-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Perbedaan Baking Powder Dengan Soda Kue ( Baking Soda )

Apa bisa Baking powder di ganti soda kue

MENCARI TAHU APA BEDANYA BAKING POWDER DENGAN SODA KUE DAN APA FUNGSINYA KEDUA BAHAN TERSEBUT UNTUK MEMBUAT KUE

Kalau kita membaca resep membuat kue di Majalah atau di Internet, sering kali di temukan isi resep yang mencantumkan baking powder dan baking soda pada bagian bahan - bahan nya, lalu muncul pertanyaan sebenarnya apa sih perbedaanya ? walaupun bubuknya hampir mirip namun keduanya memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain. sebelum kami menjelaskan perbedaan dari ke dua bahan ini, ada baiknya bunda mengetahui terlebih dahulu klasifikasi bahan pengembangnya. pada umumnya bahan pengembang itu terdiri dari tiga kategori, yaitu pengembang uap, pengembang organik, dan pengembang kimia. Baking Powder dan Baking soda masuk kedalam kategori pengembang berbahan kimia, walaupun dari bahan kimia tapi cukup aman untuk di konsumsi. Ada banyak kegunaan dari Baking Powder dan Baking soda atau biasa di sebut dengan nama soda kue, selain untuk membuat kue, soda kue juga bisa di gunakan untuk membuat minuman bersoda seperti coca - cola dan sejenisnya. Mau tahu apa saja jenis - jenis baking soda dan baking powder yang umumnya di pakai oleh para tukang masak / chef ?


Bahan Baking Powder dan Baking Soda di atas untuk Kwalitas, Merek yang bagus dan Harga serta Belinya di mana, bisa kita dapatkan informasinya dengan cara :  



APA FUNGSI DARI BAKING POWDER DAN BAKING SODA / SODA KUE

Pada Dasarnya Soda kue atau baking soda dan Baking Powder ini  tergolong bahan pengembang kimia, yang keduanya menciptakan reaksi kimiawi dengan melepas gas karbon dioksida, sehingga membentuk gelembung-gelembung dalam adonan dan membuatnya mengembang.




APAKAH BAKING POWDER BISA DI GANTIKAN DENGAN BAKING SODA / SODA KUE

Sedangkan pengembang uap biasanya digunakan untuk mengembangkan kue sus atau puff pastry. dan bahan pengembang organik contohnya adalah ragi, mikroorganisme yang memakan gula dan melepas gas, sehingga membuat adonan menjadi bervolume lebih besar.



Baking soda (sodium bikarbonat atau soda kue) bersifat alkalin dan bereaksi dengan asam seperti cuka, buttermilk, sour cream, air jeruk lemon, yogurt, atau bahkan madu dalam membuat kue. Tanpa bahan tersebut, baking soda tak aktif dan adonan tak akan mengembang. Reaksinya muncul segera setelah Anda mencampur bahan-bahan. Jadi, pangganglah adonan yang memakai soda kue segera sebelum menjadi kempis.

JENIS - JENIS BAKING POWDER UNTUK MEMBUAT KUE

Baking powder sendiri adalah baking soda yang sudah mengandung komponen asam seperti cream of tartar.  baking powder terdiri dari dua jenis, yakni single-acting dan double-acting.

Baking powder single-acting diaktifkan oleh kelembaban, jadi Anda harus segera memanggang adonan berbahan baking powder tersebut setelah dicampur.

Umumnya, kebanyakan baking powder berjenis double-acting yang bisa bertahan sebentar sebelum dipanggang, karena pelepasan gasnya terjadi dalam dua tahap. Sedikit gas dilepas pada proses pengocokan dengan bahan-bahan basah, sementara sebagian besar gasnya dilepas di oven saat suhu adonan meningkat. Karenanya dalam takaran biasanya dipakai setengah dari takaran baking powder single-acting.

Baking soda maupun baking powder sama-sama berwujud bubuk putih. Namun, baking soda 3-4 kali lebih kuat daripada baking powder. Penggunaannya tergantung bahan yang digunakan.

Baking soda memiliki rasa pahit jika tidak dicampur bahan asam, sementara baking powder memiliki rasa netral dan biasa dicampur dengan bahan netral seperti susu. Baking soda dipakai dalam resep kue-kue kering dan kue yang memakai campuran buah atau manisan buah, sementara baking powder sering digunakan saat membuat cake.

Baking powder bisa menggantikan baking soda. Namun, jumlah yang diperlukan bisa tiga kali lipat sehingga bisa menimbulkan rasa pahit. Adonan juga akan naik dengan cepat dan kempis sebelum sempat dipanggang.

Kekuatan baking soda dan baking powder bisa hilang setelah beberapa lama, terutama jika disimpan di tempat hangat, lembap, atau jika wadahnya tak ditutup dengan rapat. Untuk hasil terbaik, gantilah setelah enam bulan. Untuk mengetesnya, cukup masukkan sedikit baking soda atau baking powder dalam air secukupnya. Jika berbuih dan bergelembung berarti masih aktif atau bisa dipakai.

Selain Baking Soda dan Juga Baking Powder, ternyata masih banyak jenis Bahan pengembang dan pelembut kue lainnya loh, yuk kita pelajari !


---> SELANJUTNYA