-->

Belajar Memasak Itu Mudah dan Asyik, Tak akan pernah habis dan selesai apa yang akan kita pelajari di dunia masak memasak ini, Asal Mau Mencoba Lama - Lama Juga Muncul Sendiri Feeling Masak anda - Rasakan Betapa Bahagianya Anda Ketika Masakan Yang anda sajikan Ternyata di Sukai Orang - orang yang Mencicipinya. - Cobalah ! Bahagia Itu Ternyata Bisa Juga Di Dapat Dari Belajar Memasak. Selamat Belajar !

APA ITU Cream OF Tartar dan Apa Manfaatnya Untuk Membuat Kue

Apa Itu Cream Of Tartar

MENCARI TAHU APA GUNANYA BAHAN KUE CREAM OF TARTAR

Bahan pembuat kue yang satu ini mungkin agak sedikit asing di telinga kita ya, tetapi jika kalian hobby mencoba aneka resep kue dari majalah atau internet pastilah sering menemukan nama bahan campuran pembuat kue yang bernama Cream Of Tartar ini. Nah apakah itu Cream Of  Tartar ? dan apa sih kegunannya untuk bikin kue ? Kalau di Indonesia Cream Of Tartar ini biasanya di sebut dengan nama lain Krim Tartar dimana bahan pembuat kue ini pada umumnya digunakan sebagai salah satu bahan pengembang dan pelembut kue dan salah satu merek dagang Cream Of Tartar yang terkenal di indonesia adalah Cap KoePoe KoePoe ( Kupu - Kupu ) - kalau Cream Of Tartar merek tersebut Kita bisa membelinya dengan mudah, karena cream of tartar ini harganya relatif murah dan bisa di beli di toko - toko bahan kue atau di pasar swalayan, selain itu kita juga bisa membelinya di toko online langganan, untuk lebih jelas tentang apa manfaat Cream of  Tartar tersebut, maka mari kita simak bersama penjelasannya di bawah ini !

Selain berfungsi melembutkan tekstur kue, krim of tartar ini juga bisa dipakai sebagai ragi atau pengembang kue. Kita bisa coba mengkombinasikan krim of tartar ini dengan baking soda atau soda kue, sehingga campurannya akan menghasilkan gas karbondioksida dimana jenis gas tersebut juga biasa dihasilkan oleh ragi di dalam roti panggang. Jika krim of tartar kita masukkan ke dalam putih telur kemudian kita pergunakan untuk membuat adonan kocokan kue, maka adonan tersebut tidak cepat kempes, selain itu jika cream of tartar ini kita tambahkan ke dalam sirup yang di masak maka krim tartar mampu mencegah gula di dalam sirup menjadi mengkristal saat di masak ! Banyak sekali kegunaan dari cream of tartar ini untuk menciptakan kue - kue jaman now yang enak !


Untuk Bahan Cream Of Tartar Tersebut Informasi Kwalitas, Merek dan Harga serta Belinya di mana, bisa di dapatkan informasinya dengan cara  : 



Cream Of Tartar Terbuat dari apa ?

Pada dasarnya Komposisi Bahan utama cream of tar tar adalah garam potasium ( kalium ) dari asam tartaric yang berbentuk kristal atau powder sehingga memiliki nama kimia potassium tartaric acid atau potassium hydrogen tartraye dan potassium bitartrate. Fungsi bahan - bahan ini adalah untuk mengeluarkan gas di dalam adonan sehingga akan dihasilkan volume kocokan telur dan gula yang baik, dan tentu saja akan kita dapatkan tekstur pori pori pada kue yang sangat lembut !


Secara alami Cream of tartar ( Potassium bitartrate ) merupakan hasil endapan dari fermentasi sari buah anggur. Warna Cream of Tartar adalah putih bersih dan umumnya berbentuk bubuk halus.




Kegunaan Cream Of Tartar Buat Bikin Kue Apa

Dalam dunia masak - memasak,  fungsi dari cream of tartar adalah sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk proses pembuatan baking powder, dalam proses ini baking soda ( natrium bikarbonat)  dan pati lembam dicampur dengan garam asam (selain krim tartar bisa juga garam asam lainnya).
Saat cream of tartar yang bersifat asam dan baking soda yang bersifat basa bertemu dalam keadaan basah akan terjadi reaksi asam-basa yang menghadilkan gas karbon dioksida. Proses inilah yang dimanfaatkan untuk mengembangkan kue saat di panggang atau di kukus..

karena pada dasarnya Cream of tartar ini berguna untuk mengembangkan dan menstabilkan volume putih telur yang dikocok maka di dalam applikasi pemakaiannya kita harus kocok terlebih dahulu putih telurnya hingga mengembang kemudian baru bisa kita masukkan cream of tartar dan kemudian baru dikocok kembali hingga putih telur menjadi kaku, takarannya kita bisa pergunakan ½ sdt untuk mengocok 5 butir putih telur. Merek dagang cream of tar tar yang bisa kita dapatkan di pasaran indonesia diantaranya Cream of tartar merek McKenzie’s, Koepoe-Koepoe, dan McCormuck

Sebagai bahan pengembang dan pelembut kue, kegunaan cream of tartar lainnya, yaitu sbb :

  • Dengan menambahkan cream of tartar ke dalam kocokan putih telur untuk menstabilkan bentuk sekaligus membuatnya mengembang


  • Kita juga bisa mencampurkan krim of tartar untuk membuat whipped cream yang sempurna dengan rasa asam yang dapat menggugah selera makan
  • Dapat menjaga warna sayur agar tetap cerah ketika Craem of tar tar dimasukkan ke dalam air untuk mencuci sayuran tersebut.

  • Dapat digunakan untuk mencegah munculnya kristal gula saat pembuatan sirup

  • Jika dipergunakan untuk proses pembuatan kembang gula / permen, cream of tartar ini bisa menciptakan struktur permen yang lebih creamy.

Sebetulnya ada kegunaan lainnya dari  Cream OF Tartar selain sebagai Melembutkan dan menstabilkan adonan kue, apa saja fungsinya mari kita pelajari bersama !


---> SELANJUTNYA