Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

Loading...

Lazada Kasih Kejutan Lagi ! Ambil Voucher Belanjanya Sekarang !

Cari Tahu Kejutan Diskonnya Sekarang !

Translate

Cara Mengolah Cumi - Cumi Yang Baik Dan Benar Agar Lebih Lezat


Memasak Sea Food memanglah cukup mudah, namun memasak Sea Food yang Lebih Lezat ala restoran sepertinya harus kita pelajari sejenak di sini, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menangani sea food khususnya cumi - cumi basah atau biasanya disebut sotong, kita akan membahas mulai dari bagaimana cara memilih cumi - cumi segar yang berkwalitas bagus dan masih fresh, sampai dengan gimana caranya membersihkan cumi - cumi dengan mudah, cepat serta praktis, sampai dengan rahasia cara memasaknya agar hasilnya mendapatkan sajian masakan cumi - cumi yang Lezat, empuk dan tidak bau amis.  Ada banyak cara mengolah cumi - cumi menjadi masakan ala restoran yang Lezat, mari kita coba pelajari sejenak di sini ! Mulai dari tips yang bisa anda lakukan untuk mengolah atau membersihkan cumi agar tidak bau amis ketika di masak, Bau amis pada cumi - cumi memang cukup menyengat, hal ini di pengaruhi juga oleh kwalitas cumi - cumi yang anda beli nantinya, cumi - cumi yang masih segar bertekstur kenyal dan tidak terlalu amis aromanya, dalam hal ini anda hanya perlu membuang kulit ari berwarna ungu. Nanti kita akan belajar bagaimana cara memilih cumi yang berkwalitas. Selain masalah kwalitas dan bau amis, terkadang masalah lain yang di hadapi saat anda mengolah cumi menjadi masakan lezat anda biasanya terbentur dengan tekstur cumi - cumi yang menjadi alot setelah dimasak, Sementara penyebab cumi yang alot sampai susah dimakan, yaitu karena cumi terlalu lama ketika dimasak, ini biasanya disebabkan karena kandungan protein yang sangat banyak di dalam cumi, oleh sebab itulah, anda harus memperhatikan waktu dan cara memasaknya. Mari kita pelajari sama - sama di bawah ini :


Kesimpulannya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dan anda cermati jika ingin cumi - cumi olahan anda nanti tidak berbau amis yang terlalu menyengat. Berikut Tip's nya :


Cara membersihkan cumi-cumi yang baik dan benar :




1. Pisahkan kepala dari badan dengan menariknya perlahan.
2. Buanglah kantung tinta yang terdapat di bawah rahang dengan pisau. Jika Anda tak berhati-hati, kantung tinta itu bisa pecah. Bagi yang suka, kantung tinta ini bisa ikut diolah, karena lebih gurih. Namun, demi penampilan, biasanya kantung tinta ini dibuang.
3. Masukkan telunjuk ke dalam kantung tubuh cumi dan tarik keluar kotoran yang ada di dalamnya yang bentuknya bulatan kecil. Selebihnya, yang ada di kantung tubuh adalah lemaknya.
4. Ketika Anda memasukkan jari ke dalam tubuh cumi, Anda akan menyentuh tulang rawan di bagian pungung sebelah dalam. Tulang rawan ini mencuat ke atas, persis di tengah punggung. Tariklah tulang rawan yang pipih bening berbentuk perisai tersebut.
5. Setelah itu, cuci badan cumi di bawah aliran keran hingga benar-benar bersih, termasuk kepalanya. Setelah bersih, masukkan kepala cumi ke badan masing-masing. Sebaiknya, masukkan secara terbalik. Dengan cara ini, cumi yang sudah diolah akan tampak bulat dan tidak peot.


Kadungan Gizi dan Nutrisi pada daging cumi - cumi / sotong


Seperti yang kita ketahui bahwa karakteristik dan tekstur dari daging cumi-cumi itu kenyal dan rasanya gurih selain itu juga kaya akan Nutrisi, agar kekenyalan bisa pas serta rasa gurihnya dan nutrisinya tetap terjaga, maka proses memasaknya pun harus di tangani dengan baik dan benar.  Daging Cumi – cumi atau sotong segar merupakan salah satu menu favorit bagi para pencinta seafood, selain rasa dan aromanya yang lezat, terdapat kandungan nutrisi yang cukup lengkap, nah apa saja sih kandungan nutrisi yang terdapat pada cumi-cumi ? dan kenapa banyak yang menganjurkan wanita hamil mengkonsumsi seafood. Berikut penjelasannya !

Daging cumi – cumi memiliki kandungan kalori dan lemak yang sangat rendah. setiap 100 gram cumi-cumi hanya mengandung 92 kalori dan 1,4 gram lemak, jadi kalau kita makan cumi – cumi gak usah khawatir jadi obesitas, tetapi biasanya setelah daging cumi – cumi dimasak, kandungan nutrisi tersebut dapat berubah tergantung pada cara memasaknya. Daging cumi-cumi seringkali diolah dengan cara digoreng dengan menggunakan tepung yang akan membuat nilai kandungan kalori dan lemak meningkat menjadi dua kali lipat, lebih baik daging cumi-cumi di tumis atau di masak asam manis dengan minyak zaitun atau sebagai campuran dalam sop seafood.


