-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Jenis - Jenis Tepung Terigu dan Kegunaanya

Jenis Tepung Terigu Untuk Bikin Kue

MENCARI TAHU JENIS - JENIS TEPUNG TERIGU KADAR PROTEIN DAN KEGUNAANNYA UNTUK MEMBUAT KUE


Yang paling umum di Indonesia kita mengenal 3 jenis tepung terigu yang memiliki fungsi atau kegunaan berbeda, tepung terigu yang ada di pasaran indonesia di klasifikasikan berdasarkan Kandungan gluten yang menentukan kadar protein tepung terigu tersebut,  di mana contohnya bisa kita lihat pada produk tepung terigu produksi Bogasari, Dalam hal ini Merek Kunci Biru adalah tepung terigu dengan kadar protein  rendah, Merek Segi Tiga Biru adalah tepung terigu dengan kadar protein Sedang, dan merek Cakra Kembar adalah terigu dengan protein tinggi, dari ke 3 jenis terigu ini memiliki kegunaan yang berbeda, Semakin tinggi kadar glutennya, semakin tinggi pula kadar protein dalam tepung terigu. Jenis tepung terigu manakah yang cocok untuk makanan yang akan kita olah agar hasilnya menjadi lebih sempurna ? mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini :

JENIS - JENIS TEPUNG TERIGU BERDASARKAN KADAR PROTEINNYA

Jenis Tepung Terigu Protein Tinggi

Terigu Jenis ini adalah tepung dengan kadar glutennya tinggi dan mempunyai daya serap air yang tinggi, elastis serta mudah di giling, contohnya yaitu tepung terigu merek Cakra kembar. Biasanya di gunakan untuk membuat roti agar mengembang sempurna dan mie agar lebih kenyal. Kandungan proteinnya tinggi, berkisar 12,5 – 15,5%, sementara zat tepungnya rendah.

Jenis Tepung Terigu Protein Sedang

Ini adalah tepung terigu dengan kandungan glutennya sedang, contohnya yaitu tepung terigu merek Segitiga biru dan merupakan campuran tepung terigu protein tinggi dan tepung terigu protein rendah. Biasanya di sebut tepung terigu serbaguna di karenakan dapat di pakai untuk membuat segala jenis makanan serta membuat adonan fermentasi seperti donat, bakpau, muffin, brownies, cake, bapel, panada dan onde-onde.

Jenis Tepung Terigu Protein Rendah

Ini Merupakan Tepung dengan kandungan gluten yang rendah yaitu tepung terigu dengan merek Kunci biru. Tepung terigu jenis ini mempunyai daya serap air dan gula yang rendah, hasil adonan tidak lunak dan sulit diuleni. Biasanya di gunakan untuk membuat segala jenis kue kering agar kue kering yang di buat memiliki tekstur yang renyah, selain itu biasa untuk membuat kue pastel, aneka gorengan, dan bakpau. Kandungan proteinnya rendah, 7,5 – 10%, sementara zat tepungnya tinggi.


Jenis - Jenis Tepung Terigu di atas untuk Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa kita dapatkan informasinya dengan cara :

Tepung Terigu Protein Rendah ( Kunci Biru ) Cocok Untuk Membuat Aneka Kue Kering

Aneka kue kering biasanya membutuhkan tepung terigu protein rendah sebagai bahan dasar. Jika Ibu menggunakan tepung terigu protein tinggi, kemungkinan besar kue kering yang Ibu buat akan gagal. Mengapa kue kering butuh tepung terigu protein rendah?

Mengenal Kandungan Protein pada Tepung Terigu

Kandungan protein pada tepung terigu dikenal dengan sebutan gluten. Gluten tersebut merupakan jenis protein yang tidak dapat larut dalam air. Salah satu sifat khas gluten adalah teksturnya yang kenyal dan elastis. Oleh sebab itu, semakin tinggi kandungan gluten pada tepung terigu maka akan semakin kenyal pula adonan yang dihasilkan. Di pasaran terdapat 3 jenis tepung terigu berdasarkan kadar proteinnya, yaitu tepung terigu protein tinggi, sedang, dan rendah.Itulah sebabnya mengapa tepung terigu protein tinggi dibutuhkan untuk membuat adonan mie atau kulit martabak telur. Supaya adonan yang dihasilkan menjadi lebih kenyal, elastis, dan tidak mudah putus.

