-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

7 Jenis Kecap Untuk Membuat Masakan Tambah Lezat

Macam - macam kecap untuk memasak dan kegunaannya

MENCARI TAHU JENIS - JENIS KECAP UNTUK MEMASAK

Kecap ( Sauce ) adalah salah satu bahan penyedap masakan yang pada umumnya di pergunakan pada masakan - masakan asia, rasa kecap yang gurih dan wangi  hasil Fregmentasi bahan - bahan alami yang akan menciptakan citarasa masakan yang lezat. Yang kita kenal sehari - hari pada umumnya adalah kecap Manis dan kecap asin, namun ternyata di dunia masak memasak masih ada beberapa jenis kecap yang lebih unik rasanya dan sering di pergunakan pada masakan - masakan ala restoran. Pada kesempatan ini kita akan belajar mengenal beberapa macam kecap selain kecap asin dan kecap manis yang sudah anda kenal dengan baik serta bahan dasar pembuatanya. Apa saja jenis - jenis kecap yang bisa dipergunakan untuk menyedapkan masakan anda sehingga menjadi masakan yang Lezat ala Restoran Bintang Lima ? Mari kita bahas satu persatu di bawah ini :

Sedikitnya ada 7 Macam Jenis Kecap yang Umumnya di Pakai sebagai Pelezat Masakan Yaitu :

  1. Kecap Asin
  2. Kecap ManisKecap Inggris
  3. Kecap Ikan
  4. Kecap Jepang
  5. Kecap Saus Tiram
  6. Kecap Teriyaki



Bahan aneka kecap di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana,  bisa kita dapatkan informasinya dengan cara :

Apa Itu Kecap Manis

Kalau Kecap Manis mungkin tidak asing lagi bagi kita krena kecap ini adalah kecap yang paling sering kita gunakan untuk memasak,  Kecap manis terbuat dari hasil fermentasi biji kedelai atau kedelai hitam bercampur dengan aneka rempah lainnya. Tekstur kecap ini kental, berwarna hitam, dan rasanya manis serta gurih

Apa Itu Kecap Asin

Sama halnya seperti kecap manis, kecap asin juga dibuat dari kedelai namun dicampur dengan garam yang lebih banyak,  Kecap asin juga bisa dibuat dari ikan laut. Kecap asin lebih encer teksturnya dibandingkan kecap manis, umumnya, kecap asin tidak terlalu banyak ditambahkan ke dalam masakan karena rasa asin sudah didapat dari garam, biasanya hanya di gunakan untuk cocolan makanan.

Apa Itu   Kecap Inggris

Kecap inggris disebut juga Worcestershire sauce. Masakan yang ditambahkan kecap ini akan beraroma wangi dengan sensasi rasa sedikit asin. Kecap inggris adalah nama untuk sebuah bumbu masakan berbentuk cairan atau sejenis saus yang sedikit kental, warnanya hitam pekat dan rasanya agak asin. Kecap inggris dihasilkan dari percampuran berbagai bahan masakan lainnya yakni; gula, bawang bombay, asam jawa, anchovy, bawang merah, bawang putih, cuka, cengkeh, molase, cabai, lada hitam, kecap asin, gula jagung dan air. Kecap inggris biasa dijual di berbagai super market dalam bentuk botol kaca atau botol atom sedang.

Kecap inggris memiliki banyak nilai gizi yang baik bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah protein, karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor dan masih banyak lagi.Selain itu, kecap inggris juga sangat cocok dijadikan untuk saus siraman atau saus cocol di beberapa makanan khas dalam negeri maupun luar negeri, diantaranya adalah; ayam goreng mentega, bistik, udang goreng mentega, kepiting lada hitam, sapi lada hitam, selada caesar, roti panggang keju, yakishoba, kari, tempura, sara udon, katsudon dan lain-lain.



Apa Itu Kecap Inggris - Untuk Masak Apa ?



