Belajar Memasak Itu Sebenarnya Mengasyikan, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

LightBlog

KEJUTAN DISKON LAZADA 12.12 2018

Promo Bukalapak

Translate

Selasa, 13 Juni 2017

Cara Memasak Sayuran Yang Benar Agar Tetap Terjaga Vitamin dan Nutrisinya


Kandungan vitamin dan Nutrisi pada sayuran cukup banyak, namun sangat mudah rusak akibat memasaknya terlalu lama ( overcook ) selain warna sayuran yang berubah rasanya pun bisa menjadi tidak enak, pada umumnya pada sayuran segar terdapat zat hijau daun  ( chlorophyll ) yang sangat berguna bagi tubuh kita, sehingga sering kali banyak yang mengkonsumsi sayuran dalam keadaan mentah atau dalam bentuk salad, memang hal ini lebih baik, asal sayuran yang akan di konsumsi di cuci terlebih dahulu hingga bersih serta di pilih bagian yang baiknya. Tapi tentu saja tidak semua orang suka dengan sayuran mentah, sehingga harus di masak terlebih dahulu menjadi masakan yang lezat.  Sebenarnya berapa lama waktu yang baik untuk Memasak sayuran atau tetap terlihat segar, matang dan tentunya tetap terjaga nutrisinya ? mari kita simak penjelasannya di bawah ini :




Memasak sayur tanpa kehilangan nutrisinya juga membutuhkan cara untuk memasaknya, oleh sebab itu bunda perlu mengetahuinya,  sebab jika salah menerapkan resep memasak justru hanya akan menghilangkan nutrisi dari sayur hijau itu sendiri. Faktanya, banyak sayur hijau yang dimasak hingga bisa berubah warna menjadi cokelat karena tidak menerapkan teknik memasak yang benar. agar sayuran tetap hijau dan tetap sehat dikonsumsi dengan cara dimasak, Bunda bisa menerapkan beberapa tip’s berikut ini :

Cucilah hingga bersih Sayurannya sebelum dimasak atau direbus, pastikan sayuran sudah dicuci bersih untuk menghilangkan kuman atau kotoran yang menempel di dalamnya. Ada baiknya bila dicuci dalam air tambahkan sedikit garam.


Potonglah Sayur dalam ukuran Besar, karena memasak sayuran dalam potongan besar akan membuat makanan jauh lebih tahan terhadap suhu air panas. sebaliknya, ketika sayuran dipotong terlalu kecil, potongan-potongan itu akan terkena lebih banyak air panas sehingga bisa mengubah warna dan menghilangkan nutrisi di dalamnya.


Gunakan Bumbu Sederhana Saat menumis, mengukus atau merebus sayuran, gunakan bumbu sederhana seperti bawang merah atau putih yang dicincang dan digoreng. Lalu gunakan pula garam atau merica untuk menambah rasa dan aromanya agar tidak hambar.
   
Jika bunda menumis kangkung atau buncis, pastikan tidak lebih dari 3-4 menit. Lalu tutup sebentar sekitar 2 menit. Sedangkan jika Bunda merebus sayuran hijau, maka didihkan terlebih dahulu airnya,  baru kemudian masukkan sayurannya. Masak sayurannya sekitar 2-3 menit saja, sesudah itu angkat, tiriskan dan segera rendam dalam air es. Hal ini bertujuan untuk mencegah perubahan warna hijau sayuran berubah menjadi cokelat.


Berikut adalah Tip’s bagaimana memasak sayur agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, meskipun harus bersentuhan dengan suhu tinggi saat pengolahan.


Jika Sayuran di Panggang

Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur. Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akaran adalah yang jenis terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.


Jika Sayuran di Kukus

Mengolah sayuran dengan mengukus mungkin adalah cara terbaik untuk memasak seluruh tipe sayuran. Cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayur dalam waktu singkat.

Jika sayuran di Presto – di masak dengan Tekanan uap tinggi


Memasak sayur dalam tekanan tinggi akan menyingkat waktu memasak sehingga dapat menyimpan nutrisi. Masalahnya, jika anda terlalu lama, biarpun dalam periode singkat, sayur akan berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan berbeda, sehingga pastikan jenis sayur dan periode yang tepat jika panci tekanan tinggi menjadi pilihan anda.


Jika Sayuran Ditumis



Ini salah satu cara cepat memasak sayur di atas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Di atas wajan melengkung pun sah. Tapi ingatlah, ketika memasak sayur dengan minyak, vitamin larut dalam lemak mungkin berakhir bersama minyak. Ada baiknya jangan anda buang minyak tersebut.


Jika Sayuran dimasak tanpa air

Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci. Cara ini biasanya membutuhkan tiga hingga lima menit.


Jika Sayuran direbus


Merebus sayur adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang sangat besar. Jika anda harus menggunakan cara ini, tambahkan sayur hanya setelah air mulai mendidih dan masaklah sesingkat mungkin.

Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan, vitamin C dalam sayur menguap.

Jangan pernah merebus langsung sayur yang ditempatkan dalam air dingin, karena hal ini akan mengurangi kadar vitamin C, 10 hingga 12 kali lipat.

Loading...