Tentang Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah memiliki kadar protein kurang dari 11 persen. Sehingga penggunaan tepung terigu protein rendah tidak akan membuat adonan kue kering menjadi elastis. Rendahnya kandungan gluten pada jenis tepung terigu ini membuat daya serap air adonan pun jadi rendah. Hasilnya, adonan yang tidak mengandung banyak air akan menjadi lebih renyah dan tahan lama saat disimpan.

Tepung Terigu Protein Rendah Tak Hanya untuk Kue Kering

Selain cocok untuk aneka adonan kue kering, ternyata tepung terigu protein rendah juga cocok untuk membuat biskuit, aneka gorengan dan kulit lumpia. Untuk pembuatan cake dan jenis kue lainnya yang tidak terlalu membutuhkan tekstur adonan mengembang, tepung terigu protein rendah bisa dicampurkan dengan tepung terigu protein sedang.

Selain Merek Tepung Terigu Yang sudah Kita Kenal dengan Baik Yaitu : Terigu Merek Cakra Kembar, Tepung Terigu Merek Segitiga Biru, dan Tepung Terigu Merek Kunci Biru Yang di Produksi Oleh Bogasari, Ternyata ada beberapa merek lain dari Tepung Terigu berkwalitas yang mungkin kita tidak begitu mengenalnya salah satunya adalah Tepung Terigu Produksi Bogasari Juga dengan Merek dagang Lencana Merah.

Tepung Terigu Merek Lencana Merah ini adalah tepung terigu yang di produksi khusus untuk membuat makanan - makanan yang garing dan renyah,  dimana tepung terigu Lencana Merah produksi Bogasari ini memang agak berbeda dengan tepung terigu yang bisa kita beli di warung atau di pasar, Tepung terigu ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan kita memproduksi makanan yang garing, karena Te[ung terigu Cap Lencana Merah adalah merek tepung terigu yang cukup berkwalitas walaupun kandungan proteinnya sedikit lebih rendah dibanding tepung terigu Bogasari cap Kunci Biru, dimana kandungan protein di dalam produk tepung terigu cap Lencana Merah ini hanya 11% tetapi Tepung cap lencana Merah ini dapat menciptakan makanan yang lebih garing dan renyah khususnya untuk makanan yang digoreng 1 tepung Terigu Cap Lencana Merah ini kini tersedia dalam kemasan 1 kg dan 25 kg

MEREK - MEREK TEPUNG TERIGU DI INDONESIA


Selain Merek dan Jenis - jenis Tepung Terigu di Atas, ternyata masih ada beberapa Merek Tepung Terigu yang di produksi di Indonesia dan umumnya di gunakan oleh industri makanan, diantaranya adalah sbb :

Tepung Terigu Serbaguna Merek Mila

Tepung Terigu Serbaguna Merek Sania

Tepung Terigu Serbaguna Merek Kompas

Tepung Terigu Protein Rendah Merek Gatot Kaca

Tepung Terigu Super Premium Merek Burung Sari  dengan jenis protein yang berbeda, Mulai dari
tepung terigu rendah protein Cap Hana Emas, tepung terigu protein sedang Cap Bola Salju, dan tepung terigu yang berprotein tinggi cap Golden Eagle

Tepung Terigu Produksi Wilmar Merek Tulip

BAGAIMANA TEPUNG TERIGU ITU DI BUAT ?

Banyak yang bertanya Tepung Terigu yang biasa kita konsumsi sebenarnya terbuat dari apa sih ? ada yang tahunya tepung terigu itu terbuat dari biji gandum tapi gak tahu proses menjadi tepung terigu itu seperti apa ! Nah ... Jika Kalian ingin Tahu Bagaimana Tepung Terigu itu di buat atau Bagaimana sebenarnya  Proses Pengolahan Biji Gandum Hingga Menjadi Aneka Jenis Tepung Terigu, berikut ini cuplikan Videonya, selamat menyimak dan semoga berguna untuk pengetahuan anda





Ketika anda belajar membuat kue maka pengetahuan tentang kandungan protein tepung terigu harus selalu anda ingat, sehingga anda tidak lagi menggunakan tepung terigu yang sama untuk membuat roti, cake, bakwan, atau yang lainnya, jika ingin hasilnya bagus dan maksimal. Bagaimana caranya mengaplikasikan jenis - jenis tepung terigu protein Rendah, sedang dan tinggi kedalam Resep makanan ? mari kita pelajari bersama sekarang !