruhan tidak ada yang sulit, Proses pembuatan kue bika ambon ini bisa bunda ikuti panduan melalui Resep berikut ini :

Bahan – Bahan yang di perlukan untuk membuat Kue Bika ambon asli medan :

175 gr Gula pasir ( gunakan gula pasir berkwalitas )
100 gram Tepung sagu ( gunakan tepung sagu
berkwalitas )
Santan kental 200 cc – dari ½ butir kelapa tua
Daun pandan 2 helai, direbus - sisihkan 100 cc air
Daun jeruk 2 lembar
Kuning telur 10 butir
Putih telur 2 butir
Minyak goreng secukupnya
Ragi instan ½ sdt ( Fermipan )
Tepung terigu 50 gram
Air 50 cc

Bahan - bahan di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, sebagian bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan



Proses Membuat Kue Bika Ambon

Langkah awal adalah membuat adonan dengan cara mencampurkan 50 gram tepung terigu dengan ½ sendok teh ragi instan dan 50 cc air. aduk sampai merata. dan biarkan dalam wadah adonan selama 20 menit agar terjadi proses fregmentasi antara terigu dan ragi, dan nantinya adonan akan mengembang.

Berikutnya dalam wadah lain tuangkan telur lalu kocok bersama dengan tambahan gula pasir sampai larut dan menjadi kental. kemudian tambahkan kembali campuran kocokan telur tadi dengan santan kental, tepung sagu, air rebusan daun pandan, dan daun jeruk.

Aduk sampai merata lalu campur dengan adonan ragi instant yang telah dibuat tadi.

Setelah itu, biarkan adonan dalam wadahnya hingga 10 jam, dengan ditutupi kain lap bersih di atasnya. (Proses ini yang menentukan keberhasilan anda mendapatkan tektur bika ambon yang cantik )

Berikutnya, ambil adonan dalam wadah yang sudah didiamkan selama 10 jam lamanya. Lalu aduk-aduk kembali adonan dan tuangkan ke dalam cetakan atau loyang yang sudah diberi olesan minyak goreng.

Setelah menuangkan adonan dalam cetakan jangan diaduk lagi, langsung saja panggang dalam oven, dan biarkan oven dalam keadaan terbuka. Gunakan api bawah. Dengan suhu 160 derajat selama 20 - 30 menit, sambil di intip, setelah terjadi gelembung dan bagian bawah agak matang, pindahkan ke oven bagian atas dan panggang sampai matang, setelah itu angkat dan dinginkan. ( proses memanggangnya memang agak sedikit sulit, seringkali banyak yang gagal di tahap ini, karena itu felling masak anda harus mulai peka terhadap tingkat kematangan kue )


---> SELANJUTNYA
Loading...