Kecap inggris merupakan salah satu jenis bahan makanan yang awet karena mengandung banyak nutrium yang mencegah berbagai bakteri, kuman dan jamur berkembang di dalamnya. Botol kecap inggris yang belum dibuka bisa bertahan hingga 3 tahun lamanya. Sangat disarankan agar Anda meletakkan botol kecap inggris di tempat terbuka dibandingkan menaruhnya di kulkas, hal ini agar kekentalan dan rasa dari kecap inggris tidak berubah. Anda bisa mengolah kecap inggris menjadi beberapa masakan lezat sebagai berikut:

Untuk membuat udang goreng mentega, Anda bisa menggoreng udang hingga matang lalu mencampurnya ke dalam tumisan kecap inggris, lada bubuk, bawang putih, kecap manis dan kecap asin, aduk hingga matang, Untuk membuat sapi lada hitam, goreng daging sapi hingga matang, campurkan ke dalam tumisan kecap inggris, bawang bawang bombay, bawang putih, lada hitam dan kecap manis, lalu siram dengan air kaldu;
Sebagai saus cocol, kecap inggris bisa disandingkan dengan tempura, roti panggang keju, bistik dan sebagainya.

Apa Itu Kecap Ikan

Kecap ikan dihasilkan dari fermentasi ikan atau cumi-cumi atau kerang atau udang serta garam. Kecap ikan (fish sauce)  biasanya digunakan sebagai bumbu untuk memasak, pencelupan seafood, dan makanan orang Timur, dibuat oleh nelayan sepanjang negara Asia, Keunikan karakteristik kecap ikan adalah rasanya yang asin dan berbau ikan. Di beberapa negara, nama kecap ikan berbeda-beda.



Apa Itu Kecap Ikan


Misalnya, di Indonesia disebut kecap ikan, sementara di Vietnam disebut sebagai nuoc mam. di Thailand dinamakan nam pla. Kecap ini tentunya beraroma ikan dan memiliki rasa asin. Penambahan kecap ikan membuat aroma masakan semakin harum dan sedap. anda bisa membelinya di pasar tradisional atau di supermarket.

Apa Itu Kecap Jepang

Kecap yang satu ini disebut juga shoyu. Terdapat dua jenis kecap jepang, yakni koikuchi yang berwarna pekat dan aroma kuat, serta usukuchi yang berwarna lebih cerah dan aroma lebih ringan. Rasanya manis karena dihasilkan dari fermentasi kacang kedelai. Masakan yang umumnya menggunakan kecap jepang tentunya berasal dari Negeri Sakura, seperti teppanyaki dan sukiyaki.


Apa Itu Kecap Jepang - Apa Kegunaan Kecap Jepang

Rasa kecap jepang agak mirip dengan kecap asin. Kecap ini cair bentuknya, warnanya cokelat kehitaman, tidak seencer kecap asin tetapi juga tidak sekental kecap manis. Kecap dengan rasa alami yang lebih natural dan alami. Shoyu biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan maupun bahan perendam untuk aneka masakan Jepang.

Apa Itu Kecap Tiram

Kecap Tiram biasa di kenal dengan sebutan Saus tiram atau oyster sauce terbuat dari fermentasi ikan ditambah karamel dan rempah-rempah. saus tiram layak dimasukkan ke dalam daftar ini karena tekstur dan pembuatannya yang mirip kecap. Saus tiram dibuat dari tiram yang difermentasi. Saus ini memiliki cita rasa asin dan gurih yang kuat, sehingga nggak perlu lagi ditambah garam dan kecap asin. Saus ini umumnya digunakan pada masakan dan aneka tumisan.



Apa Itu Kecap Saus Tiram - Bisa Untuk Masak Apa ?

Namun Bagi Para kaum vegetarian tetap bisa menikmati saus tiram karena ada saus tiram yang terbuat dari jamur. Aroma dan teksturnya sedikit lebih kental dari kecap manis. Makanan yang ditumis dan dikukus amat cocok menggunakan kecap jenis ini.

Apa Itu Kecap Teriyaki - Teriyaki Sauce

Apa Itu Kecap Teriyaki Atau Teriyaki Sauce

Kecap Teriyaki yang biasanya di gunakan untuk proses memasak ala Jepang, dengan cara membakar atau memanggang. Sebelum bahan-bahan dimasak dalam cara ini, terlebih dahulu direndam dalam saus teriyaki. Saus teriyaki terbuat dari sake, kecap jepang, dan gula.


---> SELANJUTNYA