Cumi-cumi merupakan sumber protein yang baik. Setiap 100 gram cumi-cumi menawarkan 16 gram protein, atau sekitar 30 persen dari nilai asupan harian yang dibutuhkan pria dewasa, seperti yang dilansir situs Livestrong. Protein ini dibutuhkan tubuh karena perannya dalam membangun otot yang sehat, tetapi juga penting untuk diet karena membantu mengontrol nafsu makan. Tubuh memproses protein secara perlahan sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama. Cumi-cumi dapat menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh, demikian yang dimuat dalam situs Livestrong. Setiap 100 gram cumi-cumi mengandung sedikitnya 10 mcg vitamin A, 56 mcg vitamin B6, 1,3 mcg vitamin B12, 4,7 mg vitamin C, dan 1,2 mg vitamin E. Selain vitamin-vitamin tersebut, kandungan mineral yang bisa didapatkan antara lain 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium setiap 100 gram cumi-cumi. Vitamin dan mineral tersebut berguna untuk perkembangan tubuh.


Berikut ini Cara Mengolah Cumi - Cumi agar Tidak terlalu berbau Amis

1. Pilihlah cumi yang baik

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari bau amis yang menyengat yaitu, anda harus memilih cumi yang masih dalam keadaan baik. Dimana untuk mengenali cumi yang baik anda bisa melihat ciri-ciri yang kami sajikan ini, dimana mata cumi masih bersih, daging tidak kemerahan, tidak busuk, kulit ari tidak rusak, daging padat dan masih kenyal.

2. Proses pembersihan yang benar

Membersihkan cumi dengan baik dan benar akan membuat olahan cumi menjadi lebih lezat dan terhindari dari bau yang tidak sedap. Cara yang harus anda perhatikan yaitu, bersihkan tinta yang ada pada cumi dengan hati-hati, jangan sampai berceceran atau meluber ke dagingnya. Kemudian, cabut tulang rawannya atau lebih mirip dengan plastik bersihkan kulit arinya caranya yaitu dengan mengelupaskan kulit bagian luarnya, lalu bersihkan kotorannya, setelah itu cuci dalam air yang mengalir sampai bersih.

3. Lumuri menggunakan bahan-bahan alami penghilang bau amis

Selain melakukan proses pembersihan yang benar, anda juga bisa melumuri cumi tersebut dengan bahan-bahan penghilang amis. Banyak bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan amis seperti misalkan, parutan jahe, asam jawa atau anda bisa menggunakan jeruk nipis. Lumuri cumi-cumi yang sudah dibersihkan, lalu diamkan sejenak. Baru setelah itu, anda bisa mencucinya kembali. Kemudian, anda bisa langsung mengolahnya menjadi hidangan yang begitu lezat. Namun, jangan mendiamkan cumi  yang sudah diberi bahan penghilang amis tersebut terlalu lama karena akan menghilangkan aroma cumi yang sebenarnya.

Pilihlah cumi yang badannya masih kenyal dan tampak segar. Cumi yang layu dan tidak mengkilap lagi biasanya sudah hampir membusuk


Berikut ini  Cara Memasak Cumi yang Baik dan Benar Agar Empuk dan Tidak Alot
  1. Agar cumi empuk atau tidak alot, maka anda harus memasak atau mengolah cumi dengan waktu yang singkat. Waktu yang cukup ideal biasanya yaitu hanya 3 menit saja. Jika memang anda mengolahnya sudah terlanjur lama, maka anda bisa memasak terus cumi kira-kira sampai 30 menit agar daging cumi tersebut bisa kembali menjadi empuk.
  2. Setelah merebus cumi, maka secepat mungkin harus memasukan daging cumi ke dalam air dingin. Cara ini bertujuan untuk membuat daging cumi tetap empuk dan tidak alot.
  3. Apabila cumi yang anda olah dengan cara dibuat sup, maka anda bisa memasak cumi secara terpisah dari bahan-bahan lainnya.

Cara mengolah cumi-cumi jadi masakan yang Lezat Ala restoran Berbintang :

1. Masukkan cumi yang sudah dicuci bersih ke dalam wajan.
2. Taburkan sedikit garam dan gula pasir, nyalakan api kecil, dan tutup wajan.

3. Tak lama kemudian, cumi akan mengeluarkan air. Setelah airnya surut, tuangkan sedikit minyak goreng. Bolak-balik hingga airnya betul-betul kering.


---> SELANJUTNYA


Untuk Menambah Pengetahuan Dapatkan Info Jenis, Kwalitasnya dan Harganya, bisa bunda dapatkan informasinya dengan cara    --------->
http://ho.lazada.co.id/SHGX88?keyword=bahan%2520masakan


Loading...