Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

LightBlog

Promo Bukalapak

Translate

Kamis, 15 Juni 2017

Mengenal Proses Marinasi, Cara Membumbui Daging Sebelum Dimasak, Agar Lebih Meresap dan Kaya Rasa


Ilmu memasak memang tidak ada habisnya, tehnik memasak bisa kita pelajari agar masakan yang kita olah benar - benar lezat dan bumbunya meresap kedalam daging yang kita masak. Kali ini kami akan mengajak anda mempelajari tehnik Marinasi atau bahasa kerennya biasa di sebut Marinate, apakah Marinate ( marinasi ) itu ? Marinate adalah nama populer dari cairan berbumbu atau rempah - rempah yang berguna untuk merendam daging beberapa jam sebelum di masak, biasanya digunakan untuk menambahkan citarasa pada daging hingga aroma dan rasa bumbu meresap sampai kedalam serta meningkatkan keempukan daging. Lalu Bagaimana Tehnik Marinasi itu ? Mari kita simak penjelasan selengkapanya di bawah ini :



Variasi marinade sangat banyak dengan kekhasan formulanya masing-masing.  Pemilihan marinade karenanya menjadi kunci penting untuk menghasilkan masakan daging yang lezat.    

Sebagai salah satu metode preparasi pangan, marinasi telah dikenal sejak lama.  Pada awalnya, marinasi dilakukan untuk mengawetkan ikan.  Ikan direndam dalam marinade sederhana berupa larutan garam, untuk memperpanjang umur simpannya sekaligus menghasilkan flavor unik yang berbeda dengan ikan asalnya. Dalam perkembangannya, inggridien dari marinade bukan lagi hanya garam, tetapi juga minyak makan (minyak zaitun, minyak almond, dan sebagainya), asam (vinegar, lemon juice, dan lain sebagainya), rempah dan berbagai bahan lainnya.  Dengan berkembangnya teknik pengawetan saat ini, maka tujuan utama marinasi bukan lagi untuk  pengawetan tetapi untuk memberikan flavor, menjaga produk tetap juicy (tidak kering) ketika diolah lebih lanjut, dan/atau untuk mengempukkan daging.
Agar Daging yang anda olah  lebih kaya rasa dan lezat, maka sebelumnya diolah marinasi terlebih dahulu dengan bumbu favorit Anda.

Marinasi adalah proses perendaman daging di dalam marinate, sebelum diolah lebih lanjut.  Marinate adalah nama populer dari cairan berbumbu yang berfungsi sebagai perendam lauk, biasanya digunakan untuk menambahkan rasa dan meningkatkan keempukan daging.

Variasi marinade sangat banyak dengan kekhasan formulanya masing-masing. Pemilihan marinate karenanya menjadi kunci penting untuk menghasilkan masakan daging yang lezat.

Pada awalnya, marinasi dilakukan untuk mengawetkan ikan. Ikan direndam dalam marinate sederhana berupa larutan garam, untuk memperpanjang umur simpannya sekaligus menghasilkan rasa unik yang berbeda dengan ikan asalnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang cara marinasi daging yang benar, antara lain:

1. Jangan marinate dengan saus yang terbuat dari gula, madu, atau segala sesuatu yang manis. Gula membuat sisi luar dari makanan menjadi gosong sebelum bagian dalamnya benar-benar matang.

2. Gunakan saus manis hanya untuk siram atau dipercikkan ke makanan yang di-grill pada lima menit sebelum makanan selesai di-grill. Waktu ini sudah cukup menambah bumbu tanpa membuat makanan gosong.

3. Sebelum memasukkan daging atau ikan ke dalam campuran marinate, sisihkan sebagian marinate sehingga Anda bisa menyapukannya ke daging atau ikan ketika di-grill atau menyajikan bahan yang di-grill dengan disirami bumbu marinate itu lagi.



Proses marinasi yang akan dilakukan dalam waktu lebih dari 1 jam seharusnya dilakukan pada suhu rendah (dalam refrigerator atau cold storage) dengan suhu maksimal 4°C, untuk menekan pertumbuhan mikroba, termasuk patogen.  Didalam suhu dingin, marinasi dapat dilakukan selama dua hari.  Kantong plastik yang sifatnya food grade bisa digunakan untuk proses marinating ini, demikian pula halnya dengan wadah plastik yang food grade, wadah gelas ataupun wadah stainless steel.


---> SELANJUTNYA

Loading...